Aneka Oleh-oleh Khas Bali yang Hits dan Terjangkau 2021

Ulasan lengkap tentang oleh-oleh khas Bali yang hits dan populer, serta tempat-tempat menarik yang dapat kamu kunjungi ketika kamu berada di Bali.
oleh-oleh khas bali

Ada yang tau tari kecak berasal dari mana ? yaaa , benar sekali nih readers . tari kecak berasal dari pulau bali . iya , Bali loh . apa sih yang readers fikirkan pertama kali kalau mendengar kata BALI ? pastinya pulau yang sangat indah , dan kebudayaan adat maupun keagamaannya yang masih sangat dijunjung tinggi . Masyarakat yang ramah pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis dan wisatawan . 

Pulau Bali merupakan salah satu pulau yang di Indonesia dan terletak  dalam gugusan Kepulauan Nusa Tenggara. Dan Pulau ini sekarang termasuk wilayah Provinsi Bali. Pulau ini juga dikenal sebagai Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura. Kenapa di sebut pulau dewata atau pulau seribu pura ya readers ? karena, mayoritas penduduk Bali berkeyakinan pada agama hindu dan manifestasikan Tuhan dalam wujud Dewa yang beristanakan di sejumlah pura-pura besar di pulau Bali, seperti diPura Besakih, Pura Lempuyang, Pura Andakasa, Uluwatu, Tanah lot, Danau Beratan Bedugul, Batukaru, Silayukti . Budaya hindu sendiri merupakan pengaruh dari kebudayaan India, dan sejumlah tradisi keagamaan dan budaya telah berkembang pesat sejak pada jaman Sri Kesari Warmadewa pada 913 M, termasuk juga kerajaan Majapahit yang tumbuh dan berpusat di pulau Jawa, pada akhirnya datang pengaruh Islam dan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara dan runtuhnya dinasti Majapahit, banyak tokoh-tokoh hindu akhirnya menyingkir dari pulau Jawa dan hijrah ke pulau Bali lalu pada akhirnya mengembangkan ajaran agama Hindu di sini.

Keyakinan masyarakat bali saat ini merupakan fenomena kompleks yang dilandasi berbagai aspek Hindu, Siwa, Budha dan berpadu dengan tradisi leluhur.Oleh sebab itu penyembahan terhadap roh-roh halus, nenek-moyang, dan unsur-unsur alam sendiri digabungkan dengan ajaran Hindu . Tak jarang juga nih readers Dalam beberapa kasus upacara adat dan ritual keagamaan terdapat perbedaan dari satu wilayah dengan wilayah lainnya.Sebagian besar masyarakat bali hampir 95 % beragama Hindu walaupun yang berbentuk sinkretis hindu bali atau kadang disebut juga hindu darma. Salah satu upacara keagamaan yang paling populer di kalangan para turis adalah upacara Ngaben . Ya upacara ngaben sendiri ialah upacara pembakaran mayat atau pengabuan mayat . upacara ini bahkan di lakukan secara “ Meriah” nih readers karena ketika upacara ini berlangsung, gamelan, tarian, dan sesajen menyertai arak-arakan dengan sebuah “menara yang dihias”  yang di dalamnya adalah mayat yang sudah siap untuk diarak dari rumah duka ke tempat pengabuan.

Bukan bali ya namanya kalau tidak memiliki tempat pariwisata yang hitz dan kekinian ya readers .

1. Dream Museum Zone Bali

Untuk readers yang sangat menyukai seni, tak ada salahnya untuk mampir ke Dream Museum Zone Bali. Museum ini memanfaatkan kecanggihan teknologi yang dipadukan dengan seni untuk menghasilkan lukisan ilusi yang begitu menarik nan memikat hati . Di sini, readers bisa berimajinasi sesuka hati dan berfoto manja seperti sedang berada dalam suasana aslinya.

2. Bali Zoo

Mau Memboyong pasangan dan sang buah hati berlibur ke Bali tapi takut tidak ada tempat wisata yang ramah untuk anak ? Jangan salah, karena Bali pun memiliki destinasi wisata yang baik untuk perkembangan anak ya readers , salah satunya adalah Kebun Binatang Bali atau Bali Zoo. Memang, tempat wisata di Bali ini menyuguhkan aneka satwa untuk sarana edukasi Si Kecil, tentu saja keseruan tak terhingga tetap bisa readers dapatkan di sini. Dan Ternyata, menyaksikan aneka satwa dipelihara bukan menjadi satu-satunya hal yang bisa readers lakukan di Bali Zoo loh . Bahkan, readers bisa sarapan bersama orang utan, menikmati sensasi serunya memandikan gajah di kubangan lumpur, hingga menikmati malam di kebun binatang. Wahh dijamin buah hati tidak mau pulang ya .

3. Bukit Campuhan

Foto di Instagram perlu di upgrade nih readers , tapi masih bingung mau kemana ? Bukit Campuhan adalah tempat yang tepat untuk sambangi . Perbukitan ini didominasi oleh area sawah, lembah, dan jajaran pepohonan, menampilkan nuansa yang begitu asri dan alami. Oleh para wisatawan lokal maupun internasional , bukit indah ini disebut juga sebagai Bukit Cinta Campuhan.

4. Pura Besakih
Pura Besakih menjadi pura yang paling besar yang ada di Pulau Bali. Dan pura ini berada di kaki Gunung Agung, sehingga sudah bisa dipastikan ya kesejukan udara dan kentalnya nuansa alam di sekitarnya . Sebagai tempat ibadah, pura ini adalah pusat dilaksanakannya segala kegiatan dari seluruh pura yang dibangun di Bali.Dibangun sejak tahun 1007 Masehi, eksotisme yang dimiliki Pura Besakih membuatnya menjadi salah satu destinasi yang masuk dalam kategori warisan Dunia. Namun larangan ketat dari segala pura adalah wanita haidd dilarang masuk karena pura adalah tempat ibadah para umat hindu .

4. Monkey Forest Ubud

Seperti namanya, monkey forest ubud menawarkan interaksi langsung dengan kera berekor panjang nih . Berdasarkan penuturan masyarakat asli, kera-kera yang menghuni kawasan tersebut dianggap keramat, sehingga keberadaannya tidak boleh diganggu dan mereka pun dibiarkan hidup bebas.Namun, interaksi dengan kera bukan menjadi satu-satunya aktivitas yang bisa readers lakukan di sini. Suasana alam yang ditawarkan Hutan Kera Ubud ini begitu asri dan menyejukkan, membuat readers seperti kembali bersatu dengan alam.Namun tetap di ingat ya readers bahwasanya kera disini sangat jahil tak jarang banyak kasus kera mencuri makanan para turis yang datang .

Nah setelah puas berjalan – jalan menikmati indahnya Bali , kurang pas ya jika pulang dengan tangan kosong . terkadang hal ini juga menjadi kendala karena mungkin readers belum paham apa saja sih oleh – oleh khas dari Bali . daripada bingung nggak jelas mending langsung cek di bawah ini ya :

1. Pia Kukus Made

Pia Kukus Made Bali adalah pia kukus pertama dan satu-satunya di Bali. Berbeda seperti pia lainnya di Bali, Pia Kukus Made ini memiliki size yang lebih besar dari biasanya dengan tekstur yang sangat lembut , tersedia dalam 2 pilihan kulit yakni original dan cokelat. Kulit original pia kukus bali ini berwarna cream sedikit coklat sedangkan yang versi coklat berwarna agak hitam-hitam menawan. Oleh-oleh khas Bali ini ada dalam 3 varian rasa yakni coklat ya readers, kacang hijau dan keju. Pia Made Bali seakan memberi nuansa baru oleh oleh khas Bali yang semakin beragam untuk dijadikan buah tangan terbaik kepada teman, keluarga maupun rekan kerja.
Anda dapat membeli pia kukus made di

PIA KUKUS MADE BALI

Jl. Kapten Agung No.2, Dangin Puri, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80232
0878-5089-0271

2. Pie Susu

Camilan yang satu ini sudah menjadi salah satu camilan wajib yang harus di bawa pulang ketika readers berkunjung Bali. Pinggirannya yang sedikit gurih dan bagian tengahnya yang manis sangat membuat lidah kecanduan jika sudah makan makanan ini. Nagih deh pokoknya .
Berikut beberapa tempat membeli Pie Susu Bali:

Pie Susu Bli Man Bali

Gg. Cemara No.15, Sidakarya, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80224
0819-9913-8869

Pie Susu Asli Enaaak

B No.8, Blok, Jl. Dewi Sri VIII, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
(0361) 760088

Pie Susu 21

Jl. Raya Kuta No.72B, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
0887-3336-868

Pie Susu Special

Jl. Gn. Semeru No.30 - 32, Pemecutan, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80111
0818-356-124

Toko Pie Susu Dhian

Jl. Nusa Kambangan No.81, Dauh Puri Kauh, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80232
0812-3734-9696

Sari Pie Susu

Jl. Pulau Belitung No.17, Pedungan, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80114
0815-4700-895

Pie Susu Sri Radha

Jl. Gatot Subroto IV, Dangin Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80233
0813-3877-0315

Pie Susu Radha

Jl. Tukad Pakerisan No.9, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
0815-5830-7556

Pie Susu Soka

Jl. Raya Denpasar - Gilimanuk No.km 45, Antap, Kec. Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali 82162
0852-3862-8588

Pie Susu Dhian tuban

Jl. Raya Tuban No.1, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
0813-3859-1749

Pie Susu Seruling Emas

Jl.Wahidin No.37, Pemecutan, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80111
0851-0029-2986

Pie Susu Bintang Bali

Gg. Nuri I No.3, Dangin Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80234
(0361) 264107

3. Kacang Disco Bali

Dari namanya saja sudah menarikkan . Apa readers pernah mencoba kacang khas Bali ini? Karena namanya kacang disco, bukan berarti readers harus membelinya di tempat disco loh ya. Sebenarnya kacang disco merupakan kacang yang dilapisi dengan tepung yang di campur dengan telur dan bumbu khusus. Tapi, kacang disco memiliki beberapa rasa yang membedakan kacang ini dengan kacang tepung lainnya. Kalian bisa menemukan oleh oleh khas Bali kacang disco dengan varian rasa keju, pedas, ayam betutu, rendang, pedas manis dan masih banyak lagi. Nah loh borong semua .
Anda dapat membeli kacang disco Bali di

Toko Kacang Bali

Jl. Sumatera No.21, Dauh Puri Kangin, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80232
0812-3789-6888

Bali Jegeg

JL. Sumatra No.53, Dauh Puri Kangin, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80232
(0361) 8587541

4. Kacang Koro Bali

Kacang koro yang satu ini merupakan oleh-oleh khas Bali yang berbeda dengan kacang koro yang biasanya. Biasanya kacang koro berbentuk tebal, namun kacang koro bali cenderung berukuran kecil dan tipis. 

5. Pia Legong

Pia ini dikenal karena kualitasnya yang bagus dengan rasa yang nikmat. Selain itu, pia ini dikenal sebagai pia yang limited karena memang pemilik toko akan membuat pia yang hanya akan di jual di hari itu juga. Oleh sebab itu, jika kalian datang ke toko nya, dipastikan akan antre panjang dan bisa juga kehabisan. Untuk menghindari hal itu terjadi, disarankan anda memesan dulu di jauh-jauh hari. Satu kotak Pia Legong terdiri dari 8 bungkus pia dengan ukuran sedang. Untuk varian rasa terdiri dari keju, kacang hijau dan coklat yang dapat dijadikan oleh oleh khas Bali terbaik untuk keluarga. Anda dapat membeli Pia Legong Bali di

Pia Legong

Ruko Kuta Megah No. 15, Jalan By Pass Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
0811-877-777

6. Mukena Bali

Yang bingung kalau penduduk bali juga memproduksi mukena khas bali , cungkan tangan? Karena seperti yang readers ketahui ya bahwa pulau ini mayoritas beragama Hindu. Meskipun demikian, ternyata toleransi di Bali sangat tinggi loh , sehingga, bukan hal yang aneh jika masyarakat sana juga memproduksi mukenah sebagai salah satu oleh-oleh khas Bali yang unik untuk dibeli. Mukenah Bali berbeda dari mukenah biasa karena terbuat dari rayon, sehingga mambuatnya lebih terasa nyaman di pakai , lembut banget . Selain itu, dengan motif kupu-kupu, bunga, tumbuhan, dan lain-lain bisa menambah keelokan mukenah asal Bali ini. 

MUKENA BALI GROSIR

Gg. Ratu No.53, Pemogan, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80221
0822-4423-1384

Mukena Bali Maisyah

V No. A2, Jl. Kusuma Bangsa, Pemecutan Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80111
0819-1612-2408

MUKENA BALI JENARA

Gg. I No.4, Pemogan, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80221
0818-0550-7702

Mukena Alusa

Jl. Gunung Rinjani No.51, Tegal Kertha, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80112
0817-9749-560

Pabrik Mukena Bali

jalan pulau belitung, perum babakan sari 6, gang manggis no 22xx, Pedungan, Denpasar, Kota Denpasar, Bali 80222
0813-5335-7458

Sepasang mukena bali dijual dengan harga sekitar Rp. 60.000-an.

7. Kacang Asin Rahayu

Kacang asin ini bisa menjadi oleh-oleh khas Bali yang cocok nih untuk dijadikan buah tangan . di kemas di dalam plastik yang tentunya sudah sangat steril, kacang tanpa kulit ini sudah siap santap tanpa perlu mengupas kulitnya terlebih dahulu. Rasanya yang asin dan gurih membuat orang yang mencicipinya tidak bisa berhenti makan. Cocok sekali nih buat readers yang sedang lembur dan begadang, agar tidak ngantuk saat menghabiskan malam .
Anda dapat membeli Kacang Asin Rahayu Khas Bali di

Kacang Asin Rahayu (Denpasar)

Pertokoan Kerthawijaya, Jl. Diponegoro Blok A No.10B, Dauh Puri, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80113
(0361) 248803

Kacang Asin Rahayu (Gatsu Tengah)

Jl. Gatot Subroto I No.49C, Tonja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80234
(0361) 410682

8. Tas Rotan

Ini salah satu oleh-oleh Bali yang berguna banget nih , terutama buat kalian para cewek yang menyukai fashion. Tas rotan bali yang lagi kekinian ini bisa dengan mudah readers temui di pasar Ubud. Untuk modelnya ada berbagai macam ragam , namun yang lagi di gemari adalah yang berbentuk bulat dengan motif bunga di atasnya. 

Tas Rotan Yola Bali

Jl. Pelatuk No.25, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
0821-4480-8375

kampung souvenir

Jl. Sidakarya No.30B, Sesetan, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80223
0819-9992-1296

Tas rotan Alfasha olshop 354

0857-4654-6354

Decocraft Bali

Agung residence, Cokroaminoto St No.379, Ubung Kaja, North Denpasar, Denpasar City, Bali 80116
0898-1388-696

Tas rotan taka store

Gg. 100/VI No.2b, samping buni, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80114
0819-9983-3020

9. Keripik Ceker

Mungkin tidak semua orang menyukai ceker, karena bentuknya yang aneh dan tentunya karena merupakan kaki ayam. Namun, camilan yang dikenal gurih dan renyah ini menjadi buruan orang ketika berada di toko oleh-oleh khas Bali atau di toko-toko yang ada di sekitaran Bali. Terbuat dari ceker ayam yang telah di bumbui rempah-rempah dan digoreng hingga kering membuat camilan ini sangat cocok untuk oleh oleh khas Bali dan di santap ketika bersantai maupun ketika sedang bepergian. Selain enak, camilan ini juga mengandung protein, kalsium dan mineral. Layak dicoba bukan?

10. Kopi Kintamani

Oleh-oleh khas Bali ini cocok banget buat readers yang hobi minum kopi. Dibudidayakan di daerah Kintamani, kopi Kintamani sangat terkenal bahkan sampai di luar negeri. Kopi Kintamani yang tergolong kedalam jenis kopi arabica ini cocok sekali buat teman kalian yang suka dengan kopi dengan rasa yang ringan. Yang membedakan kopi ini dengan kopi arabica lainnya adalah rasa yang terkandung di dalamnya. Readers juga bisa merasakan tambahan rasa jeruknya ketika menikmati kopi ini. Hal ini terjadi secara alami karena memang perkebunan kopi di kintamani berdekatan dengan kebun jeruk yang sudah terkenal di bali. Anda dapat membeli koi kintamani di:

Kintamani Coffee - By A K A S A

Jl. Raya Penelokan No.777, Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652
0819-9955-9000

Kintamani Coffee - Eco Bike Coffee

Jl. Raya Penelokan, Batur Sel., Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652
0812-3674-8323

Pabrik Pengolahan Kopi Arabika Mengani,

Pabrik Pengolahan Kopi Arabika Kintamani,, Mengani, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652
0882-1935-7710

11. Kaos Barong

Kaos cocok di pakai untuk bersantai yang satu ini sudah sangat legend banget loh, karena pasti semua orang yang pernah pergi ke Bali pasti akan pulang membawa kaos ini. Selain nyaman di pakai, kaos barong juga sangat mudah di dapatkan di Bali karena readers bisa menemukan kaos ini di berbagai tempat oleh-oleh khas Bali, baik di toko besar maupun di toko pinggir jalan. Anda dapat membeli kaos barong di

Baju Barong Bali Murah

Jl. Pura Batu Pageh, Bali Cliff. Perum. Casadya 4A, Ungasan. Kuta Selatan, Ungasan, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80364
0812-3933-643

12. Kebaya Bali

Jika sedang di Bali, readers pastinya sudah tidak aneh lagi kan jika melihat gadis-gadis yang memakai kebaya? Iya, disebut kebaya Bali karena memang bukan berasal dari Jawa ya . Meskipun terlihat mirip, namun kebaya Bali memiliki warna yang cenderung serba putih, karena biasa di gunakan untuk acara keagamaan. Namun, ada juga yang berwarna seperti hijau, kuining, pink, merah, dan lain-lain. Anda dapat membeli kebaya bali ini di tempat/toko berikut

Exclusive Kebaya Bali

Jl. Gunung Bromo No.25, Tegal Kertha, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80112
0823-0132-8745

Kusuma Kebaya Bali

Jl. By Pass Ngurah Rai No.69, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
0812-3870-0639

Dona Kebaya Bali

Jl. Griya Anyar No.30, Pemogan, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80221
0819-1655-2886

Marya Kebaya Bali

Jl. Sidakarya No.45, Sesetan, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80224
0812-3511-1936

KEBAYA BALI Jegeg Shop

JL CENINGAN SARI IV NO.57 SESETAN SELATAN, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80113
0857-3803-3809

Deall Kebaya Bali

Jl. Tukad Yeh Sungi No.7, Renon, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80226
0821-4453-4000

Rkb Rumah Kebaya Bali

Jl. Dewi Ratih No.3, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
0859-3538-4586

Agus kebaya bali grosir

Jl. Tegal Dukuh IX (Utara), Padangsambian Kaja, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80118
0852-3960-8681

13. Udeng

Bagi kalian para cewek yang bingung mau membelikan oleh-oleh apa untuk cowoknya jangan khawatir nih , Udeng bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok sebagai oleh-oleh khas Bali untuk cowok, kakak laki-laki atau ayah kalian. Biasa di pakai di kepala, udeng menjadi ciri khas para lelaki Bali jika mengadakan acara keagamaan tertentu. Namun, sekarang udeng bukan hanya di kenakan di acara adat saja tapi bisa di kenakan di waktu-waktu selain upacara adat nih .

Genjing Udeng Bali

Jl. Ahmad Yani Utara No.332, Peguyangan, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80239
0812-3845-4226

#NAGi (Menjual Udeng dan Saput)

Jl Bengkel Br Gadon, Kuta Utara, Kerobokan Kaja, North Kuta, Badung Regency, Bali 80361
0812-3644-3149

YOGI UDENG BALI

Jl. Siulan No.53-71, Penatih Dangin Puri, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80237
0813-3862-4662

Cempaka Udeng Bali

Jl. Kemuda No.3, Tonja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80237
0831-1430-0306

Udeng Nyangluh

Jl. Hayam Wuruk Gg. X No.4, Sumerta Kelod, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80236
0896-2643-4930

A-Star Bali Collection

Jl. Raya Abian Base, Abianbase, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351
0818-0534-7639

MUL Ethnic Collection

Jl. Raya Darmasaba, Darmasaba, Kec. Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali 80352
0852-3816-6800

14. Perhiasan Perak

Kawasan Celuk terkenal dengan kerajinan peraknya. Turis asing juga berbondong-bondong untuk melihat langsung cara pembuatan perhiasan ini, sekaligus membelinya sebagai suvenir saat kembali ke negara mereka. Biasanya juga, harga untuk tamu domestik dan mancanegara juga dibedakan. Paling tidak, untuk cincin sederhana bagi tamu lokal bisa dibeli mulai Rp. 80.000-an. Anda dapat membeli perhiasan perak bali di beberapa toko berikut.

Wariga Store

Jl. By Pass Ngurah Rai No.60, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80237
(0361) 467873

F. Xaverius Silver Bali

Jl. Kunti I, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
(0361) 735866

Diva Silver

Pasar Sanglah Lantai 2, Jalan diponegoro, Sesetan Denpasar Selatan, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80225
0821-1310-4600

15. Salak Bali

Nah readers, Bali juga punya oleh-oleh buah yang bisa readers coba yaitu salakbali. Tentunya kalau salak lebih alami dan sehat ya readers. salak Bali dikenal dengan namaSalak Gula Pasir. Salak ini biasanya ada padaacara sembahyang.nDibandingkan salak pondoh, salak Bali mempunyai rasa yang lebih manis dan bijinya yang kecil. Harganya per kg juga terjangkau, tapi biasanya sekitar Rp. 20.000-an. Meski begitu, harganya pernah turun sampai ke harga Rp 7.000 per kg. Anda dapat mendatangi tempat ini untuk membeli salak bali.

Oleh Oleh Salak Bali (MESARI)

0878-8867-6600

Gudang Salak Gula Buana Korsika (Ulong)

Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361
0812-3641-544