Bagi Anda yag ingin melakukan klain asuransi perjalanan, berikut cara mudah dan cepat mengajukan klaim asuransi perjalanan Anda.
Klaim Asuransi Perjalanan |
Asuransi perjalanan dapat memberikan perlindungan ekstra jika liburan Anda tidak berjalan sesuai rencana. Ini sangat penting jika Anda bepergian sendiri karena Anda mungkin menemukan diri Anda terdampar tanpa cara untuk pulang dan tidak ada perwakilan untuk membantu menyelesaikan masalah liburan Anda.
Baca tips dan langkah di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang perlu Anda lakukan jika Anda harus membuat klaim atas polis asuransi perjalanan Anda.
Top Tips
- Ingatlah untuk membawa nomor polis asuransi perjalanan dan nomor telepon kontak darurat Anda saat bepergian
- jika masalah terjadi saat Anda pergi, simpan tanda terima untuk semua yang perlu Anda beli untuk mendukung klaim Anda
- jika memungkinkan, minta perusahaan asuransi Anda menyetujui perawatan medis sebelum dilakukan
- selalu beri tahu perusahaan asuransi Anda tentang masalah kesehatan yang ada sebelum Anda mengambil asuransi, atau Anda mungkin tidak dilindungi
- laporkan barang-barang yang hilang atau dicuri kepada polisi setempat dalam waktu 24 jam setelah hilang. Jika ini tidak memungkinkan, beri tahu orang yang bertanggung jawab di mana mereka hilang.
Asuransi Perjalanan Terbaik - Transaksi Aman, Mudah, & Cepat
Membuat klaim saat Anda bepergian
Pastikan Anda membawa nomor polis asuransi dan rincian kontak darurat Anda. Ini agar Anda tahu persis siapa yang harus diajak bicara terlebih dahulu jika Anda memiliki masalah dan masalah itu dapat ditangani secepat mungkin. Jika Anda bepergian ke luar negeri, pastikan Anda mendapatkan nomor telepon yang benar.
Asuransi Perjalanan Anda - Proses Pengajuan & Klaim Mudah
Mengajukan klaim saat Anda tiba di rumah
Jika Anda perlu mengajukan klaim atas polis asuransi perjalanan Anda ketika Anda tiba di rumah, periksa hal-hal berikut sebelum Anda mengirimkan klaim Anda:
- Anda berada dalam batas waktu untuk mengajukan klaim
- Anda dilindungi untuk apa yang Anda klaim
- berapa banyak kelebihannya. Selisihnya adalah jumlah uang yang akan diambil asuransi dari klaim oleh perusahaan asuransi Anda. Mungkin tidak ada gunanya membuat klaim jika jumlah yang Anda klaim kurang dari ini
- cetakan kecil. Pastikan tidak ada persyaratan dan ketentuan yang menghalangi Anda untuk melakukan klaim
- apakah itu baru untuk kebijakan lama. Jika tidak, jumlah yang Anda dapatkan untuk barang yang Anda klaim akan lebih kecil daripada biaya penggantinya. Ini karena perusahaan asuransi melepas uang untuk kerusakan.
Hubungi perusahaan asuransi Anda sesegera mungkin dan minta mereka untuk mengirimkan formulir klaim kepada Anda. Mereka mungkin dapat mengirimkan email ini kepada Anda untuk mempercepat. Lengkapi formulir klaim dengan hati-hati dan simpan salinannya untuk Anda sendiri.
Anda harus menyertakan salinan semua dokumen yang akan membantu klaim Anda, termasuk kuitansi atau sertifikat medis. Anda juga harus menyimpan salinan aslinya jika klaim Anda dipertanyakan atau ditolak.
Perusahaan asuransi Anda mungkin bertanya apakah Anda memiliki asuransi lain yang mungkin mencakup klaim tersebut. Anda harus memberi tahu mereka jika Anda memiliki asuransi lain yang mungkin juga menawarkan perlindungan, misalnya, asuransi isi rumah.
Asuransi Perjalanan AXA - Mulai 50RB
Mengajukan klaim atas barang atau bagasi yang hilang, dicuri, atau rusak
Anda diharapkan untuk menjaga barang-barang Anda secara wajar saat bepergian. Perusahaan asuransi ingin melihat bukti bahwa Anda melakukan ini.
Jika barang-barang Anda hilang atau dicuri, Anda harus memberi tahu polisi setempat dalam waktu 24 jam setelah barang hilang. Jika ini tidak memungkinkan, beri tahu orang lain seperti perwakilan tur, manajer hotel, atau penyedia transportasi Anda dan dapatkan laporan tertulis.
Jika Anda harus mengganti barang penting, seperti perlengkapan mandi atau pakaian darurat, mintalah tanda terima untuk dikirimkan sebagai bukti klaim Anda.
Mengajukan klaim darurat medis dan cedera pribadi
Jika Anda memerlukan perawatan medis saat Anda pergi, coba hubungi perusahaan asuransi Anda segera dan minta mereka untuk menyetujui perawatan tersebut. Anda harus melakukan ini sebelum dilakukan, meskipun ini mungkin tidak dapat dilakukan dalam keadaan darurat.
Anda mungkin harus membayar di muka untuk perawatan medis dan mengklaimnya kembali saat Anda tiba di rumah. Selalu pastikan Anda mendapatkan tanda terima untuk perawatan atau pengobatan apa pun yang Anda berikan.
Jika Anda tidak memberi tahu firma asuransi perjalanan Anda tentang masalah kesehatan yang ada sebelum Anda mengambil asuransi, Anda mungkin tidak ditanggung jika Anda membutuhkan perawatan untuk ini saat Anda pergi.
Anda mungkin tidak dapat mengklaim biaya pengobatan apa pun yang biasanya Anda butuhkan dan mungkin harus Anda konsumsi saat bepergian.
Asuransi perjalanan harus melindungi Anda selama kehamilan jika Anda dalam keadaan sehat normal. Namun, beberapa maskapai penerbangan tidak mengizinkan Anda terbang jika bayi Anda lahir dalam beberapa minggu.
Mengajukan klaim jika Anda harus membatalkan atau mempersingkat perjalanan Anda
Jika Anda perlu mengajukan klaim karena Anda telah membatalkan atau mempersingkat perjalanan Anda, perusahaan asuransi Anda hanya akan menerima klaim Anda jika Anda memiliki alasan yang kuat untuk melakukan ini. Alasannya mungkin termasuk:
- kematian tak terduga, penyakit atau cedera Anda, pasangan Anda atau orang yang bepergian dengan Anda
- kebakaran, perampokan, atau kerusakan tak terduga terjadi pada rumah Anda
- Anda dibuat berlebihan
- Anda sedang hamil dan disarankan untuk tidak bepergian setelah mengambil asuransi
- Anda dipanggil untuk layanan juri atau sebagai saksi di pengadilan.
Dokumen yang diperlukan untuk diserahkan untuk mendukung klaim Anda
- Formulir Klaim Lengkap
- Konfirmasi pemesanan perjalanan dan itinerary.
Manfaat Diklaim Sebagai | Bukti Dokumen Kerugian |
Kecelakaan Pribadi: Kematian Tidak Disengaja | Salinan akta kematian & salinan disposisi koroner dan temuan (jika ada) |
Kecelakaan Pribadi: Cacat Tetap | Pernyataan praktisi medis |
Cacat Tetap Total | Pernyataan praktisi medis |
Biaya Medis yang dikeluarkan di luar negeri Biaya Medis Pasca Perjalanan yang terjadi di Indonesia |
|
Evakuasi Kunjungan Welas Asih - Kepulangan Anak Kecil Biaya Perjalanan Darurat Biaya Telepon (Terkait dengan Evakuasi Medis) |
|
Rumah Sakit Luar Negeri Rumah Sakit Domestik |
|
Tanggung Jawab Pribadi | Surat atau Tuntutan klaim yang dibuat terhadap Anda |
|
Dokumentasi apa pun yang mendukung keadaan tak terduga yang mengarah pada pembatalan atau pembatasan (misalnya Laporan Medis) |
|
Pemberitahuan dari maskapai penerbangan yang mengonfirmasi alasan keterlambatan; dan Bukti biaya tambahan |
Penundaan Bagasi |
|
Bagasi hilang (termasuk Lap Top, Peralatan Golf, Hole In One); atau Kehilangan Uang atau Dokumen Perjalanan |
|
Resiko Sendiri untuk Sewa Mobil |
|
Ketidaknyamanan Pembajakan | Surat dari perusahaan penerbangan dan laporan polisi |