Kumpulan Racikan Umpan Ikan Mas Jitu, Ampuh, dan Mudah Dibuat Terbaru September 2022

Informasi lengkap tentang umpan ikan mas. Bagi yang hobby mancing, perlu mencoba beberapa resep racikan umpan ikan mas di bawah ini,agar hasil mancingnya jitu,ampuh dan dapat banyak ikan mas.
umpan ikan mas

Memancing adalah hal yang paling menyenangkan ya readers , terlebih jika dilakukan bersama keluarga atau sahabat , kenapa memancing bisa menyenangkan ? karena ternyata , memancing dapat menguji ardenalin nih readers . Tidak sampai disitu , memancing juga dapat mendatangkan beberapa manfaat nih buat readers seperti melepaskan stres yang readers simpan selama berkerja , juga dapat melatih konsentrasi ya . iItulah kenapa orang yang pulang dari memancing sering terlihat lebih fresh ya readers . seperti ada kepuasaan tersendiri gitu kalau dapat membawa ikan masuk ke ember nya
.
Nah memancing ikan bisa dilakukan dimana saja nih readers seperti memancing di kolam pemancingan , parit , sungai kecil , lubuk , laut dan bahkan jika readers cukup bernyali silahkan memancing di muara ya , hehe . jika di pemancingan sih ikan yang di tabur di dalam kolam cukup beragam nih readers , seperti ikan lele , ikan mas , ikan patin , ikan nila bahkan si empunya kolam tak jarang memasukkan belut juga ya kedalam kolam , wah siap – siap kena prank nih sama si belut . Bagi readers yang masih binggung tentang ikan – ikan di atas , yuk mari kita kenalan dengan ciri khas mereka :
Ikan Nila 

Di awali dengan Ikan nila yang merupakan ikan air tawar ya readers , ikan ini cukup populer di indonesia karena selain harganya yang relatif murah , ikan ini juga termasuk ikan yang mudah tuh untuk di kembang biakkan oleh para petani kolam . Ikan nila memiliki ciri seperti panjang total ikan ini biasanya(moncong hingga ujung ekor) bisa mencapai sekitar 30 cm dan sirip punggung memiliki 16-17 duri yang sangat tajam dan keras , lalu 11-15 jari-jari terbuat dari duri lunak ,lalu sirip duburnya memiliki 3 duri dan 8-11 jari-jari.Tubuh ikan ini cenderung berwarna kehitaman atau keabuan, dengan beberapa pita gelap melintang (belang) yang makin mengabur pada ikan dewasa. Ekor yang bergaris-garis tegak lurus dengan jumlah 7-12 buah. Tenggorokan, sirip dada, sirip perut, sirip ekor dan ujung sirip punggung dengan warna merah atau kemerahan (atau kekuningan) ketika musim berbiak.Setelah berat badannya mencapai 50 gram, baru nih readers bisa mengetahui perbedaan antara jantan dan betina ya . Perbedaan antara ikan jantan dan betinapun hanya dapat dilihat pada lubang genitalnya dan juga ciri-ciri kelamin sekundernya. Pada ikan jantan, di samping lubang anus terdapat lubang genital yang berupa tonjolan kecil meruncing sebagai saluran pengeluaran kencing dan sperma. Tubuh ikan jantan juga berwarna lebih gelap, dengan tulang rahang melebar ke belakang yang memberi kesan gagah nih , sedangkan yang betina biasanya pada bagian perutnya besar.

Ikan lele
Dilanjut dengan ikan yang juga sangat eksis di indonesia nih readers , yakni lele . Ikan lele sendiri memiliki tubuh yang sangat licin bahkan cenderung berlendir , memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung dan sirip anus yang juga tak kalah panjang, yang kadang-kadang menyatu dengan sirip ekor, menjadikannya tampak seperti sidat yang pendek. Kepalanya keras menulang di bagian atas, dengan mata yang kecil dan mulut lebar yang terletak di ujung moncongnya , dilengkapi dengan empat pasang sungut peraba seperti kumis yang amat berguna untuk bergerak di air yang gelap. Lele juga memiliki alat pernapasan tambahan berupa modifikasi dari busur insangnya. . Hati – hati ya readers ketika membersihkan ikan lele karena Terdapat sepasang patil , yakni duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya Ada yang mengatakan,bahwa patil ini tidak hanya tajam tetapi juga beracun dan mengakibatkan panas tinggi jika orang tak sengaja terkena patil tersebut. Ikan lele sendiri terkenal sedikit “ jorok “ dalam menjalankan hidupnya , karena ikan ini bisa hidup di mana saja termasuk di dalam got yang airnya sudah tercemar , ia pun termasuk ikan yang kanibal , ihh serem ya .
Ikan Patin
Nah kalau yang satu ini sih asli “ penduduk “ indonesia ya hehe . ikan Patin mempunyai bentuk tubuh yang memanjang dan berwarna putih perak dan warna punggung ikan patin sedikit kebiruan. Ikan patin juga tidak mempunyai sisik sama seperti ikan lele dengan bentuk kepala yang relatif kecil. Mulutnya berada di ujung kepala dan sedikit ke bawah nih . Ikan patin termasuk golongan ikan catfish. Panjang tubuhnya bisa mencapai 120 cm dengan dua pasang kumis pendek yang berfungsi sebagai indera peraba ya . Pada sirip punggung patin mempunyai jari-jari keras yang dapat berubah menjadi patil. Ikan patin sendiri memiliki 7 jenis ya readers yang bahkan telah menyebar hingga di perairan Thailand .

Ikan Mas 
Ikan mas salah satu ikan faforit masyarakat indonesia nih readers , harganya pun sangat ekonomis ya . ikan ini tumbuh di tempat air yang tidak terlalu deras , seperti di kolam atau di pinggiran sungai . warna pada ikan ini pun cukup bervariasi nih readers mulai dari oranye kemerahan , kuning hingga ada yang berwarna hijau loh . ikan ini cukup jinak di banding ikan yang lain karena tubuh yang pendek dan gempal terkadang ikan ini terlihat “ Mager “ untuk berenang hehe .

Tuh dari beberapa ulasan di atas , readers sudah sedikit mengertikan beberapa ikan yang di kembang biakkan oleh petani indonesia . nah yan menjadi primadona hingga saat ini adalah ikan mas , meskipun ikan ini terkenal dengan banyak duri halus di dalam dagingnya , namun itu tak menjadi penghalang dong bagi penikmat kuliner untuk menyantap ikan mas ini . daging ikan mas sangat legit dan lembut , bahkan beberapa daerah seperti di sumatra selatan , selain di goreng ikan mas ini bisa dimasak menjadi pindang yang sangat menyegarkan nih .

Resep Racikan Umpan Ikan Mas

Ngomong – ngomong tentang ikan mas nih , untuk readers yang akan memancing ikan ini , tentu umpan yang akan di lempar pada ikan menjadi hal yang paling di perhatikan nih , karena jika hanya sembarang menggunakan umpan bisa- bisa malah umpan readers tidak di lirik oleh ikannya . nah ada beberapa ulasan penting loh tentang umpan apa saja yang disukai oleh ikan mas . wehhh penasaran ya ? yuk mari check this out :

Resep Umpan Ikan Mas 1

- Satu cup keju bakar 
- Amisan atau deho besar tinggal dipilih
- Dua Telor asin 
- satu gelas Air panas 
- Kroto ( bisa di pakai atau tidak )

Resep Umpan Ikan Mas 2

- 3 bks pelet jitu
- 2 genggam Udang rebon kering 
- 2 bungkus santan Kara 

Resep Umpan Ikan Mas 3

- ½ bungkus Katulampa 
- 2 butir KTA 
- Deho 5000
- Telur asin

Resep Umpan Ikan Mas 4

- 2 bungkus pelet Jitu merah 
- 1 bks pelet Samsu 
- 1 butir Telor asin , ambil kuningnya saja
- 2 potong ikan Sarden abc buang sambal saosnya 

Resep Umpan Ikan Mas 5

- 2 butir Telor asin 
- 1 bungkus Amisan ikan laut 
- 1 gelas kecil Air hangat 
- 2 bungkus Serbuk bolu kukus 
- Kroto secukupnya

Resep Umpan Ikan Mas 6

- Amisan laut ranjau 765
- 2 butir Telor asin pakai semua
- Kroto secukupnya

Cara membuat : Haluskan telur asin dan amisan dengan air panas setengah gelas, aduk sampai encer baru tambahkan serbuk amisan ranjau dan tambahkan kroto.

Resep Umpan Ikan Mas 7

- Umpan Krik
- 1 bungkus pelet Jitu ebi 
- 1 bungkus pelet Jitu merah 
- 1 buah Kuning telur masak 

Resep Umpan Ikan Mas 8

- Umpan Krik
- 2 sendok Katulampa pelangi 
- 2 bungkus Pelet jitu merah 

cara membuat : Aduk semua bahan dengan air panas.

Resep Umpan Ikan Mas 9

- 1 bh Sunbelt 
- 1 bh Umpan HD 
- 4 butir Telur bebek mentah
-1/2 Pelangi wangi 
- 1 bungkus santan Kara 
- 1 bungkus susu Dencow 
- 1 bh Perangsang kriik 

Resep Umpan Ikan Mas 10

- Umpan Krik
-pelet  Jetu ebi
- pelet Jetu merah
- 3 sdm Deho

Resep Umpan Ikan Mas 11

- 10.000 Deho 
- 1 butir Kuning telur asin
- ½ Amisan kerapu 
- Pengeras telur penyu
- Kroto boleh kasih boleh tidak

Resep Umpan Ikan Mas 12

- Pa atang
- 1 bungkus santan Kara 
- Katulamapa
- 2 butir Telor bebek mentah putih saja 
-1 bungkus Denkow 

Resep Umpan Ikan Mas 13

- 1 butir Telur 
- 1 bh Sunbel 
- 1 bungkus santan Kara 
- 8 sdk Pelet safir wangi 

Cara membuat : Rebus bahan kurang lebih 20 menit, angkat aduk panas-panas dan beri Pelet Safir Wangi 8 sdk.

Resep Umpan Ikan Mas 14

- 1 bh Ikan kecil 
- ½ Banjaran
- 10 Minyak ikan 
- 3 potong ikan Tongkol 
- 1 bungkus santan Kara 
- Deho 5000
- Kinoy 2

Resep Umpan Ikan Mas 15

- 1 Pelet jitu 
- 1 Pelet samsu 
- ¼ bks Kiki riri 
- KTA 1
- 1 sdm Raja udang 
Cara membuat : Haluskan KTA dan beri air panas, aduk menjadi seperti bubur, masukan kiki riri 1/4 bks, pelet Jitu dan pelet Samsu, aduk-aduk bikin sampai pera, lalu tambahkan raja udang 1 sendok makan aduk lagi sampai tercampur, jika kurang air bisa tambahkan air sedikit sesuai selera. Note: lempar umpan mancing di satu titik jangan pindah-pindah.

Resep Umpan Ikan Mas 16

- Atang 1
- Deho 5000
- Kroto 10000
- 2 sdmSerelak kacang ijo 
- Ktp bebek 1
- 1 bks Biji Mede serbuk 
- 2 sdm Katulampa 

Resep Umpan Ikan Mas 17

- 2 bks Pelet samsu 
- KTA 1.
- 1 bks Bondon 
- 1 bks Biskuit klik 
- ½ Perangsang abah kuning 
- Tambahkan eseen sedikit

Resep Umpan Ikan Mas 18

- 2 bks Pelet Jitu 
- 1 bks Bondon 
- ½ bks Dancow 
- 2 butir Kuning telor asin 
- Kroto jika ada

Resep Umpan Ikan Mas 19

- 1 bks Paikin/bondon
- 1 sdm Tepung telur penyu 
- 2 sdm Tepung ktoto 
- 3 sdm Tepung hunkuwe 
- 2 sdm Dancow 
- 1 bh SUNBEL buang kuahnya 
1 butir Putih telur bebek 
- Daun pandan 2 jari 7 cm

cara membuat : Kukus semua selama 20 menit, Umpan ini akan terlihat keras tapi di aduk jadi pulen dan di air ngeprul seperti pelet jitu merah.

Nah readers , diatas adalah penjelasan tentang umpan yang sangat di gemari oleh ikan mas ya , mulai dari berbagai jenis pelet ,telur asin , susu bubuk , sampai bubr bayi bisa di pakai nih readers . kurang kreatif gimana lagi coba ? namun yang terpenting adalah proses pengulenan / pengadukan readers . semoga dengan resep yang telah di berikan , readers bisa mendapatkan hasil pancingan yang banyak dan tentunya ikan yang besar nih . sekian artikel dari saya , happy weekend and bye-bye ^^