[JUAL/BELI] Burung Cucak Ijo Mei 2021

Para pecinta burung tentu sudah megenal burung cucak ijo. Sesuai namanya, burung cucak ijo khas dengan warna bulunya yang hijau. Burung ini memang belum begitu populer jika dibandingkan dengan kacer. Tapi , kicauannya bisa membuat siapapun terpukau.

jual beli cucak ijo
Cucak Ijo

burung yang dikenal dengan sebutan burung daun ini tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia,yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali. Burung cucak ijo di setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, terutama suara dan postur tubuhnya.
Jenis-jenis Burung Cucak Ijo, yaitu:
  • Burung Cucak Ijo Jawa atau Banyuwangi
  • Burung Cucak Ijo Kalimantan
  • Burung Cucak Ijo Sumatera
  • Burung Cucak Ijo Mini
  • Burung Cucak Ijo Rante atau Ranti
Burung Cucak Ijo Jawa atau Banyuwangi
Burung cucak ijo yang paling banyak diincar oleh burung mania berasal dari wilayah timur Pulau Jawa yaitu Banyuwangi. Burung ini memiliki warna dan tubuh sangat indah serta suara yang nyaring dan merdu. Burung cucak ijo banyuwangi memiliki postur tubuh dan kepala yang besar.

Burung Cucak Ijo Kalimantan
Burung cucak ijo Kalimantan memiliki ukuran kepala lebih kecil dibanding postur tubuhnya. Kicauannya melengking dengan variasi yang merdu. Sehingga bisa jadikan sebagai pilihan untuk disertakan dalam kontes burung kicau.

Burung Cucak Ijo Sumatera
Burung cucak ijo sumatera memiliki penampilan yang lebih menarik dan menawan dibandingkan cucak ijo yang lainnya. Bagian dahi burung ini biasanya berwarna kuning keemasan. Sementara bagian pipi berwarna biru kontras.

Burung Cucak Ijo Mini
Sesuai dengan namanya, burung cucak ijo mini memiliki postur tubuh yang kecil dibandingkan dengan jenis cucak ijo yang lainnya.

Burung Cucak Ijo Rante atau Ranti
Burung cucak ijo ranti memiliki empat kombinasi warna sekaligus yaitu hijau, kuning, biru dan hitam.


Berikut harga burung cucak ijo berdasarkan jenisnya

Jenis Burung
Harga
Cucak Ijo Trorol Berekor Bodi Besar
Rp 650.000
Cucak Ijo Nopeng tanpa ekor Bodi Besar
Rp. 600.000
Cucak Ijo muda leher kuning bodi besar
Rp 450.000
Cucak Ijo bodi kecil nopeng berekor
Rp 600.000
Cucak Ijo bodi kecil nopeng tanpa ekor
Rp 550.000
Cucak Ijo bodi kecil muda leher kuning
Rp 400.000
Cucak Ijo kecil muda leher kuning jantan
Rp 450.000
Cucak Ijo Banyuwangi Dewasa
Rp. 1.000.000 – Rp. 1.500.000
Cucak Ijo Mini
Rp. 550.000
Cucak Ijo Kalimantan Dewasa
Rp. 600.000 – Rp. 1.000.000
Cucak Ijo Kalimantan Prestasi
Rp. 3.000.000
Cucak Ijo Sumatera
Rp. 600.000 – Rp. 1.000.000
Cucak Ijo Bakalan
Rp 500.000

Mohon diperhatikan bahwa harga di atas bukan merupakan harga mutlak. Harga dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan jenis burung, asal daerah, usia burung dan prestasi burung.

Dahulu, orang yang memelihara burung Cucak Ijo menggunakan berbagai ramuan tradisional untuk mengatasi masalah perawatan. Hal tersebut dikarenakan dulu belum banyak dijumpai obat kimia seperti saat ini. Pengobatan tradisional terhadap burung cucak ijo sudah banyak dibuktikan dan mujarab.

Pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional memang bisa menjadi solusi untuk pemelihara burung cucak ijo dengan dana yang minim. karena bahan yang diperlukan untuk membuat obat atau pakan tradisional ini murah atau bahkan mudah diperoleh.

Ramuan tradisional untuk pakan burung cucak ijo bermanfaat untuk mengatasi burung cucak ijo yang macet bunyi padahal sudah berumur lebih dari 1 tahun.

Bagi kicau mania yang ingin menjual atau membeli burung cucak ijo, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah artikel ini.