Kumpulan Racikan Umpan Ikan Bawal Paling Jitu, Ampuh, dan Mudah Dibuat Terbaru 2021

Hayo siapa disini yang tau dengan ikan bawal ? itu loh ikan yang bentuk tubuhnya hampir dengan ikan piranha . ikan bawal juga termasuk salah satu ikan ter-favorit masyarakat indonesia loh . nah mungkin ada sebagian dari readers bahkan masih asing dengan ikan ini ya . ya udah , tidak ada salahnya kalau readers mengenal ikan bawal ini lebih dekat , yuk simak .
umpan ikan bawal

Ikan bawal bukan termasuk ikan lokal indonesia ya , melainkan ikan ini merupakan “penduduk” asli dibeberapa negara Amerika Selatan , diantaranya adalah Venezuella, Colombia, Peru, Ekuador, Brazil, dan Argentina. Tidak hanya di temukan sepanjang sungai Amazon, ikan bawal ternyata juga dapat dijumpai di berbagai anak-anak sungai Amazon dan lembah sungai Orinoco, serta daerah aliran sungai Rio de La Plata . ikan bawal ini termasuk ikan air tawar ya readers . Ikan bawal sendiri masuk ke indonesia pada era 1986 yang di impor langsung dari brazil oleh sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang usaha bubidaya ikan konsumsi di tenggerang banten , semula ikan ini akan di jadikan sebagai ikan hias di dalam akuarium  , namun karena perkembangnya yang cepat maka ikan bawal akhirnya dijadikan salah satu ikan konsumsi .

Ikan bawal pun punya tubuh yang membulat dengan perbandingan antara panjang dan tingginya 2:1 sama persis seperti ikan piranha . Bahkan berat badannya bisa mencapai 1 kg dari berat tebar seberat 100 gram, dalam kurun waktu hanya tiga bulan saja .  Ditambah dengan Warna tubuh bagian atasnya abu-abu gelap, sedangkan bagian bawahnya berwarna merah disekitar sirip dada dan sirip perut.  Kepala ikan bawal berukuran kecil dengan bibir bawah lebih tebal dari bibir atasnya. Ikan bawal ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi loh readers dan di dukung oleh omega 3 serta omega 6 AA.  Karena kandungan kalori dan karbohidratnya rendah, maka ikan ini cocok untuk readers yang sedang menjalani program diet.Nah karena Kandungan proteinnya yang tinggi, akan sangat baik jika ikan bawal disajikan untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.  Protein tinggi akan membantu pertumbuhan anak dan merangsang otak agar lebih peka . dan hasil yang paling mencengangkan adalah bahwa ikan bawal ini bersifat karnivora , atau biasa di kenal pemakan daging sampai pemakan sesamanya . 

Nah , meskipun memiliki ciri fisik dan sifat yang sangat mengerikan , tapi jangan salah ya readers bahwa daging ikan bawal ini sangat enak . tekstur dagingnya hampir mirip dengan ikan grame . wah gurame versi mengerikan ya readers hehe . untuk “ kehidupan sosial” ny sendiri , ikan bawal tentu ampir mirip dengan prinsip ikan piranha , yakni hidup secara bergerombol ya readers. Ikan bawal sendiri terbagi menjadi 2 habitat yakni bawal air tawar dan bawal air laut tuh . ah untuk lebih jelas yuk kita cari tau bersama – sama apa saja sih yang membedakan jenis ikan bawal tersebut , check this out :
1. Ikan Bawal Hitam
Readers , ikan Bawal hitam adalah nama lokal ya . untuk nama kerennya ikan ini dipanggil dengan black pomfret, dan nama latinya adalah stromateus niger. Yang Pada umumnya jenis bawal hitam ini ada pada dasar perairan yang berlumpur, terutama didaerah muara sungai .Daerah sebarnya ada di seluruh perairan Indonesia, terutama laut Jawa, Selat Malaka, sepanjang perairan Kalimantan, Sulawesi Selatan, Laut Arafuru menuju ke utara sampai Teluk Bengal, Teluk Siam, sepanjang laut Cina Selatan, dan Filipina.
2. Ikan Bawal Putih
Ikan Bawal putih juga termasuk nama lokal nih , atau biasa juga disebut dengan kuyli paser putih. Sementara, nama kerennya adalah silver pomfret. Di sambung dengan Nama latin bawal putih adalah pampus argenteus.Daerah sebarnya di perairan pantai, payau, bahkan dapat hidup di perairan tawar. Hidup di perairan yang keadaan dasarnya berlumpur, sampai kedalaman 100 meter dan cenderung berada pada kedalaman 15-25 meter.
3. Ikan Bawal Air Tawar
Bawal air tawar pun termasuk nama lokal. Nama internasionalnya adalah red bally pacu, dan nama latinya Colossoma macropomum. Nah ikan ini yang sedang kita bahas ya readers . Untuk daerah sebarnya terdapat di Brazil dan Venezuela. Hidup bergerombol di aliran sungai yang deras, tetapi juga bisa ditemukan di daerah yang alirannya tenang.
4. Ikan Bawal Bintang
Bawal bintang adalah nama lokalnya . Nama latinya adalah trachinotus blochii, dan daerah sebarnya atau habitat alaminya pada air laut murni. Namun ikan ini juga dapat hidup di air payau . Tempat yang disukai daerah berkarang. Dan saat juvenile hidup di muara sungai dengan dasar berpasir atau pasir berlumpur. Penyebarannya di daerah pasifik, samudera hindia, kepulauan di Jepang dan wilayah China dan kemungkinan besar bisa sampai Australia.

Racikan Umpan Ikan Bawal

So , sudah sedikit kenal kan dengan ikan yang satu ini ? dari berbagai banyak hal yang kita bahas di atas , sekarang kita akan masuk ke point penting nih yakni umpan untuk ikan bawal . jika readers berniat memancing ikan ini di sungai maupun di kolam yang harus readers ketahui adalah ikan bawal sendiri memiliki nafsu makan yang hampir sama dengan ikan piranha pada umumnya , yakni RAKUS . bahkan tidak jarang readers akan menemui kasus dimana ikan bawal sering memutuskan benang para pemancing . Nah berikut adalah beberapa umpan untuk memancing ikan bawal yang dapat readers buat sendiri dirumah secara mudah , apa saja ya check this out :

Umpan Ikan Bawal 1

Bahan-bahan :
1 butirTelur Bebek.
Susu Dancow Bubuk.
5 bh Tahu putih
Cara Pembuatan :
Siapkan tahu putih yang masih baru, lalu kupas kulit luarnya sekitar 5 buah atau lebih, tumbuk hingga halus, lalu campurkan kuning telur bebek dan susu dancow bubuk sebanyak 200g. Setelah semua bahan tercampur rata , masukan ke plastik yang tebal.Tutup rapat dan ikat yang kuat dengan karet, lalu disimpan selama 3 hari agar terjadi fermentasi total. Umpan siap digunakan .

Umpan Ikan Bawal 2

Bahan-bahan :
3 tetes essen tuna.
1 bungkus pelet kero-kero.
6 tetes essen nangka.
Air panas secukupnya
Cara membuatnya :
Pelet kero-kero ditaruh kedalam kantong plastik.Masukkan essen nangka dan tuna secara bersamaan kedalam kantung plastik tadi dengan air panas secukupnya.Aduk hingga merata dan membentuk sebuah adonan.Umpan siap digunakan .

Umpan Ikan Bawal 3

Bahan-bahan :
3 sendok munjung sagu halus.
Pasta Pisang ambon cap kupu 60 ml.
Essence strawbery 5 tetes.
Essence durian 5 tetes.
Essence jagung bakar 10 tetes.
Choya bandung 30 ml.
Essence Daging 2 tetes.
Cara Pembuatan :
Masak sagu hingga menjadi cenil.Masukkan semua essen berserta pastanya.Biarkan semua bahan sampai meresap dulu dengan baik.Umpan siap digunakan.

Umpan Ikan Bawal 4

Bahan-bahan :
Telur ayam 1 butir.
Kelapa setengah tua 1 buah.
Cara Pembuatan :
Bakar kelapa hingga keluar aromanya dan namun jangan sampai gosong.Potong kelapa menjadi 2 bagian, 1 bagian ¼ dari bulatan kelapa dan 1 bagian ¾ dari bulatan kelapa.Bagian ¾ kelapa tadi lalu diparut kemudian disangrai tanpa minyak.Campur hasil sangrai tadi dengan telur ayam agar kenyal.Untuk bagian ¼ kelapa dipotong kecil.Kaitkan irisan yang dipotong dadu.Lalu campurkan dengan kelapa yang disangrai tadi sebelum dicemplungkan kedalam air.Umpan siap digunakan

Umpan Ikan Bawal 5

Bahan-bahan :
Essen pandan  ½  sendok teh.
Essen jagung bakar 1 sendok teh.
3 sendok munjung sagu halus.
Essen kurma 1 sendok teh.
Pellet secukupnya.
Air secukupnya.
Cara Pembuatan :
Masak sagu dengan ditambahkan sedikit air sampai menjadi agak kenyal dan agak keras.Kemudian campurkan dengan semua essen yang sudah disebutkan diatas.Ketika hendak digunakan sebagai umpan campurkan sedikit pelet.Umpan siap digunakan

Umpan Ikan Bawal  6

Bahan-bahan :
1 kuning telur bebek.
5-7 tetes essen Durian.
1 bungkus pelet.
5-7 tetes essen Strawberry.
Air panas secukupnya.
Cara Pembuatan :
Taruh pelet kedalam kantong plastik. Masukkan kuning telur bebek dan semua essen kedalam kantong plastik tersebut. Kemudian beri air panas secukupnya, aduk semua bahan dikatong plastik tadi hingga merata dan berubah menjadi adonan. Umpan siap digunakan.

Umpan Ikan Bawal 7

Bahan-bahan:
Minyak ikan 1 butir.
Minyak vco 3 sendok makan.
1 bungkus pelet kiki riri.
1/2 kg pelet 781 yang telah ditumbuh dan dihaluskan.
Essen tenggiri 2 tetes.
Air panas secukupnya.
Cara Pembuatan :
Taruh pelet 781 bersama dengan pelet kiki riri dalam kantong plastik. Masukkan essen tenggiri, minyak ikan beserta minyak vco.  Tambahkan sedikit air panas dan aduk hingga merata sampai menjadi adonan. Umpan siap digunakan untuk memancing ni readers.

Umpan Ikan Bawal 8

Bahan-bahan :
5-7 tetes essen tenggiri.
3 kg pucung (usahakan yang berwarna hitam dan masih basah)
Cara Pembuatan :
Ambil seluruh sisi pucung dan Kukus isi tersebut selama 15 menit.Lalu Peras isi pucung tersebut sampai tidak mengeluarkan minyak.Kemudian jemur hingga setengah kering.Hancurkan isi pucung tersebut dan campurkan dengan essen tenggiri.Aduk isi pucung beserta essen tenggiri tersebut hingga menjadi adonan.Umpan siap digunakan.

Umpan Ikan Bawal 9

Bahan-bahan :
Santan kara 1 bungkus.
Snack Ring 3 buah.
Nasi hangat 3 centok.
Air panas secukupnya.
Cara Pembuatan :
Taruh nasi hangat pada suatu wadah dan hancurkan hingga menjadi halus.
Hancurkan juga snack ring hingga benar-benar halus.Kemudian campurkan nasi yang sudah halus dengan snack ring yang sudah halus tadi.Lalu masukkan santan kara 1 bungkus tadi kedalam campuran tersebut.Aduk semua bahan tadi hingga rata sampai membentuk sebuah adonan. Jika terlalu keras maka tambahkan sedikit air panas.Umpan siap digunakan.

Umpan Ikan Bawal 10

Bahan-bahan :
Keju secukupnya..
Cacing kalung seperlunya saja.
Cara Pembuatan :
Haluskan keju dan rendam cacing kalung didalamnya beberapa saat.Umpan siap digunakan.

Umpan Ikan Bawal 11

Bahan-bahan :
Sirup rozen.
Essen jagung bakar 5-7 tetes.
Saus tiram.
3 sendok munjung sagu halus.
Sirup Lecie.
Cara Pembuatan :
Taruh sagu pada sebuah wadah plastik.Masukkan 5-7 tetes essen jagung bakar, rozen, saus tiram dan sirup lecie . Aduk semua bahan hingga menjadi sebuah adonan.Umpan siap digunakan.

Umpan Ikan Bawal 12

Bahan-bahan :
2 butir kuning telur bebek.
Susu bubuk Dancow 1 sachet.
Essen tenggiri.
Air panas secukupnya.
Cara Pembuatan :
Taruh susu bubuk kedalam wadah plastik.Kemudian campurkan 2 butir kuning telur.Lalu tambahkan essen tenggiri beserta dengan air panas secukupnya.Aduk hingga merata dan membentuk sebuah adonan.

Umpan Ikan Bawal 13

Bahan-bahan :
Adonan martabak manis (bisa readers beli pada penjual martabak manis).
Pelet 2 sendok.
Cara  Pembuatan :
Masukkan adonan martabak manis kedalam kantong plastik berukuran 1 kg.Kemudian masukkan juga pelet sebanyak 2 sendok makan dan aduk hingga merata lalu kukus sampai matang.Umpan siap digunakan.

Umpan Ikan Bawal Paling Jitu di Empang Terbaru 14

Bahan-bahan :
30 ekor jangkrik (sesuai keinginan)
Pelet cam Djempol 1 bungkus.
Essen melati secukupnya.
Pelet cap 313  ½  bungkus.
Air panas secukupnya.
Cara Pembuatan :
Campurkan kedua jenis pelet kedalam wadah plastik dan aduk sampai merata.Jangkrik dihaluskan dengan cara diblender.Kemudian masukkan jangkrik yang sudah dihaluskan kedalam campuran pelet dalam plastik tadi.Berikan essen melati 5-7 tetes dan air panas secukupnya.Aduk sampai merata dan membentuk adonan.Umpan siap digunakan.

Nah dari sekian banyak umpan yang di siapkan , tentu saja readers sudah memilih umpan yang mana yang akan readers gunakan ketika memancing ikan bawal ini . termasuk unik ya membuat umpan ikan ini , karena bisa menggunakan susu bubuk sebagai pelengkap umpan , hehe . Adapun tehnik memancing ikan bawal ini tidak sembarang ya readers harus dengan perlengkapan yang pas karena mengingat kekuatan ikan bawal ketika terkena kail pancing sangat kuat untuk meloloskan diri , yuk intip tehnik nya :
Yang pertama yang harus di perhatikan adalah kondisi permukaan air kolam sebelum memulai casting nih readers , apabila ditemukan banyak tenggakan ikan berarti banyak ikan yang berenang di permukaan air dan readers pun bisa menggunakan umpan lure jenis floating atau agak shallow.
Gunakan umpan lure, minnow atau spoon berukuran 3 hingga 7 cm, jangan ragu untuk mempunyai berbagai banyak macam jenis corak warna lure yang bisa digunakan untuk menarik perhatian ikan.
Ketika readers ingin menggunakan teknik mancing dengan metode casting, cukup membutuhkan piranti mancing kelas ringan ya yang dapat disesuaikan dengan area mancingnya, joran yang digunakan cukup menggunakan tipe joran yang berkekuatan 17 hingga 21 lbs dengan panjang joran 175 atau 190 cm.
Padukan reel yang berukuran 1000 atau 2000 dengan tali senar, cukup jenis monofilamen berkekuatan 10 – 16 lbs yang readers bisa gunakan di ujung senar dengan ukuran hingga 20 lbs demi menahan gigitan tajam serta perlawanan sengit dengan ikan bawal.
Kemudian lempar umpan buatan ke spot dimana diperkirakan adanya ikan bawal atau bisa juga melewati area spot namun sesuaikan dengan kondisi kolam pemancingan, namun readers pemula, lemparlah umpan ke titik yang tak terlalu jauh dan memungkinkan disitu titik ikan itu bisa mencium aroma pelek readers.
Pada saat umpan masuk ke dalam air, gunakan cara me-retrieve senar, jika readers menggunakan umpan buatan jenis lure atau minnow, putar atau gulung senar secara perlahan agar gerakan umpan terlihat seperti sungguhan dan bisa menarik perhatian ikan sasaran.
Konsentrasikan pada pegangan piranti para mania agar apabila terjadi sambaran umpan piranti tersebut tidak terlepas atau bahkan masuk ke dalam kolam.
Bawal yang terkail sempurna akan berusaha melepaskan diri berontak dengan kekuatannya yang pada saat itulah para mania menikmati perlawanan dengan ikan yang terpancing.
Atur drag pada ril agar tidak dalam kondisi terlalu kendur sehingga ikan tidak dengan mudah membawa lari umpan dengan uluran senar panjang yang malahan bisa membuat sangkutan disana-sini.