Asuransi Perjalanan Terbaik Indonesia di 2022


Bagi Anda yang ingin libran atau trip ke berbagai tempat, Anda dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan Anda dengan menggunakan asuransi perjalanan. Berikut tips-tips asuransi perjalanan yang dapat menjadi referensi Anda. 

asuransi perjalanan




Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah sebuah rencana, serupa dengan asuransi kesehatan atau mobil, yang melindungi Anda dari biaya yang timbul selama kecelakaan tak terduga saat bepergian, seperti kehilangan bagasi, pembatalan perjalanan, atau keadaan darurat medis.


Meskipun asuransi pemilik rumah, penyewa, mobil, atau kesehatan Anda saat ini mungkin melindungi Anda untuk hal-hal tertentu saat bepergian, biasanya tidak mencakup semuanya — terutama dalam perjalanan internasional. Rencana asuransi perjalanan yang baik akan menutupi kekurangannya.


Jenis-jenis Perlindungan Asuransi Perjalanan

Berikut tujuh jenis perlindungan yang paling umum:


1. Asuransi perjalanan: kesehatan

Paket ini memberikan asuransi kesehatan saat Anda jauh dari rumah. Meskipun dalam beberapa hal kebijakan ini berfungsi seperti rencana kesehatan tradisional, umumnya Anda tidak dapat menggunakan asuransi kesehatan perjalanan untuk acara medis rutin. Misalnya, pemeriksaan kesehatan rutin biasanya tidak ditanggung. Selain itu, kebijakan ini sering kali menyertakan batasan cakupan dan pengecualian untuk kondisi yang sudah ada sebelumnya.


Meskipun sebagian besar rencana asuransi perjalanan mencakup banyak kegiatan rekreasi, seperti ski dan menunggang kuda, namun seringkali tidak termasuk olahraga petualangan, seperti terjun payung atau parasailing, atau kompetisi dalam acara olahraga yang terorganisir. Anda mungkin perlu membeli kebijakan perjalanan khusus yang dirancang untuk petualangan atau olahraga kompetitif.


2. Asuransi Perjalanan: Pembatalan perjalanan, gangguan dan penundaan

Cakupan pembatalan perjalanan mengganti Anda untuk biaya prabayar yang tidak dapat dikembalikan jika operator tur keluar dari bisnis atau Anda harus membatalkan perjalanan karena salah satu alasan tertutup yang diuraikan dalam polis, seperti:

  • Penyakit bawaan.
  • Penyakit atau kematian anggota keluarga yang tidak bepergian dengan Anda.
  • Bencana alam.


Asuransi gangguan perjalanan menanggung biaya yang tidak dapat dikembalikan dari bagian perjalanan yang tidak terpakai jika terganggu karena alasan yang diuraikan dalam polis.


Cakupan penundaan perjalanan mengganti Anda untuk pengeluaran seperti penginapan dan makan jika Anda tertunda selama perjalanan (misalnya, penerbangan Anda dibatalkan karena cuaca).


Banyak kebijakan paket mencakup ketiganya. Kebijakan ini berbeda dari keringanan pembatalan yang ditawarkan perusahaan pelayaran dan operator tur, kata Lembaga Informasi Asuransi. Pengabaian itu murah, mulai dari $ 40 hingga $ 60, dan sering kali menyertakan batasan. Misalnya, menurut institut, keringanan mungkin tidak mengembalikan uang Anda jika Anda membatalkan segera sebelum keberangkatan. Pengabaian secara teknis bukanlah polis asuransi.


Beberapa perusahaan menawarkan lapisan perlindungan tambahan dengan biaya tambahan. Perlindungan "Batalkan karena alasan apa pun" akan mengganti sebagian besar biaya perjalanan, tidak peduli mengapa Anda mundur. Dan beberapa perusahaan mengizinkan Anda membayar ekstra untuk menutupi kondisi yang sudah ada sebelumnya jika Anda membatalkan karena alasan medis.


3. Asuransi Perjalanan: Bagasi dan barang pribadi

Perlindungan ini mengganti Anda untuk bagasi dan barang-barang pribadi yang hilang, dicuri, atau rusak selama perjalanan. Beberapa paket juga mengganti biaya tambahan jika Anda mengalami penundaan bagasi selama lebih dari jangka waktu tertentu, seperti 12 jam.


Asuransi penyewa atau pemilik rumah Anda mungkin melindungi barang-barang pribadi Anda saat Anda bepergian. Sebaiknya tinjau polis asuransi pemilik rumah Anda untuk menentukan tingkat pertanggungan yang diberikannya sehingga Anda tidak membayar untuk manfaat yang sudah Anda miliki.


4. Asuransi Perjalanan: Bantuan medis darurat, evakuasi dan pemulangan

Perlindungan ini membayar biaya pengobatan jika Anda sakit atau cedera dalam perjalanan. Perlindungan evakuasi medis membayar untuk mengangkut Anda ke rumah sakit terdekat, dan repatriasi medis membayar untuk menerbangkan Anda ke negara asal Anda.


5. Asuransi Perjalanan: Bantuan 24 jam

Layanan ini disertakan dengan banyak paket. Perusahaan asuransi menyediakan hotline 24 jam yang dapat Anda hubungi saat Anda membutuhkan bantuan, seperti memesan penerbangan setelah koneksi yang terlewat, menemukan bagasi yang hilang, atau mencari dokter atau pengacara.


Sebagian besar perusahaan asuransi perjalanan mencakup beragam layanan, tetapi opsi spesifiknya bervariasi. Beberapa paket termasuk layanan pramutamu, memberikan bantuan dengan referensi restoran, pemesanan waktu tee, dan banyak lagi. Banyak layanan juga menawarkan informasi sebelum perjalanan, seperti vaksinasi yang diperlukan. Satu-satunya cara untuk mengetahui apa yang disertakan adalah dengan membaca kebijakan.


6. Asuransi Perjalanan: kematian dan pemotongan akibat kecelakaan

Pertanggungan ini membayar sekaligus kepada penerima Anda, seperti anggota keluarga, jika Anda meninggal dalam kecelakaan saat dalam perjalanan. Polis asuransi kematian dan pemotongan akibat kecelakaan juga membayar sebagian dari jumlah tersebut kepada Anda jika Anda kehilangan tangan, kaki, anggota tubuh, penglihatan, ucapan, atau pendengaran. Beberapa rencana hanya berlaku untuk kematian yang tidak disengaja di dalam pesawat.


7.  Asuransi Perjalanan: Pertanggungan sewa mobil

Ini membayar untuk memperbaiki mobil sewaan Anda jika rusak karena kecelakaan, oleh pengacau, atau bencana alam. Cakupan tidak termasuk asuransi pertanggungjawaban, yang membayar kerusakan pada kendaraan lain atau untuk perawatan medis orang lain jika Anda menyebabkan kecelakaan dan dianggap bertanggung jawab.


Tanyakan kepada perusahaan asuransi mobil Anda apakah polis Anda akan melindungi Anda saat menyewa mobil dalam perjalanan. Polis asuransi mobil umumnya tidak melindungi Anda saat mengemudi di negara lain.

Persyaratan asuransi mobil rumit karena berbeda-beda di setiap negara. Anda biasanya dapat membeli asuransi pertanggungjawaban dari perusahaan persewaan mobil. Pelajari tentang persyaratan asuransi mobil dengan mencari asuransi kendaraan menurut negara di situs web Kedutaan Besar.


Asuransi Perjalanan Terbaik Indonesia 2021 

Berikut adalah beberapa daftar perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi perjalanan atau travel insurance terbaik di Indonesia:

Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) ACA.
Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) AXA.
Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) Zurich.
Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) AIG.
Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) Chubb.
Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) Simas Insurtech.
Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) Travellin Adira.
Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) MSIG.


Tips Memilih Asuransi Perjalanan

Menemukan Asuransi Perjalanan

Berikut beberapa tips untuk memulai pencarian Anda:

  • Teliti pertanggungan Anda saat ini dengan menanyakan kepada penyedia asuransi kesehatan yang ada dan penyedia kartu kredit Anda. American Express menawarkan asuransi perjalanan kepada anggota kartu.
  • Tanyakan agen perjalanan Anda.
  • Jelajahi web.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Beberapa faktor akan menentukan polis asuransi mana yang terbaik untuk Anda:

  • lamanya perjalanan Anda
  • tujuan Anda
  • partisipasi dalam olahraga berisiko tinggi (mis., mendaki gunung, memanjat)
  • kesehatan Anda

Bandingkan Jenis Perlindungan

Pertimbangkan kebutuhan Anda dengan jenis perlindungan yang ditawarkan. Ingatlah untuk membaca semua cetakan kecil. Mempertimbangkan:

  • apa yang tercakup, dan apa yang tidak
  • biaya
  • yang dapat dikurangkan
Demikianlah artikel tips asuransi perjalanan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi. Happy holiday dan stay safe.