Harga Ikan Louhan Terbaru Juni 2022 update Hari Ini Semua Jenis

Cek harga ikan louhan terbaru hari ini. Harga ikan louhan semua jenis 2022.
Ikan Louhan

Banyak jenis dan rupa ikan hias yang terdapat di seluruh dunia . mulai dari ikan kecil hingga besar , bahkan ikan air tawar dan ikan air asin pun tak luput dari sasaran menjadi ikan penghias aquarium .  namun disetiap jenis ikan yang bisa di jadikan ikan hias ternyata ada istilah “ ada rupa - ada harga ” nih readers . nah , salah satu ikan yang menyandang gelar ini yakni ikan louhan . sama seperti ikan arwana , ikan ini diberkati dengan nama “ ikan pembawa keberuntungan “ bagi yang memeliharanya.

Bagi yang masih buta banget sama jenis ikan louhan ini , bahkan baru mendengar namanya sekarang, ada beberapa info nih tentang ikan louhan , tertarik ? yuk check this out :

Ikan louhan sendiri hidup di perairan air tawar , memiliki ciri fisik yang sangat anti-mainstrem dari kebanyakan ikan hias lainnya , yakni louhan memiliki warna sisik yang sangat nyata serta benjolan yang ada di kepala ikan yang berbentuk khas berjuluk "benjol kelam" . nah dengan dahi yang sedikit menonjol dan ekor panjang ikan ini sangat berharga untuk para peminat masyarakat Taiwan sebagai tanda pembawa keberuntungan dalam geomansi. for your info nih readers nama louhan sendiri dalam bahasa taiwan berarti “ dewa pelindung “ .Mengapa hanya pada masyarakat Taiwan ? karena saat itu habitat asli si louhan ini hanya tersebar di Malaysia dan Taiwan , namun kini penyebarannya sudah cukup luas ya readers hingga bisa mencakup pasar Amerika . karena warna dan ciri karakteristik yang sangat khas , itulah yang menjadikan ikan louhan ini cepat mencapai populeritasnya . bahkan tak sedikit nih orang – orang yang berebutan untuk memelihara ikan benjol ini , ikan luohan ini pun dibandrol dengan harga yang tidak murah ya readers yakni bisa mencapai ratusan juta rupiah per ekor. Waww , harga yang cukup tinggi untuk satu ekor ikan hias nih readers.

Ikan Louhan sendiri adalah spesies hybrid ya readers yang artinya bahwa ikan louhan ini bukanlah spesies murni dari alam namun merupakan hasil perkawinan silang dengan campur tangan manusia. Oleh karena itu terdapat bermacam-macam jenis ikan louhan hasil dari berbagai perkawinan silang. Namun sebagian besar jenis-jenis ikan hias louhan ini dapat di bagi kedalam beberapa kategori sebagai berikut:
  • Ikan Louhan Cencu atau Zhen Zhuo
  • Ikan Louhan Kamfa atau Ching Hwa
  • Ikan Louhan Golden Base atau Fader
  • Ikan Louhan Kamalau atau Golden Monkey
  • Ikan Louhan Red Texas
  • Ikan Louhan Thai Silk
  • Ikan Louhan Cencu (Zhen Zhu)

Harga Ikan Louhan Semua Jenis Terbaru 2022

Ikan Louhan Cencu dan Harganya

Arti dari Louhan Cencu adalah Louhan Mutiara, jenis ikan ini berawal dari hasil perkawinan dari Trimac Chichlid (Chichlasoma Trimaculatus). Sepintas , Ikan ini hampir sama dengan ikan louhan cencu generasi pertama nih dengan ciri-ciri ekor bulat lemas, mulut besar, dan identik dengan mata yang menonjol berwarna merah dengan marking di bagian kepala. louhan cencu ini pun digolongkan menjadi dua jenis nih readers yaitu: 

- Jenis cencu klasik , jenis louhan ini masih memiliki jenong dan mutiara di atas kepalanya namun tidak terlalu besar dan menonjol .

- cencu modern , jenis ikan ini malah didominasi oleh mutiara yang bertaburan diseluruh bagian badannya , hingga mencakup pipi dan kepala . tentu saja jenis ini lebih populer ya readers karena kesan keindahan yang terdapat pada jenisnya .

kemudian , Jenis ikan louhan cencu apabila dikawin silangkan lagi maka jelas akan menghasilkan jenis varian baru nih diantaranya: 
-Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)
-Blue Dragon Louhan
-ikan louhan SRM (Super Red Magma) 

Nah untuk harganya sendiri , ikan louhan cencu ini masih terbilang “ rama dikantong “ nih untuk kalangan menengah keatas , yakni Rp 200.000 per ekor untuk ukuran anakan. Sedangkan untuk yang dewasa bisa mencapai Rp 750.000 per ekor. Gimana cukup “RAMAH” kan readers , hehehe .

Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon) dan Harganya

Jenis louhan SRD ini berasal dari Thailand dan diduga masih mewarisi karakter dari ikan louhan cencu yakni memiliki ekor yang renggang dengan ciri khas warna merah pekat disetengah badannya, dengan jenong yang besar (Boomhead) dan tentunya mutiara yang tidak terlalu menonjol.
Ikan louhan SRD dibagi menjadi dua jenis, yakni :

-ikan louhan SRD Thailand 
-ikan louhan SRD lokal

 Dan seperti yang readers tau bahwa tentu saja ikan louhan SRD Thailand lebih tinggi harganya dan lebih menawan ya daripada ikan louhan SRD lokal.ikan jenis thailand dan lokal bisa kok dibedakan secara kasat mata ya readers , dan cara membedakan jenis ikan louhan SRD Thailand dan jenis ikan louhan SRD lokal adalah sebagai berikut:

Ikan louhan SRD Thailand punya paduan warna merah dan kuning yang sangat dominan dan memiliki jenong yang lebih besar berwarna merah, bagian tubuh terdapat bintik hitam yang sangat pekat hingga bisa dilihat dengan sangat jelas.
Ikan louhan SRD lokal memiliki paduan warna merah dan silver keputihan. Ukuran tubuh dan jenong ikan louhan SRD lokal cenderung lebih kecil berwarna merah juga terdapat mutiara dibagian atasnya.

Harga yang di tawarkan untuk ikan ini berkisar Rp 400.000 untuk ukuran anakannya. Sedangkan untuk yang dewasa bisa mencapai Rp 3.000.000 per ekor.

Ikan Louhan SRM (Super Red Magma) dan Harganya

Ikan louhan SRM ini memiliki bentuk yang hampir serupa dengan louhan SRD, namun jenis ikan louhan SRM biasanya pasti memiliki jenong yang lebih besar dan mutiara yang lebih baik dibanding ikan louhan SRD . ikan louhan SRM ini sebenarnya adalah hasil perkawinan dari ikan louhan SRD .
Ciri khas pada jenis ikan louhan SRM yakni memiliki kepala yang menonjol dan warna yang berbeda-beda antara bagian kepala dan tubuh. Pada hakikatnya  mempunyai tiga warna ungulan nih , yaitu warna merah dibagian kepala, warna hitam pada bagian tengah tubuh hingga ke ekor yang berbentuk pola sama seperti sirip atas dan sirip bawahnya, dan warna putih yang menyebar diseluruh bagian tubuhnya. warna merah menjadi warna yang paling dominan pada ikan SRM ini yakni hanya pada bagian setengah badan sampai kepalanya.

Ikan Louhan Kamfa (Chinghwa) dan Harganya

Kelahiran Louhan Kamfa ini adalah dikisaran tahun 2000/2001 dan ikan ini juga merupakan spesies hybrid dari hasil perkawinan ikan jenis flowerhorn dengan spesies genus Vieja atau juga dengan Parrot Cichlid. Dari hasil perkawinan ini pula dihasilkan beberapa varian ikan  baru, diantaranya memiliki mata cekung, mulut pendek, sirip menutup atau wrap tail dan jenong semakin besar, dari hal ini breeder ikan louhan jenis cencu mulai melakukan linebreed dan mempercepatnya supaya ikan jenis cencu yang dihasilkan lebih berwarna agar dapat bersaingan dengan ikan louhan jenis Kamfa. Ikan louhan kamfa memiliki ciri khas diantaranya:
Tidak terdapat marking / tanda dibagian kepalanya
Memiliki sirip dan ekor yang kaku dan keras
Mulut atas dan bawah rata, tertutup dan bibirnya lebih tipis
mata cekung dengan warna mata kuning atau putih
harga yang di tawarkan untuk satu ekor ikan louhan kamfa ini adalah berkisar di harga Rp 850.000 per ekor. Sedangkan untuk yang dewasa bisa mencapai Rp 3.500.000 untuk yang standar.

Ikan Louhan King Kamfa

Adalah  varian dari louhan kamfa breeder Thailand readers. Di juluki sebagai “King “ karena ikan ini berkualitas super , yakni dengan jenong yang lebih besar, cenderung berwarna merah dan terdapat mutiara lebih banyak ditubuhnya ,mutiaranya lebih rapi dan tampak lebih besar. Di seluruh tubuhnya nyaris berwarna silver disebabkan oleh corak mutiara yang sangat padat.Karena itu lah ikan louhan king kamfa merupakan jenis ikan louhan termahal di dunia nih readers . tertarik untuk pelihara ?

Ikan Louhan Golden Base atau Faders dan Harganya

Sering juga disebut dengan nama faders, karena ikan ini memiliki ciri-ciri dan keunikan yang khas diantara jenis ikan louhan lainnya. terlihat serupa namun ikan louhan golden base tidak memiliki marking seperti ikan louhan pada umumnya bisa juga dibilang bahwa ikan louhan golden base adalah ikan louhan free marking atau tanpa ada warna hitam di sekukur tubuhnya. Merujuk dari namanya , Memang pada awalnya perkembangannya  ikan louhan golden base ini akan memiliki warna hitap pekat, namun pada suatu fase warna hitam itu akan pudar dan berkembang menjadi warna kuning kemerah-merahan ( golden ) . Terkadang kebanyakan orang meyebutnya hal ini sebagai “mutasi” atau sifat faders. Ikan golden base ini dipercaya adalah genetik dari hasil persilangan ikan louhan Red Devil Chichlid (Amphilophus Labiatus) atau Midas Chichlid (Amphilophus Citrinelus) .
Uniknya untuk Semua jenis ikan louhan yang mengalami proses mutasi atau faders akan disebut ikan louhan golden base nih baik itu dari jenis cencu, kamfa maupun dari jenis lainnya. Perbedaan antara golden base jantan dan betina:
Jantan: Mempunyai jenong, dan tidak terdapat warna hitam sedikitpun dibagian sirip atas maupun sirip ekor
Betina: Tidak mempunyai jenong walaupun bagian kepala terlihat naik, dan terdapat warna hitam dibagian sirip atas maupun sirip ekor 
Cukup dengan meronggoh kocek 2jutaan saja ,readers sudah bisa memasukkan ikan hias ini kedalam aquarium dirumah ya .

Ikan Louhan Kamalau atau Golden Monkey dan Harganya

Lahir dari generasi ke 3 dari ikan louhan golden base , ikan ini di publikasikan pada tahun 2001 lalu .Kamalau atau Golden Monkey (Kam = Gold & Malau = Monkey) dibudidayakan oleh Mr. Lam Seah dan Lam Soon di Bercham, Ipoh – Malaysia. Dahulu Pada saat kejayaannya ikan louhan kamalau ini memiliki harga yang cukup fantastis sekali ya readers .Ikan louhan kamalau memiliki ciri khas unik nih diantaranya bentuk wajah yang menyerupai monyet dan bentuk tubuhnya terlihat barisi serta berotot.nah , jenis ikan louhan golden base ini sendiri sudah sangat langka dan jarang ditemukan ya readers . dibanderol dengan hingga Rp 600.000 untuk jenis ikan dewasanya dan Sedangkan untuk anakannya cukup murah yakni sekitar Rp 150.000 saja per ekornya.

Ikan Louhan Red Texas dan Harganya

Jenis ikan louhan red texas adalah hasil perkawinan antara louhan Kingkong Parrots betina dengan louhan Green Texas Chichlid jantan. Jenis ikan louhan red texas ini sama dengan ikan louhan golden base yaitu mengalami proses mutasi atau faders dan menjadi faktor penentu dari kualitas jenis ini. Ikan louhan red texas terdapat beberapa tingkatan diantaranya:
Tidak mutasi: Tingkatan terendah
Warna kuning: Tingkatan kedua terendah
Warna oranye: Kebanyakan Red Texas jatuh pada katagori ini
Warna coral: Lebih ke warna merah muda
Warna merah: Tingkatan tertinggi dan paling banyak diminati
Butuh dana sekitar 2,3 juta untuk membawa satu ekor ikan jenis louhan red texas pulang nih readers .

Ikan Louhan Thai Silk dan Harganya

Apabila readers melihat ikan louhan thai silk ini dari kejauhan maka yang terlihat adalah louhan thai silk ini nampak berwarna silver keputih-putihan. Tapi sebenarnya ya readers Jenis ikan louhan thai silk merupakan jenis ikan louhan mutiara atau pearl yang sekujur tubuhnya rapat ditutupi oleh mutiara. Semakin rapat dan penuh mutiara di tubuhnya semakin tinggi nilai ikan louhan thai silk ini . ikan ini berasal dari negara tetangga sebelah, yakni negara Thailand. Nah Ciri khas jenis ikan louhan thai silk adalah mempunyai mata merah dan warna pada seluruh tubuhnya 100% berwarna silver, tidak terkecuali pada sirip dan ekornya. 

Ikan Louhan Bonsai dan Harganya

Jika readers perhatikan, ikan louhan bonsai memiliki tubuh yang cenderung bulat, pendek, atau bantet, yang artinya walaupun ikan louhan ini sudah dewasa tubuhnya tidak akan tumbuh membesar. Wah tetap “mini “ nih . Ini dikarenakan jenis ikan louhan bonsai memiliki kelainan genetik yang tidak dimiliki oleh jenis ikan louhan lainnya.untuk Ciri khas dari ikan louhan bonsai ini adalah memiliki jenong besar dengan berbagai macam warna seperti: merah, kuning, silver, putih, hijau. lanjut dibagaian belakang badan biasanya terdapat lekukan dan idealnya memiliki perbandingan 1:1 dari ujung mulut sampai ke bagian pangkal ekor.  Harga yang di bandrol untuk ikan jenis ini yakni berkisar antara Rp 250.000 / anakan. Sedangkan dewasa mencapai Rp 800.000 / dewasa .

Pakan Ikan Louhan

Karena ikan louhan termasuk ikan mahal , maka cara perawatan dan pakannya harus benar-benar di perhatikan ya readers .memberikan pakan yang baik untuk nutrisi dan gizi si ikan akan membantu perkembangan dan bisa semakin menonjolkan ciri khas yang ikan miliki , nah untuk memenuhi kebutuhan pangan , ada beberapa makanan yang sepertinya “ wajib “ diberikan pada ikan louhan , diantaranya sebagai berikut :

Katak
Nah siapa yang menyangka sih jika hewan yang hidup di dua alam ini ternyata memiliki segudang protein untuk ikan louhan yang readers pelihara . salah satu kandungan protein yang tinggi yang dimiliki oleh katak adalah dapat membantu mempercepat pertumbuhan jenongnya itu loh hehehe .

Cacing
Kalau cacing sih makanan favorit segala ikan ya readers , termasuk juga dengan ikan louhan nih , cacing yang kaya akan protein, lemak dan karbohidrat merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk perkembangan ikan louhan itu sendiri . nutrisi yang terdapat pada cacing akan membantu louhan terhindar dari virus dan bakteri jamur yang ada di kulit ikan louhan. Pun nutrisinya berperan penting dalam mempertajam warna ikan louhan . 

Kelabang
Kelabang memang nampak mengerikan dan memang tidak lazim ya readers , namun kelabang merupakan salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh ikan louhan loh .Kelabang kaya akan betacarotine yang bagus untuk membuat kulit dan sisik ikan menjadi mengkilap. 

Jangkrik
Makanan alami selanjutnya yang sangat di gemari ole ikan louhan  adalah jangkrik, hewan ini sangat mudah didapatkan, selain itu, ternyata jangkrik juga mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan makanan alami lainnya.Dengan memberi makan jangkrik maka ikan louhan akan cepat mengalami pertumbuhan. Namun ikan oouhan Cuma boleh makan jangkring satu kali dalam sehari ya readers .

Udang
udang yang kaya protein akan berguna untuk mempertajam warna ikan louhan, meningkatkan proses pertumbuhan ikan louhan, menghasilkan jenong yang ideal dan membuat sirip ikan mengkilap.Sama halnya seperti kelabang, udang sangat penting untuk memperindah warna dari ikan louhan.Kandungan protein yang lebih mudah diterima tubuh ikan menjadi alasan menjadikan udang sebagai pakan penting ikan louhan.

Harga Ikan Louhan Terbaru Semua Jenis 2022

Jenis Ikan Louhan
Harga Anakan
Harga Dewasa
Ikan Louhan Cencu
Rp 150.000
Rp 750.000
Ikan Louhan Kamfa
Rp 850.000
Rp 3.500.000
Ikan Louhan Golden Red
Rp 650.000
Rp 3.000.000
Ikan Louhan Golden Base
Rp 450.000
Rp 1.800.000
Ikan Louhan Bonsai
Rp 250.000
Rp 800.000
Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)
Rp 400.000
Rp 1.500.000
Ikan Louhan  Super Red Synspilum
Rp 400.000
Rp 2.500.000
Ikan Louhan Super Red Texas (SRT)
Rp 600.000
Rp 2.300.000
Ikan Louhan Kemalau
Rp 150.000
Rp 600.000
Ikan Louhan Rainbow King
Rp 650.000
Rp 3.000.000
Ikan Louhan Strom
Rp 650.000
Rp 2.500.000

Nah ada lagi hal lain yang harus readers perhatikan nih dalam pemeliharaan ikan louhan yakni cara pemeliharaannya , tentu tidak bisa dianggap enteng ya memelihara ikan yang satu ini . biasanya ikan louhan akan dipeliara di dalam aquarium , nah tentunya aquarium ini harus di perhatikan ukurannya . Misalnya ikan louhan memiliki panjang antara 40-50 cm, sebaiknya ukuran akuarium memiliki dimensi sekitar 200x70x80cm. Lalu di dalam akuarium pun harus memiliki fasilitas yang baik seperti:

Aerator
Ternyata ikan ketika di dalam akuarium juga membutuhkan suplay oksigen nih readers . nah Alat yang dapat digunakan untuk menyuplay oksigen ke dalam akuarium adalah Aerator atau pompa udara. Aerator berfungsi untuk memberikan udara ke dalam akuarium dan mengeluarkan udara dari sisa-sisa pernafasan ikan. Untuk memilih aerator yang bagus, pilihlah aerator yang mampu membuang banyak udara, tetapi memerlukan aliran listrik yang sedikit.

Heater & Thermometer
Suhu air di dalam akuarium perlu diperhatikan agar ikan louhan memiliki pertumbuhan yang bagus. Karena pertumbuhan ikan louhan akan melambat jika suhu air di dalam akuarium dingin. Cara untuk mengetahui suhu air di dalam akuarium adalah dengan menggunakan thermometer.Jika suhu air akuarium dalam keadaan dingin, readers bisa menaikkan suhu udara dengan menggunakan alat Heater atau alat pemanas. Suhu udara yang ideal untuk ikan louhan sekitar 28-30 derajat celcius.

Filter
Nah Kebersihan air di dalam akuarium sangat penting untuk readers diperhatikan. Jika air akuarium kotor, maka kemungkinan besar ikan louhan akan mati. Hal ini sangat merepotkan kita karena air akuarium biasanya cepat sekali kotor.Untuk mengatasi permasalahan ini, kita bisa menggunakan alat filter atau penyaring air. Filter memiliki fungsi untuk menyaring air akuarium setiap saat agar tetap selalu bersih. 

Penerangan
Penerangan di akuarium pun sangat penting untuk ikan louhan , agar ikan louhan tidak menjadi penakut. readers bisa menggunakan lampu TL. Selain untuk menerangi akuarium kita, lampu TL juga berfungsi untuk menambah keindahan akuarium.Namun, lampu TL ini dapat menghasilkan suhu panas, sehingga dapat mempengaruhi suhu pada air akuarium. Jadi, kita perlu memperhatikan ukuran lampu TL dengan ukuran akuarium. Ukuran lampu TL yang ideal untuk akuarium 80X40 cm adalah 20 watt.

Tanaman Air
Agar menyerupai habitat di alam terbuka, akuarium perlu untuk disediakan tanaman hias. Hal ini juga dapat mempercantik akuarium ikan louhan kita.