Harga Terupdate Ikan Arwana Semua Jenis Hari Ini 2021

Cek Harga Ikan Arwana Terbaru Terupdate Hari ini  disini. Harga semua jenis ikan arwana. 

Ikan Arwana

Nah siapa sih yang belum pernah melihat ikan arwana ? ayoo jangan bohong ya , atau ada yang sama sekali nggak tau bentuk dan gimana sih ikan yang bernama arwana ini ? eitt jangan mentang-mentang artis indonesia yang menggunakan nama panggung “ tukul arwana “ jadi readers berfikir bahwa bentuk mukanya seperti om tukul ya , salah loh . 


Gini loh readers , ikan arwana itu adalah jenis ikan yang hidup di air tawar . Arwana atau Arowana (familia Osteoglossidae) merupakan ikan purba yang tersebar di seluruh dunia, mulai dari Afrika, Asia Tenggara, Australia hingga Amerika Selatan. Bahkan study membuktikan bahwasanya ikan ini telah hidup di bumi sejak 220 juta tahun yang lalu nih readers. Dan hingga saat ini, sudah sebanyak sepuluh spesies ikan Arwana telah berhasil dideskripsikan oleh para ahli taksonomi, yakni 1 spesies tersebar luas di Afrika tropis, 4 spesies dari Asia Tenggara, 2 spesies dari Australia Utara dan 3 spesies dari Amerika Selatan. 

Nah umumnya ikan ini dijadikan ikan hias untuk sebagian kalangan menengah keatas hingga berani meronggoh koceh tinggi demi memelihara ikan arwana ini , kok bisa ya readers ? nah bagi readers yang masih mempercayai ramalan , mitosnya adalah bahwa jika memelihara ikan arwana maka ikan tersebut bisa membawa keberuntungan untuk readers . sebagian masyarakat tionghoa percaya jika ikan Arwana adalah simbol dari kesehatan, kegembiraan, dan kemakmuran. Namun jika readers tidak percaya akan ramalan tersebut , tenang ya ada alasan yang lebih rasional kok mengapa ikan ini menjadi peliharaan favorit kalangan menengah keatas, alasannya adalah karena cara pemeliharaannya yang cukup banyak menyita waktu si pemeliharanya. Memelihara ikan Arwana memang terbilang memang tidak mudah nih.

Saat readers sudah yakin dan memutuskan untuk memelihara ikan Arwana, readers harus melakukan beberapa hal seperti harus secara rutin memeriksa kondisi air dalam akuarium agar tetap bersih , Pemberian lampu yang selalu dinyalakan juga merupakan syarat wajib dalam memelihara ikan Arwana, tidak boleh telat untuk memberikan pakan  secara konsisten. Lalu dilanjutkan dengan melakukan tindakan tanning. Tujuan dari pemberian sinar matahari ini agar ikan Arwana dapat memiliki warna yang merona yang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan dan yang Terakhir, alasan mengapa tak sedikit orang yang rela membayar mahal untuk membeli ikan Arwana adalah keberadaannya yang langka. 

Harga Ikan Arwana Terbaru 2021

Nah di indonesia sendiri ada beberapa jenis ikan arwana yang sangat populer untuk di jadikan ikan hias pembawa hoki nih , apa aja jenis-jenis ikan purba ini readers , are you ready for this , here we go:

Arwana Super Red dan Harganya

Di posisi pertama ada Ikan Arwana Super Red banyak ditemukan di Borneo, khususnya di Kalimantan Barat ya . untuk Ciri-ciri umumnya adalah ikan arwana ini memiliki warna merah pada sirip, bibir, serta sungut, saat masih muda.Namun Menjelang dewasa, warna merah juga akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya nih sehingga badan ikan akan terlihat mencolok namun tak lupa memberika kesan yang apik . Varian ikan Arwana Super Red ini dikelompokkan menjadi 4 varietas, yaitu Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas (Golden Red). Berbicara tentang harga ya , Harga ikan Arwana Super Red relatif bervariasi readers , antara 2 juta - 50 juta, tergantung jenis, ukuran, dan faktor-faktor lainnya. Wahhh bisa beli motor satu nih . benar-benar ikan hias yang berekonomi tinggi .

Arwana Banjar dan Harganya

Ya Seperti namanya, jenis ikan Arwana ini berhabitat di wilayah Kalimantan Selatan, terutama di area perairan Banjarmasin. Ikan ini juga memiliki kesan warna merah di tubuhnya namun tidak setegas Arwana Super Red nih . Dan Ciri yang paling menonjol dari ikan Arwana Banjar adalah siripnya yang berwarna oranye dan ekornya kekuningan. Ikan Arwana Banjar ini bahkan bisa mencapai panjang hingga 90 cm loh sehingga dibutuhkan tempat yang cukup luas untuk memelihara atau membudidayakannya agar ikan yang atraktif ini dapat bergerak bebas. Harga ikan Arwana Banjar diperkirakan sekitar Rp2 jutaan. 

Arwana Papua dan Harganya 

Ikan Arwana Papua atau yang dikenal pula dengan sebutan Arwana Jardini ini hidup bebas di perairan Papua hingga Australia. Nah Jenis ikan Arwana ini  bisa tumbuh hingga sepanjang 90 cm dan berat bisa mencapai 17 kg ,ia juga memiliki warna kuning keemasan namun tidak terlalu mencolok. Lallu Ciri-ciri utama dari fisik ikan Arwana Papua adalah badannya yang berwarna dasar hitam kecokelat-cokelatan dengan bintik-bintik kuning keemasan, bahkan hingga di bagian kepala hingga sirip dan ekornya. Harga ikan jenis ini dibandrol dengan harga sekitar Rp4 jutaan ya readers .

Arwana Golden Pino dan Harganya

Ikan Arwana Golden Pino atau biasa disebut Arwana Hijau atau Green Arowana ini menyebar di berbagai negara di kawasan Asia Tenggara loh , tak terkecuali Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, Vietnam, hingga ke negara Kamboja. Keunikan yang menjadi ciri khas ikan Arwana Golden Pino adalah warnanya yang tampak seperti perpaduan antara kuning, emas, dan hijau. Untuk Ciri fisik mencolok lainnya terdapat pada kepalanya karena berukuran lebih besar ketimbang jenis ikan arwana Asia lainnya. Harga ikan Arwana Golden Pino berada dikisaran angka Rp4 jutaan.

Arwana Red Tail Golden dan Harganya

Nah Jenis ikan arwana Asia satu ini juga dikenal dengan Arwana Golden Red atau Arwana RTG . ia berasal dari perairan Riau dan beberapa wilayah di Pulau Sumatera lainnya. Di habitat aslinya, ikan Arwana Red Tail Golden sangatlah agresif ya sehingga cukup susah untuk ditangkap. Ciri khas ikan Arwana Red Tail Golden atau Arwana Golden Red adalah paduan warnanya yang terdiri dari hijau, biru, dan kuning keemasan, serta sedikit warna merah. Harga ikan jenis ini paling murah adalah Rp2 juta, namun bisa lebih mahal tergantung ukuran dan perpaduan warnanya.

Pakan Ikan Arwana

Hal yang harus benar-benar readers perhatikan ketika memelihara ikan arwana ini adalah pakan yang akan di berikan kepada ikan tersebut . pakan yang diberikan haruslah yang mempunyai gizi , nutrisi dan tidak merusak keindahan alami dari ikan arwana . untuk pakan nya saja tidak bisa di samakan ya antara ikan arwana anakan dan dewasa , penasaran :

1. Makanan Ikan Arwana Anakan

Sudah sangat Jelas berbeda ya pakan anakan dan dewasa  . karena setiap pakan yang diberikan haruslah memenuhi kebutuhan nutrisi dari arwana, lagi pula ukuran pakan sangat berpengaruh pada kesehatan ikan arwana.

Ikan arwana kecil harus diberi pakan kecil & lunak pula, seperti cacing darah, kutu air, artemia, atau bisa juga asupan pelet ikan. Untuk vitamin anakan arwana bisa juga diberi serangga kecil seperti jangkrik, atau belalang. Namun terlebih Haruslah membersihkan taring (jika jangkrik punya) atau tajamnya gerigi kaki jangrik/belalang.
Untuk makanan yang diberikan saat pagi readers bisa di berikan berupa jangkrik atau belalang dengan takaran saji 2-3 ekor saja ya yakni Pada pukul 07:00 s/d 08:00.
Sedangkan untuk makan siang bisa disajikan katak cukup satu ekor jangkrik atau belalang saja. di berikan pada sekitar pukul 11:00 – 12:00.
Dan terakhir untuk pemberian pakan malam cukup readers memberikan seekor jangkrik atau belalang. Di jam sebelum maghrib atau sekitar pukul 17:30 – 18:30.

2. Makanan Ikan Arwana Dewasa

Berbeda dengan jenis pakan anakan arwana tadi , untuk ikan arwana dewasa readers dituntut memberikan asupan nutrisi agar stamina dan kualitas warna, juga sisik ikan arwananya sendiri tetap terjaga dengan baik . Nah, untuk readers yang masih binggung pakan apa saja sih yang di sukai oleh arwana dewasa ini , berikut macam-macam makanan ikan arwana yang dapat berikan:

Pellet
Ini adalah pakan yang sangat populer ya di indonesia , pellet adalah pakan yang sangat mudah untuk ditemukan ditoko pakan hewan . namun jika di lihat lebih lanjut sebenarnya hanya sedikit nutrisi yang diserap oleh ikan ketika memakan pakan ini , jadi yang berfikiran bahwa pellet adalah makanan favorit ikan , itu salah ya readers .

Jangkrik
Jika tadi ada pellet yang kurang bernutrisi bagi ikan arwana , maka berbeda al dengan jangkrik . rupanya Jangkrik merupakan vitamin bagi ikan arwana loh , disebut vitamin karena didalamnya terdapat kandungan betacorotene. Makanan ini cocok dikonsumsi dan dijadikan pakan pokok, terutama untuk ikan arwana jenis Golden Red serta Ikan Arwana Super Red, karena jangkrik mampu meningkatkan warna pada ikan arwana. Ketika memberika jangkring pada ikan jangan lupa untuk memotong kaki-kakinya ya readers demi menjaga kesehatan arwana (jangan bikin arwana sariawan) .

Cacing
Kalau ini sih makanan yang paling “ lezat “ ya untuk para ikan . Makanan ikan kali ini sangat baik di konsumsi bagi ikan arwana yang masih bayi, sekitar ukuran 8 cm kebawah dan cacing sangatlah baik nih  bagi pertumbuhan arwana.Tapi jika sudah menginjak dewasa cacing dicampur dengan pellet atau dengan mengubah menu makanan lainnya. Pusing mau cari cacing kemana ? sekarang sudah banyak ya toko pakan ikan yang menjual “ bayi-bayi” cacing.

Katak
Nah jika readers ingin memanjakan peliharaan pembawa berkah ini , tidak ada salahnya jika sesekali readers menghidangkan katak sebagai Makanan sampingan, terlebih lagi dengan ikan arwana yang sedang berukuran 20 cm. Karena kandungan dan lemak yang ada pada daging katak sangatlah tinggi, jadi akan sangat membantu tumbuhnya awana. Tapi jangan terlalu di manjakan ya readers , tak usah terlalu sering memberikan katak pada ikan arwana , Karena jika berlebihan mengkonsumsi katak akan membuat warna arwana pucat. 

Udang
Selanjutnya ada udang yang menjadi hidangan sedap bagi ikan arwana . Udang di kategori sebagai vitamin bagi arwana karena kandungan yang ada dalam udang sama seperti jangkrik. Bisa meningkatkan perubahan serta memperkuat warna arwana, menjadi lebih cerah. Namun dipastikan untuk membuang kepala atau ekor udang terlebih dahulu ya readers sebelum memberikan kepada ikan , hal itu dilakukan demi menjaga keamanan ikan agar tidak terjadi luka saat memakan.Udang bisa langsung diberikan dalam keadaan hidup atau pun dalam keadaan membeku.

Kecoa
Ini mungkin bisa menjadi solusi untuk readers yang memiliki banyak kecoa dirumahnya . namun ternyata kecoa dijadikan pakan untuk ikan arwana loh . bukan termasuk makanan pokok untuk si ikan sih , melainkan dikategorikan menjadi vitamin bagi arwana, kandungan protein tinggi yang ada didalamnya bisa meningkatkan nafsu makan pada ikan. Nah Bila arwana tidak memiliki nafsu makan silahkan carikan kecoa di dekat-dekat selokan ,tempat sampah atau di “kamar mandi kosan” biasanya disana ada! 
Ikan Kecil

Ikan kecil juga sangat membantu gerak aktifnya ikan arwana, tapi disarankan untuk dijadikan selingan saja.

Kelabang
Memiliki kandungan yang sama dengan kandungan yang dimiliki oleh jangkrik, menjadikan kelabang sebagai nutrisi yang mengandung betacarotene.
Namun ada perbedaan yang harus readers waspadai adalah jika jangkrik bisa dijadikan makanan pokok, maka kelabang tidak bisa dijadikan makanan sehari-hari ya . Karena jika terlalu sering, akan mengakibatkan kecanduan bagi arwana dan tidak ingin memakan makanan lain.Selain itu, kelabang juga terbilang makanan mahal dalam dunia arwana. Maka jadikan saja makanan selingan saja.

Ikan arwana termasuk ikan mewah nih readers jadi tempat pemeliharaannya pun terbilang mahal juga ya , biasanya arwana dimasukan kedalam akuarium dengan komponen yang tentu harus di perhatikan ya readers . beberapa komponen diantaranya penataan suhu dan ruang , selalu menjaga PH air agar tetap stabil ,dan selalu membersihkan air yang berada di dalam aquarium , pastikan ikan selalu mendapatkan ruang yang cukup .