[JUAL/BELI] Ambergris/Muntahan Ikan Paus 2022

jual beli ambergris
Ambergris

Baru-baru ini beberapa wilayah di Indonesia dihebohkan dengan benda asing yang terapung di permukaan laut. Yaaa.. Benda asing temuan nelayan nusantara diduga merupakan muntahan ikan paus.

Mengapa begitu menghebohkan? Karena muntahan ikan paus atau dikenal dengan nama ambergris dapat dijual dengan harga yang fantastis. Bahkan dapat mencapai milyaran rupiah. Wooowww... Nelayan yang menemukan ambergris bisa mendadak kaya.

Sebenarnya apa ambergris itu?
Ambergris merupakan benda yang keluar melalui sekresi pathologis (berupa muntahan karena penyakit) Ikan Paus yang dihasilkan dari reaksi terhadap iritasi perut yang di sebabkan oleh kepala cumi dan kerang-kerang tertentu. Ikan Paus mengeluarkan muntahan’ tersebut secara spontan. Namun, ikan paus yang menghasilkan Ambergris tidak banyak, diperkirakan 3% – 4% saja dari populasi Ikan Paus jantan. Ambergris dapat ditemukan mengambang di atas laut dan di sepanjang garis pantai Samudera Atlantik, di pantai Brazil dan Madagaskar, di pantai Afrika, Hindia, daratan China, Jepang, India, Australia, Selandia Baru dan Kepulauan Maluku.

Ada beberapa manfaat ambergris yaitu:
1. Sebagai bahan pembuat parfum
Ambergris biasanya digunakan oleh industri parfum dan harganya sangat mahal. Namun lama kelamaan industri parfum tidak dapat lagi menggunakan ambergris, karena dilarang oleh IFRA (International Fragrance Association). Ambergris juga digunakan oleh bangsa Arab dan China sebagai parfum dan juga dibakar sebagai dupa.

2. Sebagai bahan untuk pengobatan
Ambergris juga dapat digunakan untuk pengobatan, sebagai obat herbal dan sebagai afrodisiak. Ambergris diolah sebagai obat untuk menyembuhkan banyak penyakit termasuk jantung, otak, dan indra.

3. Penambah cita rasa pada makanan
Ambergris juga dijadikan sebagai bahan untuk penambah cita rasa pada makanan maupun minuman. Bahkan beberapa restoran mewah menggunakan ambergris sebagai bahan penambah cita rasa kue khusus maupun coklat.

4. Sebagai sanitasi udara
Selain sebagai parfum, ambergris juga digunakan dalam sanitasi udara. Manfaat ini pertama kali digunakan  oleh bangsa Eropa pada abad ke-14. Karena pada saat itu di Eropa mengalami wabah yang bisa mencemari udara. Sehingga bangsa Eropa menggunakan ambergris untuk mensanitasi udara di Eropa tersebut.


Muntahan Paus ambergris sudah menjadi bahan populer dalam pembuatan parfum sejak zaman kuno, karena memiliki kualitas fiksatif yang sangat baik. Bangsa Mesir Kuno, Romawi, Yunani dan Arab menggunakannya dalam wewangian. Di Asia, Ambergris digunakan sebagai bumbu masakan. Sedangkan, orang Turki membawanya sebagai persembahan kepada Allah ketika mereka pergi berziarah ke Mekah.


Anda memiliki atau menemukan ambergris? Anda dapat berkonsultasi ke nomor 081296747893 untuk memastikan bahwa yang anda temukan adalah benar ambergris. Dan jika itu benar ambergris, maka kami juga dapat membantu Anda untuk menjualnya.