-->

Tarif Tol Trans Jawa Terbaru Januari 2022

Informasi lengkap tentang Tarif Tol trans jawa rute Jakarta- Merak- Cikampek -Palimanan-Cirebon -Pejagan- Brebes -Pemalang – Batang – Semarang – Ungaran – Boyolali – Solom – Jogja – Sragen – Ngawi – Madiun – Kertosono – Nganjuk – Mojokerto – Surabaya – Sidoarjo – Grati/ Probolinggo – Pasuruan. dan trans sumatera rute Bakauheni – Lampung – Palembang – Indralaya – Medan – Binjai – Tanjung morawa – Tebing tinggi - Padang

Konten [Tampil]
Informasi lengkap tentang Tarif Tol 2022 trans jawa rute Jakarta- Merak- Cikampek -Palimanan-Cirebon -Pejagan- Brebes -Pemalang – Batang – Semarang – Ungaran – Boyolali – Solom – Jogja – Sragen – Ngawi – Madiun – Kertosono – Nganjuk – Mojokerto – Surabaya – Sidoarjo – Grati/ Probolinggo – Pasuruan. dan trans sumatera rute Bakauheni – Lampung – Palembang – Indralaya – Medan – Binjai – Tanjung morawa – Tebing tinggi - Padang
Tarif Tol Trans Jawa
Tarif Tol Trans Jawa



Berlibur memang paling pas jika menjelajahi pulau jawa . pulau yang terkenal dengan menjunjung tinggi kearifan lokal ini sering kali menjadi sasaran wisatawan lokal maupun internasional ya , jadi tak heran jika terkadang di musim liburan pulau jawamenjadi semakin “ padat penduduk “ ya. Nah , jika readersakan berlibur ke pulau jawa, “ usahakan “ untuk tidak naik pesawat ya , cobalah untuk menggunakan mobil . ya meskipun perjalanan dari kota satu ke kota lain cukup jauh dan melelahkan , namun dijamin deh disepanjang rute yang readers lewati menyimpan keindahan yang tiada banding . namun jika readers ingin lebih cepat santai , maka ada kok solusinya , yakni dengan menggunakan tol trans jawa . pernah dengarkan dengan kata – kata “ jalan tol “ ? apa sih jalan tol itu?

Sebelum lanjut membahas tentang tol trans jawa, kita bahas dulu ya tentang pengertian jalan tol , simak penjabarannya berikut ini .
TOL adalah Tax On Location, tol biasa juga disebut dengan jalan yang bebas hambatan, yang berarti jika readers ingin lebih cepat mencapai tujuan bisa menggunakan jalan tol ya sebab jalan tol hanya dikhususkan untuk kendaraan roda 4 atau lebih (mobil, bus, truk), jadi motor tidak di perbolehkan masuk / mengakses jalan ini.

Namun sayang nya diIndonesia sendiri belum ada jalur bebas hambatan yang gratis , oleh sebab itu sebenarnya jalan bebas hambatan berbayar dinamakan dengan tollway atau toll road. Nah berbicara soal bebas hambatan ya , mengapa jalan tol disebut demikian ? sebab didalam jalan tol readers tidak akan menemui lampu lalu lintas dan persimpangan sehingga readers pun bisa “bebas” memacu mobil dengan kencang namun tetap dalam standar keamanan ya . Untuk pembayarannya sendiri , readers bisa menggunakan uang tunai atau dengan kartu kredit, dengan kartu pra-bayar, atau oleh sistem pengumpulan tol elektronik , transaksi pembayaran dilakukan saat readers akan memasuki gerbang tol ya .

Jenis Jalan Tol

Ada 3 variasi jalan tol yang sudah berkembang di dunia , seperti :

Jalan tol terbuka

Pada sistem tol terbuka, semua kendaraan akan berhenti di sejumlah lokasi di sepanjang jalan untuk membayar tol. Ya meskipun hal ini dapat menghemat uang dari kurangnya kebutuhan untuk membangun gerbang tol di setiap jalan keluar,namun kelakuan seperti ini dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas  sementara dan lalu lintas antrian di gerbang tol jalur-utama (hambatan tol). Hal ini juga memungkinkan pengendara untuk memasuki jalan tol terbuka setelah gerbang tol dan keluar sebelum gerbang tol yang berikutnya, sehingga pengendara dapat menggunakan jalan tol, walaupun tidak membayar. Tol ini terletak di Plaza tol Balintawak di Jalan Tol Luzon Utara di Caloocan, Filipina.

Jalan tol tertutup

Dalam sistem tertutup ini, kendaraan harus  mengambil tiket tol ketika akan memasuki jalan tersebut. Dan saat akan keluar, barulah pengemudi harus membayar jumlah yang tercantum untuk keluar. Jika tiket hilang, pengendara biasanya harus membayar jumlah maksimum yang mungkin untuk perjalanan di jalan raya itu. Dalam sebuah variasi dari sistem tol tertutup ini , hambatan arus utama akan mewarnai kedua ujung jalan tol, dan pertukaran masing-masing memiliki jalan tol yang dibayarkan pada saat keluar atau masuk. Selain itu, dengan kebanyakan sistem, pengendara hanya dapat membayar tol dengan uang tunai dan kartu debit dan kredit tidak diterima. Namun, beberapa jalan tol mungkin memiliki plaza perjalanan (drive thru) menyediakan mesin ATM sehingga pengendara dapat menghentikan dan menarik uang tunai untuk tol.

Jalan tol elektronik

Di indonesia , Gardu Tol Otomatis (GTO) di Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta, melayani pembayaran dengan kartu elektronik e-Toll Mandiri, BRIzzi BRI dan TapCash BNI.selama proses ini, tidak ada pengumpulan uang tunai yang dilakukan, tol biasanya dikumpulkan dengan menggunakan transponder yang dipasang pada kaca depan setiap kendaraan, yang terkait dengan rekening nasabah yang didebit untuk setiap penggunaan jalan tol. Dengan merancang pintu tol khusus untuk pengumpulan elektronik, adalah mungkin untuk menerapkan jalan tol terbuka, dimana pelanggan tidak perlu memperlambat laju kendarannya sama sekali saat melewati pintu tol.Penyebaran besar pertama dari sistem pengumpulan tol elektronik RFID di Amerika Serikat berada di Dallas North Tollway pada tahun 1989 oleh Amtech (lihat TollTag). Teknologi RFID Amtech yang digunakan di Dallas North Tollway pada awalnya dikembangkan di Sandia Labs untuk digunakan dalam penandaan dan pelacakan ternak. Pada tahun yang sama, sistem transponder RFID aktif Telepass diperkenalkan di seluruh Italia.

Tarif Tol Januari 2022

Bagi readers yang akan berlibur ke pulau jawa dan berencana menggunakan jalanol trans jawa sebagai pilihan , ada beberapa tarif tol trans jawa nih yang bisa membantu readers dalam menyiapkan uang untukmembayarnya nanti , simak ya :

Tarif Tol dari Merak 

Tujuan:
Cikampek: Rp 78.000
Palimanan: Rp 180.000
Cirebon/GT Ciperna: Rp 186.000
Pejagan: Rp 221.000
Brebes Timur: Rp 241.000
Pemalang: Rp 284.000
Batang: Rp 313.500
Semarang: Rp 365.500
Unggaran: Rp 373.000
Boyolali: Rp 422.000
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 431.000
Sragen: Rp 466.500
Ngawi: Rp 517.500
Madiun: Rp 541.500
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 585.000
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 649.500
Surabaya: Rp 637.500
Sidoarjo: Rp 645.500
Grati/Probolinggo Timur: Rp 687.500
Pasuruan: Rp 682.000

Tarif Tol dari Cikampek 

Tujuan:
Merak: Rp 78.000
Palimanan: Rp 117.000
Cirebon/GT Ciperna: Rp 123.000
Pejagan: Rp 158.000
Brebes Timur: Rp 178.000
Pemalang: Rp 221.000
Batang: Rp 250.500
Semarang: Rp 302.500
Unggaran: Rp 310.000
Boyolali: Rp 359.000
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 368.000
Sragen: Rp 403.500
Ngawi: Rp 454.500
Madiun: Rp 478.500
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 522.000
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 586.500
Surabaya: Rp 584.500
Sidoarjo: Rp 588.000
Grati/Probolinggo Timur: Rp 624.500
Pasuruan: Rp 619.000

Tarif Tol dari Palimanan 

Tujuan:
Merak: Rp 180.000
Cikampek: Rp 117.000
Cirebon/GT Ciperna: Rp 6.000
Pejagan: Rp 41.000
Brebes Timur: Rp 61.000
Pemalang: Rp 104.000
Batang: Rp 133.500
Semarang: Rp 185.500
Unggaran: Rp 193.000
Boyolali: Rp 242.000
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 251.000
Sragen: Rp 286.500
Ngawi: Rp 337.500
Madiun: Rp 361.500
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 405.000
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 469.500
Surabaya: Rp 467.500
Sidoarjo: Rp 471.000
Grati/Probolinggo Timur: Rp 507.500
Pasuruan: Rp 502.000

Tarif Tol dari Cirebon/GT Ciperna

Tujuan:
Merak: Rp 186.000
Cikampek: Rp 123.000
Palimanan: Rp 6.000
Pejagan: Rp 35.000
Brebes Timur: Rp 55.000
Pemalang: Rp 98.000
Batang: Rp 127.500
Semarang: Rp 211.500
Unggaran: Rp 219.000
Boyolali: Rp 268.000
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 277.000
Sragen: Rp 312.500
Ngawi: Rp 363.500
Madiun: Rp 387.500
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 431.000
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 495.500
Surabaya: Rp 493.500
Sidoarjo: Rp 497.000
Grati/Probolinggo Timur: Rp 533.500
Pasuruan: Rp 528.000

Tarif Tol dari Pejagan

Tujuan:
Merak: Rp 221.000
Cikampek: Rp 158.000
Palimanan: Rp 41.000
Cirebon/GT Ciperna: Rp 35.000
Brebes Timur: Rp 20.000
Pemalang: Rp 63.000
Batang: Rp 92.500
Semarang: Rp 176.500
Unggaran: Rp 184.000
Boyolali: Rp 223.000
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 242.000
Sragen: Rp 277.500
Ngawi: Rp 328.500
Madiun: Rp 352.500
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 396.000
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 460.500
Surabaya: Rp 458.500
Sidoarjo: Rp 462.000
Grati/Probolinggo Timur: Rp 498.500
Pasuruan:Rp 493.000

Tarif Tol dari Brebes Timur

Tujuan:
Merak: Rp 221.000
Cikampek: Rp 158.000
Palimanan: Rp 41.000
Cirebon/GT Ciperna: Rp 35.000
Brebes Timur: Rp 20.000
Pemalang: Rp 63.000
Batang: Rp 92.500
Semarang: Rp 176.500
Unggaran: Rp 184.000
Boyolali: Rp 223.000
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 242.000
Sragen: Rp 277.500
Ngawi: Rp 328.500
Madiun: Rp 352.500
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 396.000
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 460.500
Surabaya: Rp 458.500
Sidoarjo: Rp 462.000
Grati/Probolinggo Timur: Rp 498.500
Pasuruan:Rp 493.000

Tarif Tol dari Pemalang 

Tujuan:
Merak: Rp 284.000
Cikampek: Rp 221.000
Palimanan: Rp 104.000
Cirebon/GT Ciperna: Rp 98.000
Pejagan: Rp 63.000
Brebes Timur: Rp 43.000
Batang: Rp 29.500
Semarang: Rp 114.000
Unggaran: Rp 121.500
Boyolali: Rp 170.500
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 179.500
Sragen: Rp 215.000
Ngawi: Rp 266.000
Madiun: Rp 290.000
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 333.500
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 398.000
Surabaya: Rp 396.000
Sidoarjo: Rp 399.500
Grati/Probolinggo Timur: Rp 441.000
Pasuruan: Rp 435.500

Tarif Tol dari Batang 

Tujuan:
Merak: Rp 313.500
Cikampek: Rp 250.500
Palimanan: Rp 133.500
Cirebon/GT Ciperna: Rp 127.500
Pejagan: Rp 92.500
Brebes Timur: Rp 72.500
Pemalang: Rp 29.500
Semarang: Rp 84.000
Unggaran: Rp 91.500
Boyolali: Rp 140.500
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 149.500
Sragen: Rp 185.000
Ngawi: Rp 236.000
Madiun: Rp 260.000
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 303.500
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 368.000
Surabaya: Rp 366.000
Sidoarjo: Rp 369.500
Grati/Probolinggo Timur: Rp 402.000
Pasuruan: Rp 396.500

Tarif Tol dari Semarang

Tujuan:
Merak: Rp 365.500
Cikampek: Rp 302.500
Palimanan: Rp 185.500
Cirebon/GT Ciperna: Rp 211.500
Pejagan: Rp 176.500
Brebes Timur: Rp 156.500
Pemalang: Rp 114.000
Batang: Rp 84.000
Unggaran: Rp 12.500
Boyolali: Rp 61.500
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 70.500
Sragen: Rp 106.000
Ngawi: Rp 157.000
Madiun: Rp 181.000
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 224.500
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 289.000
Surabaya: Rp 287.000
Sidoarjo: Rp 290.500
Grati/Probolinggo Timur: Rp 327.000
Pasuruan: Rp 321.500

Tarif Tol dari Ungaran

Tujuan:
Merak: Rp 73.000
Cikampek: Rp 310.000
Palimanan: Rp 193.000
Cirebon/GT Ciperna: Rp 219.000
Pejagan: Rp 184.000
Brebes Timur: Rp 164.000
Pemalang: Rp 121.500
Batang: Rp 91.500
Semarang: Rp 12.500
Boyolali: Rp 49.500
Solo/Yogya via Colomadu: Rp 58.000
Sragen: Rp 93.500
Ngawi: Rp 144.500
Madiun: Rp 168.500
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 212.000
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 276.500
Surabaya: Rp 323.000
Sidoarjo: Rp 326.500
Grati/Probolinggo Timur: Rp 363.000
Pasuruan: Rp 357.500

Tarif Tol dari Boyolali

Tujuan:
Merak: Rp 422.000
Cikampek: Rp 359.000
Palimanan: Rp 242.000
Cirebon/GT Ciperna: Rp 268.000
Pejagan: Rp 233.000
Brebes Timur: Rp 213.000
Pemalang: Rp 170.500
Batang: Rp 140.500
Semarang: Rp 61.500
Unggaran: Rp 49.500
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 9.000
Sragen: Rp 44.500
Ngawi: Rp 95.500
Madiun: Rp 119.500
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 163.000
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 227.500
Surabaya: Rp 274.000
Sidoarjo: Rp 277.500
Grati/Probolinggo Timur: Rp 314.000
Pasuruan: Rp 308.500

Tarif Tol dari Solo / Yogya Via GT Colomadu 

Tujuan:
Merak: Rp 431.000
Cikampek: Rp 368.000
Palimanan: Rp 251.000
Cirebon/GT Ciperna: Rp 277.000
Pejagan: Rp 242.000
Brebes Timur: Rp 222.000
Pemalang: Rp 179.500
Batang: Rp 149.500
Semarang: Rp 70.500
Unggaran: Rp 58.000
Boyolali: Rp 9.000
Sragen: Rp 35.000
Ngawi: Rp 86.500
Madiun: Rp 110.500
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 154.500
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 218.500
Surabaya: Rp 265.000
Sidoarjo: Rp 268.500
Grati/Probolinggo Timur: Rp 305.000
Pasuruan: Rp 299.500

Tarif Tol dari Sragen 

Tujuan:
Merak: Rp 466.500
Cikampek: Rp 403.500
Palimanan: Rp 286.500
Cirebon/GT Ciperna: Rp 312.500
Pejagan: Rp 277.500
Brebes Timur: Rp 257.500
Pemalang: Rp 215.000
Batang: Rp 185.000
Semarang: Rp 106.000
Unggaran: Rp 93.500
Boyolali: Rp 44.500
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 35.000
Ngawi: Rp 51.000
Madiun: Rp 75.000
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 118.500
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 183.000
Surabaya: Rp 229.500
Sidoarjo: Rp 233.000
Grati/Probolinggo Timur: Rp 269.500
Pasuruan: Rp 264.000

Tarif Tol dari Ngawi 

Tujuan:
Merak: Rp 517.500
Cikampek: Rp 454.500
Palimanan: Rp 337.500
Cirebon/GT Ciperna: Rp 363.500
Pejagan: Rp 328.500
Brebes Timur: Rp 308.500
Pemalang: Rp 266.000
Batang: Rp 236.000
Semarang: Rp 157.000
Unggaran: Rp 144.500
Boyolali: Rp 95.500
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 86.500
Sragen: Rp 51.000
Madiun: Rp 24.000 
Kertosono/GT Nganjuk: 67.500
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 132.000
Surabaya: Rp 178.500
Sidoarjo: Rp 182.000
Grati/Probolinggo Timur: Rp 214.500
Pasuruan: Rp 209.000

Tarif Tol dari Madiun 

Tujuan:
Merak: Rp 541.500
Cikampek: Rp 478.500
Palimanan: Rp 361.500
Cirebon/GT Ciperna: Rp 387.500
Pejagan: Rp 352.500
Brebes Timur: Rp 332.500
Pemalang: Rp 290.000
Batang: Rp 260.000
Semarang: Rp 181.000
Unggaran: Rp 168.500
Boyolali: 119.500
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 110.500
Sragen: Rp 75.000
Ngawi: Rp 24.000
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 43.500
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 108.000
Surabaya: RRp 154.500
Sidoarjo: Rp 158.000
Grati/Probolinggo Timur: Rp 194.500
Pasuruan: Rp 189.000

Tarif Tol dari Kertosono / GTNganjuk 

Tujuan:
Merak: Rp 585.000
Cikampek: Rp 522.000
Palimanan: Rp 405.000
Cirebon/GT Ciperna: Rp 431.000
Pejagan: Rp 396.000
Brebes Timur: Rp 376.000
Pemalang: Rp 333.500
Batang: Rp 303.500
Semarang: Rp 224.500
Unggaran: Rp 212.000
Boyolali: Rp 163.000
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 154.500
Sragen: Rp 118.500
Ngawi: Rp 67.500
Madiun: Rp 43.500
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 64.500
Surabaya: Rp 111.000
Sidoarjo: Rp 114.500
Grati/Probolinggo Timur: Rp 151.000
Pasuruan: Rp 145.500

Tarif Tol dari Mojokerto / GT Mojokerto Barat 

Tujuan:
Merak: Rp 649.500
Cikampek: Rp 586.500
Palimanan: Rp 469.500
Cirebon/GT Ciperna: Rp 495.500
Pejagan: Rp 460.500
Brebes Timur: Rp 440.500
Pemalang: Rp 398.000
Batang: Rp 368.000
Semarang: Rp 289.000
Unggaran: Rp 276.500
Boyolali: Rp 227.500
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 218.500
Sragen: Rp 183.000
Ngawi: Rp 132.000
Madiun: Rp 132.000
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 64.500
Surabaya: Rp 46.500
Sidoarjo: Rp 50.000
Grati/Probolinggo Timur: Rp 86.500
Pasuruan: Rp 81.000

Tarif Tol dari Surabaya 

Tujuan:
Merak: Rp 649.500
Cikampek: Rp 584.500
Palimanan: Rp 467.500
Cirebon/GT Ciperna: Rp 493.500
Pejagan: Rp 458.500
Brebes Timur: Rp 438.500
Pemalang: Rp 396.000
Batang: Rp 366.000
Semarang: Rp 287.000
Unggaran: Rp 323.000
Boyolali: Rp 274.000
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 265.000
Sragen: Rp 229.500
Ngawi: Rp 178.500
Madiun: Rp 154.500
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 111.000
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 46.500
Sidoarjo: Rp 8.000
Grati/Probolinggo Timur: Rp 44.500
Pasuruan: Rp 48.000

Tarif Tol dari Sidoarjo

Tujuan:
Merak: Rp 645.500
Cikampek: Rp 588.000
Palimanan: Rp 471.000
Cirebon/GT Ciperna: Rp 497.000
Pejagan: Rp 462.000
Brebes Timur: Rp 442.000
Pemalang: Rp 399.500
Batang: Rp 369.500
Semarang: Rp 290.500
Unggaran: Rp 326.500
Boyolali: Rp 277.500
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 268.500
Sragen: Rp 233.000
Ngawi: Rp 182.000
Madiun: Rp 158.000
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 114.500
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 50.000
Surabaya: Rp 8.000
Grati/Probolinggo Timur: Rp 43.500
Pasuruan: Rp. 44.500

Tarif Tol dari Grati / Probolinggo Timur

Tujuan:
Merak: Rp 687.500
Cikampek: Rp 624.500
Palimanan: Rp 507.500
Cirebon/GT Ciperna: Rp 533.500
Pejagan: Rp 498.500
Brebes Timur: Rp 483.500
Pemalang: Rp 441.000
Batang: Rp 402.000
Semarang: Rp 327.000
Unggaran: Rp 363.000
Boyolali: Rp 314.000
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 305.000
Sragen: Rp 269.500
Ngawi: Rp 214.500
Madiun: Rp 194.500
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 151.000
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 86.500
Surabaya: Rp 44.500
Sidoarjo: Rp 43.500

Tarif Tol dari Pasuruan 

Tujuan:
Merak: Rp 687.500
Cikampek: Rp 624.500
Palimanan: Rp 507.500
Cirebon/GT Ciperna: Rp 533.500
Pejagan: Rp 498.500
Brebes Timur: Rp 483.500
Pemalang: Rp 441.000
Batang: Rp 402.000
Semarang: Rp 327.000
Unggaran: Rp 363.000
Boyolali: Rp 314.000
Solo/Yogya via GT Colomadu: Rp 305.000
Sragen: Rp 269.500
Ngawi: Rp 214.500
Madiun: Rp 194.500
Kertosono/GT Nganjuk: Rp 151.000
Mojokerto/GT Mojokerto Barat: Rp 86.500
Surabaya: Rp 44.500
Sidoarjo: Rp 43.500
Pasuruan: Rp 13.500

TUJUAN PENYELENGGARAAN JALAN TOL


  • Memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang.
  • Meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi.
  • Meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dan keadilan.
  • Meringankan beban dana Pemerintah melalui partisipasi pengguna jalan.

MANFAAT JALAN TOL

Seperti yang kita tau bahwasanya pembangunan jalan tol sendiri tidak mungkin tidak memilikimanfaat bagi masyarakat ya ,dengan anggaran yang besar pastilah pemerintahpun sudah memikirkan dan mempertimbangkan pembangunan jalan tol disetiap wilayah . adapun manfaat yang akan readers rasakan ketika adanya jalan tol ini adalah :
  • Pembangunan jalan tol akan berpengaruh pada perkembangan wilayah & peningkatan ekonomi , biasanya sebelum memasuki jalan tol , readers akan menemui beberapa toko ,perkantoran , perumahan dll.
  • Meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas orang dan barang.
  • Pengguna jalan tol akan mendapatkan keuntungan berupa penghematan biaya operasi kendaraan (BOK) dan waktu dibanding apabila melewati jalan non tol. Karena jalan tol bersifat “ memotong jalan “ utama ya .
  • Mencegah resiko kecelakaan lalu lintas 
  • Readers bisa lebih menghemat bahan bakar ya , sebabjalan tol bebas hambatan macet .
Lantas mengapa kita harus membayar ketika menggunakan jalan tol ? kenapa tidak di gratiskan saja seperti menggunakan jalan raya agar semua lapisan bisa menikmati fasilitas ini ? ini terkadang yang sering di perdebatkan oleh orang-orang yang “ sok paham “ . begini , umumnya memang jalan tol itu dibangun oleh pemerintah , tapi Biasanya tak jarang pemerintah negara memberikan hak kepada pihak swasta untuk membangun jalan sehingga Swasta pun memperlakukan tol ini sebagai proyek investasi. untuk semakin menarik perhatian lebih, pemerintah memberi jaminan seperti kemudahan dalam proses birokrasi pembebasan lahan dan penanganan risiko lakalantas . pemerintah negara mendapatkan pengembalian investasi melalui pendapatan tol yang tergantung pada kepastian tarif tol. Jadi anggaran yang digunakan pun tak hilang begitu saja ya readers.


LihatTutupKomentar