Harga Terbaru Lobster Air Laut dan Air Tawar Hari Ini Lokal dan Ekspor September 2022

Cek Harga Lobster Terbaru Hari ini. Harga Lobster Terbaru 2022,lobster air laut, dan lobster air tawar.
Harga Terbaru Lobster Air Laut dan Air Tawar
Harga Terbaru Lobster Air Laut dan Air Tawar


Seafood emang menjadi makanan yang paling menggiurkan ya readers . terutama untuk readers yang hidup diwilayah pesisir pasti tidak akan bosan-bosan ya untuk mengkonsumsi seafood ini . selain rasanya yang lezat seafood pun memiliki banyak mengandung manfaat loh untuk tubuh . untuk berbagai negara di belahan dunia , seafood bahkan menjadi hidangan khas ni misalnya saja Bouillabaisse yang berasal dari prancis ( makanan yang terbuat dari kerang-kerangan ) , sushi yang berasal dari jepang ( biasanya menggunakan ikan tuna sebagai makanan favorit ) ketam cili yang berasal dari negara tetangga yakni singapura ( menu utamanya adala kepiting besar ) dan tentunya masih banyak lagi menu seafood yang beredar di seluruh dunia . salah satu hasil laut yang sering diburu karena kelezatan dagingnya adalah lobster ya . dibakar maupun di masak dengan berbagai bumbu tentu sangat menggoda iman nih . nah unutk readers sang pencinta lobster ada beberapa info menarik nih tentang lobster , apa saja ya ? yuk ikuti , check this out :
Bagi yang masih belum tau apa itu lobster , nih di kasih tau ya . Lobster adalah salah satu  hewan laut laut yang bentuk badannya menyerupai udang namun badannya lebih besar , cenderung hidup di area berbatuan / karang , berlumpur dan berpasir . lobster memiliki capit seperti kepiting di ke 2 “tangannya” ,  namun ada juga lobster yang tidak memiliki capit diantara tangannya ya readers . menurut sejarahnya nih , dahulu kala di abad ke-19 lobster merupakan makanan untuk orang-orang miskin di Maine, Massachusetts, dan penduduk pinggir pantai Kanada. Namun dengan perkembangan waktu lobster kini merangkak naik menjadi makanan yang cukup bergengsi di dunia perkulineran . hidup di karang-karang dengan kedalaman 10-15 m , menjadikan lobster lumayan mahal di pasaran . tekstur daging yang manis dan tebal menjadikan lobster sebagai salah satu hidangan seafood tervaforit di dunia , wihh manttap nih . 

Lalu mari kita lanjut dengan Karakteristik para lobster nih reader .nah Jenis kelamin lobster dapat ditemukan di antara kakinya ya .  jika Alat kelamin pada lobster jantan terletak diantara kaki jalan kelima berbentuk lancip dan menonjol keluar maka berbeda dengan alat kelamin betina pada lobster yang terletak diantara kaki jalan ketiga berbentuk dua lancipan nih .
Selain itu ternyata Lobster merupakan nokturnal nih readers ,ada yang tau apa itu nokturnal ? nokturnal adalah hewan yang melakukan aktivitasnya pada malam hari. Dan di siang hari lobster akan tidur dan bersembunyi di antara bebatuan karang , wah hampir mirip dengan kelelawar ya readers . kenudian hal unik yang bisa Lobster lakukan ialah lobster dapat berganti kulit atau moulting layaknya hewan berkarapas lainnya. Nah, Proses pergantian kulit ini biasanya terjadi pada saat fase pertumbuhan dan pertambahan berat pada tubuhnya. Pada saat moulting ini, lobster sendiri akan melakukannya di tempat persembunyian tanpa makan dan tidur loh . Proses ini biasanya bahkan akan berlangsung selama 1-2 minggu.

Karena Pakan yang disukai lobster berupa berbagai jenis kepiting, moluska, dan ikan. Maka Pada saat mereka kekurangan pakan, mereka dapat memangsa sesamanya nih atau bersifat kanibalisme. Kemungkinan akan memakan lobster yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya .

Jenis-jenis Lobster

Lobster Air Tawar

Ada banyak jenis lobster yang tersebar di seluruh perairan dunia nih readers , baik air tawar maupun air asin ya . dan lobster air tawar pun dibagi menjadi 2 ni yakni lobster air tawar hias dan lobster air tawar konsumsi,nah  untuk mengetahui lebih jelas , silahkan readers simak beberapa penjelasan tentang jenis lobster yang hidup di air tawar maupun di air asin berikut ini ya :

1. Rainbow Papua Lobster

Namanya cukup unik nih readers yakni Rainbow Papua lobster . rainbow papua lobster sediri adalah lobster air tawar atau crayfish dari Indonesia ini dinyatakan sebagai spesies baru dan langsung menjadi salah satu lobster tercantik di dunia nih , lobster air tawar ini sedikit berbeda dengan Cherax boesemani karena punya ukuran lebih kecil (sekitar 12 cm) dan warna tubuh serta capit yang dominan biru dan sedikit keunguan . lobster ini termasuk lobster hias ya readers .

2. Dark Rainbow Lobster

Nama lain dari lobster atau Cherax boesemani adalah Red Brick Krebs, Red Chili Hummer, dapat hidup Temperatur: 15 bis 26°C PH : 6,5 bis 7,5 . sama seperti rainbow papua lobster, lobster yang satu ini juga hidup di perairan tawar Papua dan masi berkerabat dekat dengan Zebra Lobster ya .

3. White Lobster

Lanjut ke deretan lobster selanjutnya nih , ada lobster imut yang bernama white lobster , nama lainnya adalah procambarus clarkii white. Lobster ini merupakan Jenis lobster yang memiliki warna putih pada pada keseluruhan tubuhnya .

4. Blue Hammer lobster

Nama lain blue pearl lobster adalah procambarus clarkii blue , sama seperti namanya ya hampir keseluruhan badan hingga capit lobster ini berwarna biru cerah dan sedikit corak bintik-bintik biru tua di seluruh badannya .

5. Brown Lobster

Nama lain brown lobster adalah procambarus clarkii brown. Jenis lobster ini biasanya hasil persilangan dari putih dan red ingga menghasilkan warna lobster yang cenderung berwarna coklat kemerah-merahan .

6. Red claw lobster

Diurutan selanjutny ada lobster dengan Nama lain Cherax quadricariinatus var. Nah ini adala jenis yang paling banyak di budidayakan di Indonesia ya readers, jenis ini biasa digunakan untuk konsumsi. warna kuning kemerahan pada capit yang menjadi nama unik dari lobster ini.

7. Red Lobster

red neon lobster, red marlboro dan procambarus clarkii adalah sebagian lain nama dari lobster yang satu ini . warna yang mencolok yakni merah dengan sedikit keorenan menjadi Jenis yang paling kuat dan mudah untuk dibudidayakan ya . terlebih jika dibudidayakan di iklim tropis.

8. Dark blue Yabby  lobster

Nama lain dark blue lobster adalah cherax sp yabby . sebenarnya habitat aslinya berada di bagian barat Australia, untuk jenis yabby sendiri memiliki warna tubuh biru gelap, dan saat ukuran mencapai 5 inchi warnanya lama kelamaan akan bertambah biru dan memudar menjadi kehitaman .

9. Australia blue losbter

Di lirik dari namanya saja sudah pasti tau dong lobster ini berasal dari mana ? ya , ini adalah jenis lobster asli dari autralia loh , dengan warna biru full hanya dapat dilakukan dari jenis baru yang sudah melakukan persilangan selektif. Untuk Nama lain australia blue lobster adalah Cherax sp, banyak orang yang keliru dalam membedakan antara jenis lobster ini dan jenis lobster Blue Yabby, padahal jenisnya berbeda loh . jadi jangan sampai salah nama ya readers .

10. Red Ghost Losbter

Namanya sedikit menyeramkan ya readers , eit tapi jangan terkecoh dengan namanya itu , sebab red ghost lobster ini memiliki ciri khas yang sangat unik loh , yakni ia memiliki capit berwarna merah kecoklatan , kepala berwarna biru tua hingga ke punggung cangkang nya . na Nama Lain Red Ghost Losbter adalah Procambarus Clarkii Var .

11. Black lobster

Mengapa namanya demikian , karna keseluruhan warna pada lobster ini berwarna hitam namun tidak terlalu pekat ya readers dan Nama lain black lobster sendiri adalah cherax plebejur .

12. Zebra lobster

Meskipun namanya “ zebra “ bukan berarti lobster ini berwarna hitam putih layaknya hewan zebra ya readers . masih saudara dekat dengan dengan cherax boesemani, yang jenis ini ada di daerah papua dan Nama lain zebra lobster adalah Cherax sp zebra .

13. Orange lobster

Sepertinya nama lobster itu diidentikan dengan warna tubuhnya ya readers , salah satunya adalah orange lobster ini . lobster yang satu ini berwarna oranye namun sedikit gelap , nah Nama lain Orange lobster adalah cherax sp orange .

14. Orange 2 lobster

Sama seperti jenis lobster yang tadi namun warna lobster ini lebih terang dan menyala . Nama lain Orange lobster adalah cherax sp orange var 

15. Dark blue yellow tail lobster

Nah kalau ini warnanya juga sedikit unik nih readers , lobster dark blue yellow tail lobster ini memiliki warna yang sedikit tampak seperti warna hijau lumut , kaki nya berwarna biru tua dan ekor berwarna kuning terang , dan Nama lain Dark blue yellow tail lobster adalah cherax sp dark .

16. white spotted lobster

Lobster ini secara keseluruhan berwarna putih namun tidak terlalu cerah ya, Nama lain white spotted lobster adalah cherax sp .

17. Purple lobster

Meskipun namanya purple lobster , namun warna ungu itu hanya ada di punggung lobsternya ya , tidak penuh menutupi badannya . Nama lain Purple lobster adalah cherax sp.

18. Mexican drarf lobster

Mempunyai perawakan seperti udang , karena tubuh nya yang sedikit kecil dan berwarna oranye berbintik . Nama lain Mexican drarf lobster adalah cambarellus patzcuarensis

19. Electrix blue marron

Nama lain Electrix blue marron adalah cherax tenuimanus . nah jika dilihat dengan seksama Jenis marron ini memiliki warna tubuh biru keunguan dan ada pula cokelat tua keunguan. Jenis lobster ini hidup  pada kisaran suhu air 11-30˚C dengan Ph 6-8.

20. Violet lobster

Ujung capit violet lobster ini berwarna sedikit keunguan dan tubuhnya full berwarna “ violet “ dan Nama lain Violet lobster adalah cherax sp

21. Astacopsis Gouldi lobster

Nama lainnya adalah tazmania giant freshwater lobster . nah Warna tubuhnya berupa cokelat kehitam-hitaman nih terutama pada bagian badan, kepala, dan capit. Dari beberapa jenis lobster air tawar yang sudah di jelaskan tadi , jenis  lobster inilah yang paling besar.  astacopsis gouldi tak bisa dibudidayakan di Indonesia karena membutuhkan suhu air di bawah 20˚C.

Lobster Air Laut

Nah masih dari penjabaran di atas ternyata untuk lobster air tawar saja mempunyai banyak jenis ya readers , sekarang mari kita beralih ke lobster air asin , ada berapa banyak ya ? langung saja check this out ya :

1. Panulirus Homarus

Untuk Spesies Panulirus homarus atau scapolled spiny lobster/spny lobster atau di indonesia sering disebut dengan lobster batu ini memiliki ciri punggung berwarna kebiru-biruan, kehijau-hijauan atau cokelat kemerah-merahan ya readers, dan tak lupa terdapat bintik-bintik besar dan kecil berwarna kuning terang. Lau Pada bagian badan lobster ini terdapat garis kuning, melintang pada bagian sisi belakang segmen abdomen. Dan juga terdapat bercak-bercak pada bagian kaki lobster tersebut .

2. Panulirus Peniculatus

Diurutan kedua ada lobster laut dengan nama Panulirus Peniculatus atau pronghorn spiny/spiny lobster atau mempunyai ciri bentuk tubuh yang berwarna hijau tua atau hijau-kehitaman dengan sapuan warna coklat melintang . untuk Lobster jantan biasanya berwarna lebih gelap dari lobster betina. Spesies ini tidak terlalu sulit untuk ditemukan karena habitatnya berada di perairan karang yang tidak jauh dari pantai.

3. Panulirus Longipes

Spesies Panulirus Longipes atau long legged spiny mempunyai warna tubuh merah kecoklatan terang, merah kecoklatan gelap, atau kemerahan. Tak lupa Terdapat “ lukisan “ bintik-bintik putih dan setiap ruas kaki bergari-garis coklat atau kekuning-kuningan memanjang untuk menghiasi tubuhnya . Spesies ini diperkirakan memiliki dua varietas, yaitu Panulirus Longipes femoritiga dan Panulirus Longipes longipes.

4. Panulirus Polyphagus

Panulirus Polyphagus atau biasa dikenal dengan mud spiny dan di indonesia disebut juga dengan lobster pakistan ini memiliki  bentuk badan berwarna coklat lalu diSetiap ujung ruas tubuhnya terdapat guratan berbentuk pipa berwarna putih dan coklat gelap.

5. Panulirus Versicolor

Panulirus Versicolor  atau painted spiny di indonesia disebut dengan lobster bambu ini saat masih muda mempunyai ciri bentuk tubuh yang berwarna kebiru-biruan atau keungu-unguan. Namun ketika lobster dewasa bertransformasi menjadi warna hijau terang dengan sapuan warna merah, terutama pada bagian punggung. dibagian kepala berwarna kehitam-hitaman dengan bercak-bercak putih tersebar pada cangkang kepala. Pada setiap ujung segmen terdapat guratan berbentuk pipa hitam dengan garis putih di bagian tengahnya. Antena berwarna coklat muda kekuning-kuningan. Pada kaki didominasi oleh warna putih.

6. Panulirus Ornatus

Dan yang terakhir ada Spesies Panulirus Ornatus atau ornate spiny yang mempunyai tubuh berwarna hijau berbelang-belang kuning. Pada bagian abdomen terdapat bintik berwarna kuning.

Harga Lobster Terbaru 2022

Harga Lobster Air Tawar

Nah itu baru sebagian kecil lobster yang hidup di air laut ya readers , nah banyak jenis dari lobster air tawar, salah satu jenis lobster air tawar konsumsi adalah lobster claw. Jenis lobster air tawar ini memiliki rasa daging yang enak dan harga yang lebih murah. Untuk harga lobster air tawar per kg jenis ini dijual seharga Rp 100.000 per kg. untuk jenis lobster air tawar hias yang banyak dipelihara untuk mempercantik aquarium dan memiliki harga mahal adalah lobster yubby. Harga lobster per ekor jenis ini bisa dibandrol seharga Rp 200.000 loh untuk ukuran dewasa. Nah untuk yang ingin tau harga lobster nya . Berikut daftar harga lobster air tawar konsumsi.

Daftar Harga Lobster Air Tawar Berbagai Ukuran
Ukuran Lobster Air Tawar
Harga/Kg
Lobster Air Tawar Isi 5-9
Rp 220.000
Lobster Air Tawar Isi 10-14
Rp 180.000
Lobster Air Tawar Isi 15-19
Rp 160.000
Lobster Air Tawar Isi 20-24
Rp 140.000
Lobster Air Tawar Isi 25-29
Rp 120.000
Lobster Air Tawar Isi 30-35
Rp 100.000

Harga Lobster Mutiara Per Kg Terbaru 2022

Nah untuk harga lobster jenis ini tergantung berat, jenis, dan ukurannya readers . Ada banyak jenis dari lobster air laut, dan yang paling banyak dicari dan memiliki harga jual tinggi adalah jenis lobster mutiara. Mengapa harganya bisa menjadi mahal ? karena jenis lobster ini memiliki ukuran sangat besar dan rasa dagingnya yang lebih enak. Harga lobster mutiara akan lebih mahal jika masih dalam keadan hidup dan segar. Berikut daftar harga lobster mutiara per kg dan berbagai ukurannya.

Harga Lobster Mutiara Berbagai Ukuran
Ukuran Lobster Mutiara
Harga/Ekor
Lobster Mutiara 200-300 gr
Rp 620.000
Lobster Mutiara 300-500 gr
Rp 750.000
Lobster Mutiara 500-600 gr
Rp 900.000
Lobster Mutiara 1.000 gr
Rp 1.200.000
Lobster Mutiara Hidup 2 kg
Rp 1.800.000

Harga Lobster Air Laut Berbagai Jenis

Jika readers tidak berminat dengan lobster mutiara untuk di konsumsi, masih banyak kok jenis lobster lainnya yang tidak kalah enak dan memiliki harga lumayan mahal, dan salah satunya jenis lobster bambu nih . Harga lobster bambu pun sekarang ini berkisar Rp 180.000 per kg. Untuk harga lobster bambu juga akan lebih mahal jika masih dalam keaadan hidup. Berikut daftar harga lobster air laut berbagai jenis per kg.

Daftar Harga Lobster Laut Semua Jenis Size 500 gr
Ukuran Lobster Mutiara
Harga/Kg
Lobster Mutiara
Rp 900.000
Lobster Bambu
Rp 750.000
Lobster Batik
Rp 800.000
Lobster Batu
Rp 650.000
Lobster Pakistan
Rp 680.00
Lobster Pasir
Rp 700.000

Lobster lebih enak jika diolah ketika masih hidup ya readers karena ketika masih hidup rasa lobsterpun cenderung sedikit manis dan lebih kenyal berbeda dengan lobster yang sudah mati apa lagi sampai di bekukan ya readers , pasti cita rasa khas dari lobster sendiri sudah pudar dan tidak senikmat ketika masih hidup , tapi itu semua tergantung sama readers ya lebih suka mengolah lobster yang masih hidup maupun lobster yang sudah mati / beku . Nah karena lobster ini merupakan salah satu seafood dengan hasil yang sangat menjanjikan , ternyata sudah banyak loh perusahaan-perusahaan berskala kecil , menengah , hingga besar yang menggeluti bisnis ini . beberapa perusahaan yang menggeluti bisnis ini antara lain :

1. MALANG LOBSTER AIR TAWAR

Malang lobster air tawar merupakan perusaaan perorangan yang menyediakan berbagai jenis lobster air tawar baik hias ataupun konsumsi nih readers , disini tersedia juga bibit dan indukan . pemesanan lobster air tawar minimal 1 set nih ( 5 betina dan 3 jantan ). bisa mengirim luar daerah ataupun pulau juga . jika readers tertarik pemesanan bisa melalui email, sms ataupun menghubungi :
Frisca Prasetyo Wibowo ( selaku direktur )
alamat  : Jl. Sidomakmur – Komplek Sengkaling Regency B-5 Dau – Malang – JATIM 
Phone   : +628563523258 or +6281331776959 
email    : Frisca_prasetyo@yahoo.com

Rahatya Wedha 
Alamat    :Jl. Kaktus No.2 Malang – JATIM 
Phone    : +628563642199

Pembayaran dilakukan via transfer pada rekening nih readers dan Untuk pengiriman dalam pulau jawa dikenakan biaya Rp.100.000/sterofom sedangkan luar pulau jawa Rp. 200.000/sterofom/10Kg

2. PT Hikmah Utama Mandiri

Direktur: Yani M.
Person: Yani M.
Karyawan: ± 2
Alamat: Asmara POMA UNPAD B-306, Jatinangor, Sumedang
Propinsi: Jawa Barat
Kode Pos: 45303
Ponsel / HP: (62-812) 2428032
Telepon: -
Faks: -
e-mail: hikmah_utama@yahoo.com
Website: http://www.indonetwork.co.id/hikmah_utama
Kategori Bisnis: Perikanan
Status Bisnis: Penjual
Indeks Komoditi: Lobster Air Tawar
Komoditi: Lobster Air Tawar (Red Claw, Cherax Zebra).
Range Harga: Rp 150.000,- s/d Rp 800.000,-
F O B: Jawa Barat
Pengemasan: Plastik Oksigen
Tipe Bisnis: Supplier
Berdiri Sejak: 2005
Rencana Bisnis: Masih eksis di Lobster Air Tawar.
Deskripsi: Merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan Lobster air tawar yang ada di Sumedang-Jawa Barat.

3. PT TWN Fresh Water Fish Farm

Direktur: Yanto Susanto
Person: Yanto Susanto (Direktur)
Karyawan: ± 2
Alamat: Komp. Jayaratu No. 32, Jl. Raya Hankam Pondok Gede, Bekasi
Propinsi: Jawa Barat
Kode Pos: 17411
Ponsel / HP: (62-812) 1001319
Telepon: (62-21) 93125308
Faks: -
e-mail: yanto_susanto@yahoo.com
Website: -
Kategori Bisnis: Perikanan
Status Bisnis: Penjual
Indeks Komoditi: Lobster Air Tawar
Komoditi: Lobster Air Tawar (Crayfish) segar dan hidup.
Range Harga: Rp 175.000,- s/d Rp 250.000,- /kg (12 ekor)
F O B: Jawa Barat
Pengemasan: Plastik
Tipe Bisnis: Produsen (Producer)
Berdiri Sejak: 2004
Deskripsi: Membeli induk komoditi dari Jakarta, kemudian diternakan dan dijual ke pasar lokal di Jakarta.