Jadwal Kapal Legundi Agustus-September 2022 + Harga Tiketnya

Informasi lengkap mengenai jadwal kapal legundi dan harga tiketnya 2022 dengan rute surabaya-lombok-surabaya.
Jadwal Kapal Legundi
Jadwal Kapal Legundi


Terkenal dengan negara 1000 pulau , menjadikan negara Indonesia sebagai negara yang sering di lalui oleh beberapa kapal , mulai dari nasional sampai internasional . kapal – kapal itu bisa berupa kapal perdagangan , kapal pesiar , kapal angkut barang dan masih banyak lagi ya readers . Nah salah satu kapal nasional yang juga aktif di laut indonesia adalah kapal Legundi . ada yang pernah naik kapal ini ? mungkin yang tinggal di timur Indonesia ,sudah sangat paham ya dengan transportasi laut ini . untukyang belum tau , yuk simak penjabaran tentang kapal legundi di bawahini , happy reading ya readers .

Kapasitas Kapal Legundi

Namanya kapal Legundi . kapal ini beroprasi untuk rute Surabaya – Lombok ini dikelola dengan baik oleh PT Angkutan Sungai Danau Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry dan menjadikan kapal ini menjadi salah satu pesaing kuat kapal pelni ya readers . namun jika ingin dibandingkan dengan kapal pelni , tentu saja kapal legundi sendiri sedikit lebih unggul nih readers , sebab selain lumayan lebih cepat , kapal lengundi ternyata juga memiliki jumlah muatan atau kapasitas angkutan cukup banyak loh. Untuk Jumlah kapasitas angkut , Kapal Legudi ditaksir bisa mengangkut  sebanyak 60 unit truk besar, 70 unit kendaraan keluarga, dan 800 orang penumpang. 

Fasilitas Kapal Legundi

Tidak berhenti disitu saja ya reader , meskipun berbasis kapal ferry namun Fasilitas yang telah di sediakan di Kapal Legundi sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum nih mulai dari interior ruangannya yang modern, Semua ruangan sudah Ber AC, Ruang Sholat, colokan , Toilet dan Kamar Mandi, Kursi duduk yang nyaman sampai ada beberapa cafetaria untuk penumpang. Jadi tak heran ya jika kapal ini sering menjadi pilihan masyarakat sekitar untuk menyebrang dari pulau satu ke pulau yang lain . nah ini seolah menjadi angin segar ya untuk readers yang ingin menggunjungi Lombok dengan cara naik kapal , tapi dengan syarat readers tidak mabuk laut ya . dan fakta yang mengejutkan adalah waktu tempuh menggunakan kapal Legundi pun dinilai lebih singkat nih , yakni hanya memakan waktu tempuh 20 jam saja. Sedangkan jika menempuh jalur darat readers harus menghabiskan waktu sekitar 48 jam. Ada lagi yang menarik nih readers yaitu readers juga akan mendapat fasilitas sarapan gratis berupa nasi kotak dan air gelas dari pihak kapal Legundi , caranya ? caranya readers cukup dengan menunjukkan tiket pada petugas , namun Makan gratis tersebut biasanya hanya berlaku 1 kali untuk setiap penumpang saja ya . Namun berbeda jika readers berlayar di hari Jumat, para petugas kerap membagikan makan siang gratis pula setelah salat Jumat.


Untuk Promo Harga Tiket silahkan lihat disini

Jadwal Kapal Legundi Agustus-September 2022

Kapal Legundi memiliki jadwal keberangkatan teratur tiga kali dalam satu mingu. Jadwal keberangkatan tersebut pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Keberangkatan kapal pada pukul 18.00 WIB untuk setiap jadwalnya.

Rute Hari Keberangkatan Waktu Keberangkatan
Surabaya-Lembar Selasa 18.00 WIB
Surabaya Lembar Kamis 18.00 WIB
Surabaya- Lembar Sabtu 18.00 WIB

Sedangkan untuk keberangkatan dari Lombok Lembar menuju Surabaya Tanjung Perak seminggu terdapat 3 kali keberangkatan. Jadwal tersebut setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Keberangkatan tersebut sudah teratur yaitu pukul 18.00 WITA.


Rute Hari Keberangkatan Waktu Keberangkatan
Lembar-Surabaya Senin 18.00 WITA
Lembar-Surabaya  Rabu 18.00 WITA
Lembar-Surabaya  Jumat 18.00 WITA


Nah , disetiap keberangkatan pastilah menaati jadwal yang telah di terapkan ya readers . kapal Legundi melakukan lintasan penyeberangan dari Surabaya-Lombok ,dengan jadwal perjalanan setiap hari Selasa dan Sabtu dengan jam keberangkatan pada pukul 18.00 WIB. Sedangkan untuk lintasan penyeberangan Lombok-Surabaya jadwal keberangkatannya setiap hari Senin dan Kamis pukul 09.00 WITA. Durasi atau lama perjalanan untuk menyeberang dari Surabaya ke Lombok atau sebaliknya sekitar 20 jam. For your info ya readers , kapal legundi ini hanya memiliki rute surabaya – lombok , dan lombok – surabaya saja ya.

Harga Tiket Kapal Legundi 2022

Setelah selesai dengan jadwal keberangkatan , sekarang coba kita ulas tentang harga tiket yang ditawarkan oleh kapal legundi ini , dengan fasilitas yang cukup memadai , kira – kira Harga Tiket Penumpang Kapal Legundi dengan rute Lombok – Surabaya atau sebaliknya dari Surabaya ke Lombok ini ramah di kantong nggak ya readers ? nah dari pada tamba penasaran mending kita langsung lihat list harga di bawah ini , check this out  :

Untuk Penumpang Dewasa, kapal legundi mematok tarif  : Rp 87.000
Dan untuk penumpang Anak – anak , readers cukup membayar dengan harga : Rp 62.000

Readers , arga ini jauh lebih murah ya jika di bandingkan dengan harga tiket pesawat yang menuju ke Lombok . dan Sementara itu Harga Tiket angkutan Kendaraan Kapal Laut Legundi Surabaya Lombok dan sebaliknya itu disesuaikan dengan masing-masing golongan atau jenis kendaraan ya . Berikut ini daftar harga golongan kendaraan dari Surabaya ke Lombok atau dari Lombok ke Surabaya :

Golongan I (Sepeda) Rp 132.000
Golongan II (Sepeda Motor < 500 cc) Rp 225.000
Golongan III (Sepeda Motor >= 500 cc) Rp 420.000
Golongan IV-A (Mobil atau Sedan Panjang <= 5 m) Rp 1.525.000
Golongan IV-B (Mobil Barang Panjang <= 5 m) Rp 1.392.000
Golongan V-A (Bus Sedang Panjang <= 7 m) Rp 2.937.000
Golongan V-B (Truk Sedang Panjang <= 7 m) Rp 2.474.000
Golongan VI-A (Bus Besar Panjang <= 10 m) Rp 4.847.500
Golongan VI-B (Truk Besar Panjang <= 10 m) Rp 3.966.500
Golongan VII (Truk atau Trailer Panjang <= 12 m) Rp 5.024.000
Golongan VIII (Truk atau Trailer Panjang <= 16 m) Rp 7.279.000
Golongan XI (Truk atau Trailer Panjang > 16 m) Rp 11.434.000

Nah jika readers binggung Untuk pembelian Tiket penyeberangan rute Surabaya- Lombok Pergi Pulang (PP) atau sebaliknya , readers sudah dapat membelinya secara online dan berjadwal di tiket.indonesiaferry.co.id. dan Cara memesan tiket kapal Legundi Surabaya-Lombok pun cukup mudah banget nih , yakni readers tinggal mengakses situs tiket.indonesiaferry.co.id lalu mengikuti petunjuk yang tertera di layar. Isi semua formulir yang tertera , Perlu diperhatikan bahwa ketika melakukan booking tiket kapal ferry secara online, nama penumpang harus sesuai dengan KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku. Kemudian untuk pembayaran pemesanan tiket KMP Legundi bisa dilakukan dengan metode transfer bank. Gampangkan readers.

Atau readers dapat memesan tiket KMP Legundi secara langsung dengan datang ke kantor ASDP Surabaya yang beralamat di Jalan Kalimas Baru No. 194 A, Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur 60165, Indonesia.  Atau dapat juga menghubungi pihak ASDP di nomor berikut ini :
0812 3291 085
0813 3069 2850

Namun disarankan agar readers lebih baik langsung datang ke kantornya. Karena biasanya pemesanan tiket via telepon sangat jarang dilayani. Disebabkan jadwal kapal yang sibuk ya readers. Mungkin ada sebagian readers yang tertarik mengunjungi surga dilombok menggunakan jasa transportasi kapal legundi ini ? namun masih binggung karena belum pernah naik kapal ferry sebelumnya . nah ada beberapa tips nih yangmungkin bisa membantu readers dalam berpergian menggunakan kapal laut , apasaja ya . Here we go :

1. BELI TIKET ONLINE
Sama seperti transportasi pada umumnya, readers pun harus membeli tiket ketika hendak menaiki kapal ferry. Nah, agar lebih efektif dan tidak terkena “ pelet”dari calo karena maas mengantri , ada baiknya jika readers memesan tiket secara online jauh-jauh hari. Tinggal tentukan tujuan, tanggal keberangkatan, jenis layanan hingga data penumpang yang akan menyeberang dengan mudah. Jadi selamat tinggalmengantri di pelabuhan.

2. PARKIR KENDARAAN
Karena digunakan Sebagai transportasi penyebrangan, itulah sebabnya kapal ferry dapat menampung kendaraan denganjumlah yang tak sedikit . Mulai dari sepeda motor, mobil, bus, hingga truk bisa masuk ke dalam kapar ferry. Otomatis, readers harus pintar- pintar memikirkan soal parkiran kendaraan. Tipsnya adalah , agar mudah keluar, posisikan kendaraan di ujung pintu keluar. Namun, jika ingin kendaraan aman, silahkan posisikan kendaraan di tengah ya readers.

3. MAKAN SECUKUPNYA
Kondisi perairan dilaut sangatlah sulit untuk ditebak. Bisa saja dalam hitungan menit, arah angin dapat berubah drastis, yang bisa menyebabkan fisik terkuras “ habis “ . apalagi jika readers memiliki riwayat mabuk laut, akan terasa wajib selektif soal makanan apa yang harus readers konsumsi. Yang jelas, hindari banyak konsumsi minuman soda dan beralkohol selama di kapal ya . dan untuk makanan, cobalah untuk hindari sajian pedas dan berlemak sebelum dan selama berlayar.

4. POSISI DUDUK NYAMAN
Ada fakta lain nih tentang naik kapa laut , yakni Posisi duduk di atas kapal ternyata punya pengaruh besar, lho. Usahakan readers duduk di kabin bagian tengah yang posisinya lebih rendah ya . sebab menurut penelitian, posisi tersebut akan menerima hanya sedikit guncangan ketimbang posisi yang lain.nah layaknya kereta api, beberapa kapal memiliki formasi tempat duduk yang saling berhadapan. demi menghindari mabuk laut, readers pun wajib duduk menghadap ke arah kapal tersebut bergerak. Jika membelakangi arah gerak kapal, diyakini tubuh akan kehilangan keseimbangan yang berujung mual.

5. NIKMATI FASILITAS
Enaknya berlayar dengan kapal ferry adalah dengan menikmati sejumlah akses fasilitasnya. Biasanya para pengelola kapal akan memastikan penumpang nyaman dengan menambahkan ruang VIP sendiri. Bahkan ada Beberapa kapal yang memiliki bioskop, ruang tidur nyaman, hingga tempat karaoke. Jika lapar, jangan ragu untuk segera memesan makanan di kafetaria yang tersedia. 

6. PERIKSA BARANG BAWAAN
Kemudian Jika perjalanan sudah berakhir, tak ada salahnya apabila readers periksa kembali barang bawaan sebelum turun ya. Pastikan, nggak ada yang tertinggal. Kenapa? Jika ada barang yang tertinggal, akan sangat sulit mengambilnya karena jam operasional kapal ferry yang sibuk. Jika nggak terlalu penting, taruh barang-barang di dalam kendaraan saja ya.

7. TUNGGU SAMPAI BERSANDAR
Kapal ferry setidaknya membutuhkan waktu sekitar lima menit untuk bersandar secara aman di tepian dermaga . Nah, demi keselamatan, dianjurkan untuk tetap berada di bangku penumpang sampai ada arahan dari petugas. Setelah itu, readers sudah boleh bergegas turun dan kembali ke kendaraan yang readers tunggangi . Usahakan lebih awal agar antrian keluar kapal lebih efisien.

Apabia readers mendapat keluhan selama menaiki kapal legundi ini , awak kapal pun telah menyiapkan customer care untuk para penumpang , dan siahkan readers hubungi :

Customer Care Kantor Pusat ASDP
PSTN : 021 191
Telp : (021) 4288 2233
SMS Center : 0812 9393 1000 (Senin – Jumat) 


Asuransi Perjalanan


Asuransi perjalanan penting bagi anda yang sering melakukan trip ke berbagai tempat, untuk memberikan rasa lebih aman dan nyaman. Berikut tips memilih asuransi perjalanan yang tepat untuk Anda:

Menemukan Asuransi Perjalanan

Berikut beberapa tips untuk memulai pencarian Anda:

  • Teliti pertanggungan Anda saat ini dengan menanyakan kepada penyedia asuransi kesehatan yang ada dan penyedia kartu kredit Anda. American Express menawarkan asuransi perjalanan kepada anggota kartu.
  • Tanyakan agen perjalanan Anda.
  • Jelajahi web.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Beberapa faktor akan menentukan polis asuransi mana yang terbaik untuk Anda:

  • lamanya perjalanan Anda
  • tujuan Anda
  • partisipasi dalam olahraga berisiko tinggi (mis., mendaki gunung, memanjat)
  • kesehatan Anda

Bandingkan Jenis Perlindungan

Pertimbangkan kebutuhan Anda dengan jenis perlindungan yang ditawarkan. Ingatlah untuk membaca semua cetakan kecil. Mempertimbangkan:

  • apa yang tercakup, dan apa yang tidak
  • biaya
  • yang dapat dikurangkan

Demikianlah artikel tips asuransi perjalanan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi. Happy holiday dan stay safe.

Apabila Anda ingin mendapatkan informasi update mengenai jadwal keberangkatan dan harga tiket kapal pelni, Anda dapat mengikuti web ini.
Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu. Terima kasih.