110 Tempat Wisata Di Malang Terbaru dan Terpopuler 2021 Cocok untuk Liburan

Informasi Lengkap Tentang Semua Tempat Wisata yang ada di Malang. Tempat-tempat Terbaru yang populer dan Hits.

tempat wisata di malang

tempat wisata di malang

Malang , menjadi salah satu tempat paling populer nih di indonesia , readers . pasalnya Malang memiliki banyak tempat destinasi wisata tang dapat readers nikmati selama berakhir pekan disini loh . tak tanggung – tanggung ya readers , Malang bahkan memiliki lebih dari 70 tempat wisata kekinian yang wajib banget readers sambangi nih. wahh , sepertinya satu minggu disinipun agaknya masih belum cukup ya . destinasi nya pun beragam mulai dari tempat kekinian sampai tempat yang masih di pelihara oleh alam, jadi tergantung sama readers ya mau kemana jika sudah sampai di malang . apa saja sih destinasi wisata di Malang yang sangat tersohor ini ? nggak usah lama – lama ya , langsung saja baca list nya dan kunjungi tempatnya  , check this out :

101 Tempat Wisata Di Malang

1. Alun – Alun Malang 

Yang pertama , yuk kita buka dengan alun – alun Malang atau Sebutan lain yang juga akrab disebut dengan alun-alun Jami’ karena letak Alun-Alun Kota Malang ini berada tepat didepan masjid Jami’ yang berLokasi di Jl. Merdeka Selatan, Kauman, Klojen, Kota Malang .Letaknya pun juga sangat strategis nih readers , lengkap dengan dikelilingi oleh pusat perbelanjaan seperti Sarinah, Ramayana, Mitra, Malang Plaza dan Gajah Mada Plaza. Tak hanya itu, akomodasinya pun lengkap dengan fasisiltas lengkapnya yaitu hotel, bank, kantor pos, gereja, masjid dan lainnya. Selain itu juga disediakan tempat khusus untuk mengasah hobi nih seperti landasan skate board, play ground, shaf shalat terbuka dan track bersepeda. 

2. Alun-Alun Tugu Malang

Berlokasi di Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang , Alun-alun Tugu yang dikenal dengan sebutan Alun-Alun Bundar, karena memang bentuknya bundar, merupakan sebuah alun-alun atau town square yang terletak di sekitar pusat pemerintahan Kota Malang dan bangunan-bangunan terkenal yang berada di sekelilingnya. Di tengahnya berdiri sebuah tugu runcing memanjang berukuran sekitar 10 meter yang menjadi ikon andalan kota ini . NahTempat ini terbagi menjadi beberapa bagian ya readers. Pada sisi bagian luar alun-alun ini terdapat pagar semen yang dibentuk dengan indahnya dilengkapi dengan trotoar yang tentu dapat menjadi tempat nongkrong. Lanjut masuk ke dalamnya, pengunjung akan disambut dengan banyaknya bunga yang tumbuh di rumput hijau yang luas. 

3. Kampung Warna Warni Jodipan

Semua berawal dari ide Mahasiswa UMM yang melihat adanya hal yang menarik di Kampung Jodipan yang berLokasi di Gang 1, Jodipan, Blimbing, Kota Malang ini dalam hal spot berfoto, namun ia sedikit kecewa melihat kondisi yang kumuh ini , lalu ia ingin kondisi kumuh ini  yang harus ditangani terlebih dahulu sebelum merubahnya menjadi lokasi tempat wisata yang hitz . maka dari itu mereka mencari sponsor dan penggalangan dana terhadap pemkot Malang. Wah pedulinya . Ada berbagai macam fasilitas yang terdapat di Kawasan Kampung Warna Warni Jodipan ini, yaitu :
parkir
kios – kios
toilet
pedagang makanan dan minuman
Di kampung ini ada tiket masuknya ya readers , yakni cukup dengan merogoh kocek Rp 3.000,-/orang. Tiket masuknya pun dikemas dalam bentuk stiker yang cukup menarik sehingga bisa jadi kenang – kenangan dan disimpan untuk dibawa pulang nih . mengenai kendaraan pribadi seperti sepeda motor akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000,-/motor untuk biaya parkirnya dan Rp 5.000/mobil untuk tarif parkir kendaraan mobil. Dan untuk biaya parkir bus pariwisata dikenakan tarif parkir kurang lebih Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

4. Masjid Agung Malang

Berlokasi di Jl. Merdeka Barat No.3, Kauman, Klojen, Kota Malang. Pada awalnya Masjid Agung Jami’ Malang didirikan pada tahun 1890 M di atas tanah Goepernemen atau tanah negara sekitar 3.000 m2. Nah Menurut prasasti yang ada, Masjid Agung Jami’ ini dibangun dalam dua tahap ya readers . Tahap pertama dibangun tahun 1890 M, kemudian tahap kedua dimulai pada 15 Maret 1903, dan selesai pada 13 September 1903. Yang unik dari masjin ini adalah Bangunan masjid ini berbentuk seperti bujursangkar yang berstruktur baja dengan atap tajug tumpang dua, dan sampai saat ini bangunan asli itu masih dipertahankan keberadaannya. Dari bentuknya, Masjid Agung Jami’ Malang memadupadankan dua gaya arsitektur nih readers , yaitu arsitektur Jawa dan Arsitektur Arab. Untuk Gaya arsitektur Jawa terlihat dari bentuk atap masjid bangunan lama yang berbentuk tajug. Lalu untuk  gaya arsitektur Arab sendiri terlihat dari bentuk kubah pada menara masjid dan juga konstruksi lengkung pada bidang-bidang bukaan pintu dan jendela. Jangan lupa untuk wisata rohani kesini ya readers .

5. Masjid Tiban Turen Malang

Masih seputar masjid nih readers , di Malang ada juga masjid yang bernama Masjid tiban turen malang yang berLokasi:  Jl. Anggur, Sananrejo, Turen, Malang . masjid ini diisukan menjadi masjid termegah loh di kota Malang , mengapa ? karena memiliki Perpaduan ornamen khas Turki, India, Russia, hingga Mesir saling berpadu satu menjadi satu bangunan yang elok. Namun , sebenarnya masjid yang megah ini di bangun tanpa campur tangan arsitektur ya readers melainkan melalui mata batin sang pendiri tentunya melalui sholat istikharah .Sebenarnya masjid ini adalah pondok pesantren yang bernama Salafiyah Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaailir Rahmah . sangkin megahnya Bahkan ada isu yang beredar bahwa masjid ini konon hanya di bangun dalam satu malam saja nih readers . Namun isu ini di patahkan oleh pernyataan salah satu mantan santri ponpes tersebut , ia berkata bahwasanya masjid mulai merintis pada tahun 1963 , namun di bangun pada tahun 1978 tepat setelah sudah ada santri yang menetap .yang berarti bahwa masjid ini di bangun sangat lama bukan dengan satu malam saja . hmmm , ada – ada saja ya readers .
Masjid tiban turen ini sendiri memiliki 10 lantai loh readers , Adapun rincian dari masing-msing lantai adalah : 
  • lantai 1 yang adalah tempat istirahat dan musala
  • lantai 2 berisi loket, ruang istirahat, ruang makan, dan dapur
  • lantai 3 berisi musala, akuarium, dan kebun binatang mini
  • lantai 4 merupakan lantai untuk keluarga pengasuh pondok
  • lantai 5 terdapat musala
  • lantai 6 merupakan ruangan istirahat untuk santri
  • lantai 7 dan 8 berisi toko dan kios-kios milik pondok yang dikelola oleh para santri
  • lantai 9 merupakan bangunan yang didesain sebagai lereng gunung
  • sedang lantai 10 adalah gua dan juga puncak gunung.

Wah siapa nih yang nggak sabar untuk berwisata religi disini ?

6. Candi Badut

Namanya cukup unik ya readers , eitt tapi jangan salah ya readers Kata Badut diduga berasal dari bahasa Sanskerta loh , yakni Bha-dyut yang berarti sorot Bintang Canopus atau Sorot Agastya. Nah loh kerenkan artinya . candi badut sendiri terletak di dusun Karang Besuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi candi ini berada di dekat Universitas Ma Chung, sekitar 15 menit berjalan kaki dari sana ke arah Timur. Lokasi ini juga dapat ditempuh dengan kendaraan umum jurusan Tidar arah menuju Institut Teknologi Nasional. Candi inipun diperkirakan berusia lebih dari 1400 tahun, dan merupakan yang tertua di Jawa Timur dan diyakini adalah peninggalan Prabu Gajayana, penguasa kerajaan Kanjuruhan . karena usianya yang tua itulah masyarakat setempat menjadikan candi ini sebagai objek wisata edukasi nih readers .

7. Monumen Juang 45

Berlokasi di Jl. Kertanegara, Klojen, Kota Malang , tepat berada di depan Stasiun Kotabaru Malang . Nah wisatawan dan pengunjung lokal yang menuju ke arah Stasiun Kotabaru bisa melepaskan penat sejenak sambil menikmati pemandangan sekitar. Monumen Juang 45 sendiri berdimensi 10 x 40 meter nih readers dengan panjang pondasi 6,90 meter, lalu panjang patung 3,30 meter dan tinggi 2 meter. Jika digabung dengan patung tertinggi, maka total keseluruhan tingginya mencapai 5 meter. Monumen ini berwarna tembaga yang terbuat dari semen dengan 20 patung kecil dan satu di antaranya berupa patung raksasa berukuran sangat besar , dibangun pada 20 Mei 1975 , Monumen ini menceritakan kegigihan pejuang melawan penjajah yang digambarkan sebagai raksasa tergeletak jatuh. Patung raksasa adalah simbol kolonialisme yang saat itu menjajah, dan 19 patung-patung kecil lainnya sebagai simbol rakyat jelata. Monumen Juang 45 melambangkan matinya keangkaramurkaan para penjajah Jepang dan Belanda oleh perjuangan rakyat Indonesia. Relief-relief yang mengelilinginya menggambarkan tentang perjuangan pada masa Perang Kemerdekaan dari tahun 1945 sampai dengan 1949 di Kota Malang.Pada sisi timur terdapat relief Sukarno-Hatta dan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Di sisi utara menggambarkan kekejaman penjajah Jepang dan Belanda. Di sisi barat menggambarkan pertempuran dan sisi selatan juga menggambarkan pertempuran. Namun semua relief tadi tanpa keterangan sehingga sulit dimengerti apa yang dimaksudkan dari monumen yang terletak di Jalan Kertanegara tadi. Wah sambil menunggu kereta bisa sambil belajar tentang perjuangan nih readers .

8. Monumen Melati

Monumen Melati atau biasa dinamakan Monumen Kadet Suropati berada tepat di poros Jalan Ijen Malang dan terletak di depan Museum Brawijaya. Sebuah monumen tinggi yang khas dengan melati di atas. Dibangun dengan anggaran sebesar Rp 103 juta dan di tanggung oleh para alumni terhadap sekolah pengumpulan Tentara Keamanan Rakyat (sekarang TNI) di daerah. Selain itu juga sebagai wujud penghormatan untuk mengenang seluruh pendiri, tenaga pendidik dan senior-senior di TNI. Bunga melati berwarna coklat ini Penghargaan dan apresiasi atas terbentuknya Sekolah Tentara Keamanan Rakyat (TKR). TKR adalah cikal terbentuknya Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sekarang. Sekolah TKR yang memiliki nama Sekolah Tentara Divisi VII Suropati itu sudah tak asing dengan simbol bunga melatinya. Maka diambillah bunga melati sebagai lambang monumen atas appresiasi terhadap TKR.Monumen ini membentuk dua buah pilar utama setinggi 7m yang mencerminkan dua brigade yang ada disana. Pada puncaknya merupakan kelopak melati dibuat dari perunggu berhelai 11, ini mencerminkan bulan lahirnya Sekolah Kadet Suropati. Gambar Hongaarse Krul pada pilar utama mencerminkan lencana yang dulu dipakai oleh siswa didik Sekolah Kadet Suropati. Monumen Melati ini diresmikan oleh KASAD Jend. TNI Poniman pada tanggal 17 Desember 1982.

9. Pemandian Kalireco

Dilanjut dengan yang adem nih readers , yakni pemandian kalireco , berlokasi di Jl. Sumber Waras 2 No.97, Kalirejo, Lawang, Malang . Untuk yang seharian sudah panas – panasan menjelajahi kota Malang, tidak ada salahnya dong kalau readers menyempatkan diri ke pemandian kalireco ini ya. Ditunjang dengan angin semilir yang aduhai , membuat readers menjadi terbius masuk kedalam air untuk melemaskan badan, menghilangkan keletihan. Bersantai di tempat ini, bukan hanya soal melepas penat badan, tapi juga menumbuhkan kedamaian hati. Kolam yang begitu jernih dan terletak di bawah kaki gunung Arjuna menjadikan bukti bahwa pemandian kalireco ini masih sangat asri dan alami nih readers . kedalamannya hanya 1m kok readers , disisi tebing terdapat beberapa air terjun rendah dan lumut hijau yang cukup menarik nan eksotis ya readers. tapi tetap harus berhati – hati ya readers .

10. Sumber Jenon

Lanjut wisata lainnya , sumber jenon yang ber Lokasi di Gunungronggo, Tajinan, Malang bisa menjadi salah satu list tempat yang harus readers kunjungi nih readers . berada di bawah kaki gunung Ronggo , keindahan sumber jenon tidak usah di ragukan lagi ya readers . Sumber Jenon sendiri berbentuk seperti kolam loh dengan bagian dasar tertutupi batako. Kedalaman sumber mata air ini bisa mencapai kedalaman hingga 4 meter. Namun untuk yang tidak bisa berenang jangan kecewa nih readers , readers bisa menyea pelampung kok dari para penyewa . nah ada yng unik ih dari sumber jenon ini , yakni terdapat batang pohon Jenu yang membujur dari arah Barat ke arah Timur dalam Sumber Jenon. Lalu , keindahan yang paling menonjol dari Sumber Jenon adalah airnya yang jernih dan berwarna biru kehijau-hijauan. Ada yang nggak sabar ? kuyy mainlah ke Malang .

11. Taman Wisata Selecta

Yuk main ke daerah Batu , tepatnya di Jl. Raya Oro-Oro Ombo No.223, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu. Ada taman bunga bernama taman wisata selecta . Sebenarnya taman wisata selecta ini sudah booming semenjak dulu , namun hits kembali , kenapa ya readers? Alasannya adalah , jika dulu taman wisata selecta ini hanya menyajikan beragam bunga yang cantik nan menarik , tapi kini seiring berjalannya waktu taman wisata ini memperbaruhi kinerja tamannya dengan menambahkan beberapa properti untuk spot foto yang instagramble banget bagi para pengunjung nih readers . yang palig hits disini adalah wahana sky bike , ada yang tau apa itu sky bike ? itu loh readers bisa bersepeda di udara diatas seutas tali , wahh menarik ya . selain itu juga taman ini juga menyediakan berbagai wahana seperti flying fox , naik kuda atau naik perahu ayun . disini juga di sediakan food count jadi nggak usah takut kelaparan ya readers hehe . untuk harga tiket sendiri , pengunjung di kenakan biaya Rp 25.000 / org dan Rp 20.000/ wahana ya .

12. Museum Angkut

Masih di kota batu , tepatnya di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Batu, Ngaglik, Kec. Batu, Kota BatuNamanya museum angkut , for your info ni readers kalau nama angkut sendiri diambil dari kata angkutan nih readers . Museum Angkut Malang dibuka pada 9 Maret 2014 dan langsung menjadi salah satu rujukan loh bagi para wisatawan di Malang . ada beberapa zona di setiap museum angkut ini , seperti :

Zona Hall Utama

Ketika readers pertama kali masuk ke Museum Angkut, readers akan langsung bertemu dengan koleksi mobil dan motor klasik yang ada di seluruh dunia nih . Hayo si pecinta motor dan mobil klasik , yakin nggak mau main – main ke sini ? 
Lalu Di lantai dua, readers bisa bertemu dengan  replika dari Air Force-nya Indonesia atau pesawat kepresidenan. Di dalamnya pun akan terlihat fasilitas yang ada di dalam pesawat seperti ruang meeting, bar, dan juga kamar tidur presiden.

Zona Edukasi

Masih berada di satu ruangan yaitu hall utama, Zona Edukasi ini akan memperlihatkan bagaimana sejarah perkembangan transportasi di seluruh dunia . diawali dengan sepeda, kereta api, kendaraan bermotor, sampai sekarang yang sudah memasuki era mobil listrik. Ini adalah tempat yang pas untuk lo yang mengajak seluruh keluarga.

Zona Batavia dan Pecinan

Selanjutnya readers akan menemui area outdoor, yaitu Zona Batavia dan Pecinan. Di sinipun readers akan diajak kembali ke masa sebelum kemerdekaan dan suasananya tradisional banget . Bentuk rumah yang sangat tradisional dan juga melihat dari dekat bagaimana pecinan ini selalu konsisten dengan gayanya yang oriental.

Zona Gangster & Broadway Street

selesai dengan perkembangan transportasi dan juga bentuk rumah Indonesia zaman dahulu, nah sekarang waktunya readers diajak ke luar negeri nih . Zona Gangster & Broadway Street ini merupakan cerminan daerah California dan juga New York yang ketika itu sangat terkenal dengan sebutan gangster dan broadway. Perkembangan entertainment  di Amerika Serikat akan ditampilkan dengan sangat keren di sini.

Zona Eropa

Hijrah dari Amerika Serikat, readers akan sampai pada Zona Eropa , zona ini akan menampilkan bagaimana keunikan Eropa yang sejatinya sangat berbeda dengan Amerika Serikat. Mulai dari vespa, Volkswagen, hingga Rolls Royce bisa dinikmati di sini.

Zona Buckingham Palace

ngomongin Eropa nggak lengkap nih rasanya jika nggak menuju ke pusat budaya Eropa, Inggris. Adanya revolusi industri membuat perubahan besar, salah satunya adalah kerajaan Inggris yang terkenal sangat royal. Di Museum Angkut Malang readers bisa dengan leluasa melihat replika dari Buckingham Palace yang merupakan simbol kedigdayaan dari keluarga kerajaan.

Zona Las Vegas

Kembali lagi ke Amerika Serikat, lo bisa mengunjungi Las Vegas, tempat di mana hiburan terbaik ada di sini. readers bisa melihat dari dekat apa saja sih sebenarnya yang ada di Las Vegas tanpa perlu jauh-jauh ke Amerika Serikat.

Zona Hollywood

Hollywood loh bukan Bollywood hehe . Nah Ini merupakan zona terakhir yang ada di Museum Angkut. Disini readers bisa melihat bagaimana perkembangan film dunia dan juga transportasinya yang keren-keren banget. Di sini juga terdapat beberapa miniatur superhero.

Special Show di Museum Angkut

Nah untuk readers yang akan mengunjungi Museum Angkut, readers bisa menikmati beberapa pertunjukan khusus. Misalnya Night Divas, yaitu pertunjukkan fashion show yang bisa lo lihat setiap hari di pukul 18:30-19:00 WIB. Lalu ada California Car Wash Dance dan Three Elemental Show yang bisa lo nikmati di weekend. Kemudian ada Movie Star Hero Cosplay setiap hari dari pukul 12:30-13:00 WIB. Untuk harga tiket dari senin – jumat : Rp 70.000 , dan untuk weekend : Rp 110.000.

13. Museum D’Topeng

museum ini masih terbilang sangat muda ya readers karena didirikan pada tanggal 23 Mei 2014 yang lalu, namun museum ini sudah menjadi tempat favorit para pengunjung Kota Malang . Bagaimana tidak, museum seni dan budaya Indonesia ini sudah banyak sekali menyimpan artifak seni yang dikumpulkan dari seluruh pelosok nusantara seperti Jawa Timur, NTB, Kalimantan, Sulawesi bahkan sampai bagian paling timur Indonesia, Papua. Wah menarik nih . Selain itu, tidak sedikit benda-benda seni koleksi museum ini yang memiliki nilai sejarah yang tinggi karena dikumpulkan dari masa pra sejarah hingga masa kerajaan Majapahit. Namun, salah satu koleksi yang memiliki nilai historis dan seni paling tinggi adalah singgasana Kerajaan Singharaja yang berasal dari Bali. Ada juga benda-benda yang berisifat kuno dan mistik seperti ratusan koleksi Keris, Patung Perwayangan yang memiliki nilai sejarah dan mistis, sampai Patung Kematian. Selain itu, bagi umat muslim, anda bisa menemukan sebuah Kitab Suci Al-Qur’an yang berumur lebih dari 400 tahun di museum ini sehingga anda bisa mempelajari sejarah Islam di Indonesia. Bagi yang tertarik ingin mengunjungi museum ini readers hanya perlu pergi ke Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Batu, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu.

14. Omah Kayu Batu Malang

Nah ini yang menarik readers , terletak di Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu omah kayu ini adalah salah satu penginapan unik loh pasalnya readers bisa menginap di atas pohon pinus loh . meskipun pohon jika malam akan mengeluarkan karbondioksida yang berbahaya untuk manusia , namun jangan khawatir kok pihak pengelola sudah mengatasi itu semua readers . jika hanya berkunjung, tarif yang di kenakan hanya Rp 10.000 , namun jika menginap tarif yang di bandrol mulai dari harga Rp 350.000 – Rp 450.000 . ayooo tunggu apa lagi readers . spot yang paling di tunggu adalah ketika pagi hari , kabut akan menjadi pelengkap efek foto mu loh readers .

15. Wisata Paralayang Batu

Sepertinya daerah Batu sendiri adalah surga wisata ya , salah satunya di Jl. Songgokerto, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu , bagi penikmat ketinggian , jangan lupa menikmati wisata paralayang ini ya readers . Objek wisata paralayang batu ini selain banyak dikunjungi oleh wisatawan ternyata banyak juga digunakan oleh para atlet paralayang untuk latihan bahkan melukukan kompetisi nih . Kompetisi paralayang yang biasa diadakan di tempat wisata ini bisa berupa kompetisi tingkat regional, nasional, bahkan hingga internasiaonal. Jadi kalau readers beruntung readers bisa menikmati keseruan atraksi dari para atlet-atlet paralayang di sana. Readers pun bebas mengambil foto dan mengabadikan momen dengan kamera . readers bisa meraakan sensasi terbang di atas angin nih . 

16. Wisata Pujon Kidul

Lanjut tempat hits kekinian selanjutnya , yaitu wisata pujon kidul , terletak di Pujon Kidul, Pujon, Malang . Wisata Pujon Kidul sendiri menyajikan banyak sekali hiburan berupa tempat-tempat spot foto yang menarik, kuliner, hingga suasana pedesaan yang sejuk dan asri loh readers . Selain itu karena lokasinya berada di dataran tinggi, dapat dipastikanya kalau  udara di sini sangat sejuk dan banyak pemandangan alam yang indah terpelihara. Wisata Pujon Kidul pun turut menawarkan fasilitas outbond loh readers seperti bermain paintball, ATV, trail, dan panahan. Kamu dapat menggunakan ATV untuk menyusuri perkebunan dan pertanian yang ada di sana.nah untuk readers yang hobi bercocok tanam bisa juga belajar mengenal dunia pertanian dan peternakan. Di Desa Wisata Pujon Kidul terdapat beberapa pertanian seperti tomat, cabai, dan tumbuhan herbal. Kemudian ada juga peternakan sapi yang menghasilkan susu perah.Homestay pun juga tak lupa disediakan oleh warga sekitar untuk wisatawan yang ingin menginap beberapa malam dan menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan asri. Kesenian dan budaya juga masih kental di daerah ini, sehingga wisatawan dapat belajar mengenai seni yang ada dan ikut serta dalam memainkannya. Kuliner di Desa Wisata Pujon Kidul juga tidak kalah menarik. Banyak pilihan kuliner yang pastinya merupakan kuliner pedesaan khas Pujon Kidul dan kuliner pedesaan lainnya. Yakin nggak mau kesini?

17. Kusuma Agrowisata

Berlokasi di Jalan Abdul Gani Atas, Batu . kusuma argowisata adalah salah satu tempat wisata favorit loh karena readers bisa memakan buah – buahan langsung dari pohonnya seperti apel , naga , jeruk dan stroberi , tak kalah dengan buah , sayuran hidroponik pun dapat readers panen seperti pok coy , tomat ,selada dan masih banyak lagi nih readers . tumbuhan ini bisa tumbuh dengan subur karena kusuma argowisata ini berlokasi di atas 1000mdpl loh readers . selain bercocok tanam di hadirkan pula berbagai fasilitas seperti permainan ATV , airsoft gun , war game dan masih banyak ang lainnya . untuk tiket harga masuk di kenai paket nih readers yakni di mulai dengan harga Rp 25.000 – Rp 115.000 .

18. Labirin coban rondo

Ada yang hobi tantangan ? nah labirin coban rondo bisa menjadi pilihan nih.terletak di Jl. Coban Rondo, Desa Pandesari, Pujon, Batu . Taman ini menggunakan tanaman hijau setinggi 2m nih jadi meskipun readers masuk kesana , suasana akan tetap terasa sejuk dan adem ya readers . Labirin ini masih satu kompleks dengan air terjun coban rondo jadi sebelum menemukan labirin ini , readers terlebih dahulu akan menemukan air terjun ini . nah bagi readers yang membawa anak- anak disini juga ada loh permainan untuk mereka seperti kolam berenang .

19. Bukit Bulu Coban Rais

Buat readers yang hobi mengejar spot yang kece dan keren  Nah di Bukit Bulu Coban Rais ini akan banyak sekali spot foto yang keren yang bisa jadikan sebagai latar belakang readers untuk berfoto.terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Batu, Kota Batu , Beberapa sopot foto yang tersedia mulai seperti ada panggung yang bertuliskan I Love U, lalu readers juga bisa menikmati ayunan yang juga sangat menyenangkan disini. Bahkan bagi yang pencinta bunga maka readers harus siap - siap dibuat takjub dengan adanya fasilitas seperti bukit flower yang sangat cantik dengan bunganya yang ditata rapi dan juga berwarna-warni.

Nah kalau ingin mendapatkan dan juga mencoba spot foto yang sedikit menantang lagi, maka readers bisa mencoba untuk menaiki hammock bertingkat-tingkat, atau tidak ada salahnya juga jika mencoba menaiki sepeda gantung, dan juga gardu pandang. Dan sebetulnya masih banyak lagi spot foto serta fasilitas-fasilitas yang lain yang bisa readers nikmati dilokasi yang satu ini. tiket masuknya  sebesar Rp. 7500/org . berlaku untuk orang dewasa dan juga untuk anak-anak nih . Sedangkan biaya parkir yang bisa Anda bayarkan hanya Rp.2000 saja. Tentu saja harga yang sangat ramah dikantong.

20. Air terjun Coban Talun

Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Malang bisa readers sambangi nih , disana ada sebuah air terjun bernama coban talun . Berada di ketinggian 1300 mdpl, udara di Coban Talun kian sejuk dan asri. Coban Talun jua menyajikan pemandangan alam air terjun yang indah, dan berbagai wahana menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Disini terdapat tempat-tempat yang bisa dijadikan spot foto yang indah dan menarik, seperti Apache Camp, Pagupon Camp, kawasan Kebun Bunga, dan Bunga Matahari Raksasa. Harga tiket masuk di pintu gerbang Coban Talun sebesar Rp 10.000 / orang. Dan Untuk masuk ke wahana di Coban Talun, pengunjung harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli tiket sebesar Rp 5.000 per orang.

Fasilitas wisata di Coban Talun cukup lengkap ya , mulai dari area parkir yang luas, kantin, balai serbaguna, hingga mushola. Ada juga jasa rafting yang disediakan oleh pihak pengelola di tempat ini namun lokasinya memang agak jauh.

21. Air terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo merupakan air terjun yang terletak diKecamatan Pujon, Kota Batu, Kabupaten Malang , terletak pada ketinggian 1135 m di atas permukaan laut menjadikan air terjun ini sangat asri dan alami .Air terjun inipun memiliki ketinggian 84 meter nih readers dengan debit air berkisar antara 90L/detik pada musim kemarau sampai dengan 150L/detik pada musim penghujan. Coban Rondo sebenarnya merupakan bagian dari kelompok air terjun bertingkat nih  (dimulai dengan air terjun kembar bernama Coban Manten yang bergabung menjadi satu dinamakan Coban Dudo, dan kemudian mengalir ke bawah dengan nama Coban Rondo). Wah keren nih readers , mau kesini ?

22. Air Terjun Coban Rais

Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Batu, Kota Batu juga memiliki air terjun yang termansyur loh , yakni air terjun coban rais . sebelum memasuki air terjun terlebih dahulu readers akan di sambut olehflower garden coban rais , air terjun Coban Rais yang berada di lereng timur Bukit atau Gunung Panderman  sekitar  5 km sebelah barat laut Kota Batu.  begitu melangkah menuju Coban Rais readers akan ditantang dengan jalan setapak selebar 50 – 100 cm di pinggir parit dengan air yang jernih dan cukup deras serta di tepi tebing dan jurang yang dalamnya antara 20m - 50m. Jalur berkelok dan menanjak 30° sepanjang lebih kurang 3 km awal di bawah relung rerimbunan bambu dan semak belukar cukup licin karena air hujan atau pun luapan air dari sungai kecil yang melimpah yang terpecik karena dilalui pengunjung. Namun ketika sudah sampai readers akan melupakan rasa penat itu dan akan terpukau oleh air terjun coban rais ini .

23. BNS (Batu Night Spectacular)

Puas basah – basahan , sekarang kita beralih nih readers . ada yang pernah ke BNS ? Batu Night Spectacular adalah sebuah lokawisata yang berada di jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu .BNS sendiri hanya beroperasi pada malam hari nih readers . BNS-pun menggabungkan konsep pusat perbelanjaan, permainan, olahraga, dan hiburan di dalamnya. Untuk harga tiketnya bervariasi nih readers dari hrga Rp 35.000 – Rp 99.000 dan setiap wahana dikenakan biaya sebesar Rp 5000 – Rp 15.000 .

24. Jawa Timur Park 2

Terletak di Jl. Raya Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu , Jatim Park 2 selalu dibanjiri pengunjung setiap musim liburan tiba . Selain udara yang sejuk dan tidak terlalu panas, tumbuhan dan pepohonan di sekitarnya masih sangat lebat menjadi daya tarik sendiri untuk para pengunjung.
Bagi readers yang ingin merasakan seruan nya berbagai wahana di Jatim Park 2, pengunjung dikenakan tiket Rp 84.000 untuk hari Senin – Kamis. Sedangkan untuk hari Jumat – Minggu, harganya naik menjadi Rp 120.000.Untuk hari libur nasional atau musim liburan, harga tiket masuk mengikuti harga tiket weekend, yaitu Jum’at – Minggu. beberapa fasilitas yang telah tersedia oleh para pengelola adalah seperti : Mushola, E-bike station, Food court, Pusat oleh oleh, Charging station, Fun house, Baby care, dan Pusat informasi.

25. Batu Secret Zoo

Sesuai namanya, zone ini adalah kebun binatang masih menjadi bagian dari jatim park 2 . Berbagai jenis binatang ada di Zone ini sana. Kebun binatang ini luasnya mencapai 15 hektar.Kebun binatang ini dibagi dalam 6 area.Setiap area si dedikasikan untuk jenis hewan tertentu.Seperti area reptile, area aquarium, area savanah, area pasar Afrika, area fantasy land and adventure land, area dan area tiger land.

26. Eco Green Park

Di dalam zone wisata Eco Green Park ini, pengunjung  bukan hanya terhibur tapi juga ter-edukasi dengan baik . Semua hal mengenai pendidikan bidang: pengetahuan alam, lingkungan, pengenalan edukasi, dan masih banyak lagi, di sajikan dengan cara menarik melalui 35 wahana di wisata. Di antara wahana-wahana itu terdapat miniatur candi, insectarium, music plaza, eco journey, animal farm, hydroponic, world of parrot, dan duck kingdom. Wah menarik ya readers .

27. Museum Satwa

Di lokasi ini pengunjung akan bertemu dengan hewan-hewan yang sudah musnah dari bumi juga yang sampai sekarang masih tetap eksis. Terdapat fosil, ataupun patung hewan-hewan tersebut di museum satwa Jatim Park 2. Juga terdapat koleksi serangga lebih dari 5.000 yang didatangkan dari penjuru bagian-bagian dunia. Nah ini juga masih termasuk dalam zona jatim park 2 ya readers .

28. Pura Luhur Giri Arjuno

Pura Luhur Giri Arjuno merupakan tempat ibadah pemeluk agama Hindu terbesar yang dimiliki Kota Batu, tepatnya di Tulungrejo, Bumiaji, Tulungrejo, Kota Batu . di tunjang dengan Pemandangan disekeliling pura membuat meditasi terasa nyaman di sini. Luas pura ini sendiri kurang lebih 6 hektare. Kompleks pura dipenuhi oleh berbagai bangunan bale yang dikhususkan untuk ritual tersendiri. Yang jelas, pengunjung akan memiliki banyak kesempatan untuk berburu foto di sini.

29. Rumah Terbalik Batu

Wah keren nih ,  Kenapa dinamakan Rumah Terbalik sih ? karena Posisi rumah ini terbalik dengan pose atap menghadap ke tanah dan lantai menjadi langit – langit di Rumah Terbalik ini readers .nah Saat memasuki ruangan pertama, yang akan menyambut para pengunjung adalah furnitur ruang tamu yang pasti tentunya berada di atas kepala.Semua sofa, meja tamu, televisi, lemari buffet, hingga aksesorisnya seperti vas bunga, taplak meja, hampir keseluruhan dalam posisi terbalik, namun turis tidak perlu khawatir karena perabotan ini tidak akan jatuh menimpa pengunjung dibawahnya.Bahkan saat pengunjung melihat ke kamar mandi, semua peralatan mandi dari bak mandi, shower, keran air, sabun, shampo, sikat giginya ditaruh terbalik di atas kepala para pengunjung.Begitupun dengan keadaan di dapur, Menariknya, lampu – lampu dalam ruangan tersebut otomatis menyala bila ada pengunjung.Untuk menikmati wahana Rumah Terbalik di Eco Green Park ini, pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 40.000 dari pintu masuk awal di Eco Green Park. Harga tersebut khusus untuk weekdays, sedangkan untuk weekend harganya adalah Rp 60.000

30. Jelajah 5 Benua

Hayo ada yang apal ke 5 benua yang ada di dunia ? tempat wisata yang berada di Jl. Jatim Park II, Temas, Kec. Batu, Kota Batu ini sesuai dengan namanya, wisata ini akan memberikan banyak edukasi terhadap anak – anak nih readers , terutama tentang lokasi benua-benua di dunia. Masih termasuk dalam kawasan wisata edukasi Jatim Park.

31. Jawa Timur Park 1

Jatim Park ini berkonsep wahana rekreasi yang dipadukan dengan edukasi , sehingga anak anak bisa bermain dan sekaligus belajar disini . terletak di Jl. Kartika No. 2, Sisir, Batu, Kota Batu . Area bermain di Jatim Park cukup luas ya , di dalamnya terdapat total 53 wahana permainan yang dapat kamu nikmati, selain itu juga didukung fasilitas umum seperti restoran, kafe, toilet, mushola hingga tempat parkir yang cukup luas.
Untuk harga tiket sendiri yakni :
  • Tiket masuk Reguler Jatim Park 1 : Rp 70.000/ orang untuk weekdays, sedangkan untuk weekend Rp 100.000/ orang
  • Tiket masuk terusan Jatim Park 1 : Rp 130.000 per orang untuk weekdays, sedangkan weekend Rp 150.000, kelebihan tiket ini adalah sudah termasuk tiket masuk mengunjungi Museum Tubuh.
  • Tiket Sakti, yang sudah include tiket Jatim Park 1, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Museum Tubuh, Eco Green Park, Predator Fun Park, Museum Angkut (D'topeng + Runway 27) dan BNS, HTM tiket ini yang berlaku 2 hari adalah Rp 375.000, sedangkan yang berlaku 3 hari (Tiket Super Sakti) Rp 450.000
  • Tiket Hemat Pelajar, cocok untuk pelajar yang akan mengunjungi di saat weekday, harganya mulai Rp 70.000 termasuk salah satu dari 3 tempat ini : Museum Tubuh, Eco Green Park atau Predator Fun Park. Ada juga tiket hemat pelajar dengan harga Rp 100.000 sudah termasuk 3 tempat tersebut

32. Museum Tubuh

Nah disini , readers akan belajar tentang anatomi tubuh berserta sistem kerjanya ya readers . berbagai peralatan di buat semirip mungkin dengan yang aslinya nih readers . disini pun memiliki banyak zona ya readers, seperti zona paru – patu , zona mulut , zona jantung dan masih banyak yang lainnya , oh ya museum tubuh ini masih termasuk dalam 3 zona jatim park 1 ya readers .

33. Alun-alun Kota Batu

Alun – alun kota batu sendiri terletak di  Jl. Agus Salim, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu , Wajahnya yang masih sangat asri, banyak arena bermain, serta fasilitasnya lengkaplah yang membuat nya menjadi alun –alun yang paling di irikan seindonesia loh . Inilah gambaran alun-alun yang diidamkan banyak kota di Indonesia, warga Batu berhak untuk bangga memiliki alun-alun sekeren ini. Traveler pun bakal betah bermain-main di sana apalagi mengunjunginya tidak dipungut biaya.

34. Kusuma Waterpark

Berada di Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Batu Sub-District, Batu City , waterpark yang berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut ini, menjadi salah satu tempat wisata terbaik bersama keluarga nih reders. pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Malang yang menakjubkan. Tidak ketinggalan rasakan sejuknya udara khas pegunungan. Berada masih satu area dengan Kusuma Agrowisata dengan pengelolaan di bawah Kusuma Agrowisata Group. Kusuma Waterpark dikhususkan pada wahana permainan air.uniknya setiap kolam di beri nama buah-buahan nih readers . Harga tiket sendiri di mulai dengan harga Rp 35.000 – Rp 100.000 . tertarik kesini ?

35. Batu Wonderland

Masih dengan tema air nih , yang suka dengan wahana air ekstrim bisa mengunjungi baru wonderland ini ya readers , beralamatkan di  Jl. Imam Bonjol Bawah No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu menjadikan wahana air ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan nih readers . disamping waterpark , batu wonderland juga menyediakan beberapa fasiitas nih seperti playground , shoppin center , dan area hotel . untuk masuk ke area batu wonderland sendiri , readers hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 20.000 saja .

36. Pasar Wisata Batu

Ini adalah pasar yang menyediakan beberapa sovenir khas di malang , berlokasi di Jl. Dewi Sartika, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu . pasar ini nampaknya tidak sepi pengunjung ya readers .

37. Candi Songgoriti

Candi Sanggariti atau Songgoriti  ini berada di dekat satu sumber air panas, yang di sekitarnya terdapat tempat outbound Malang, dan juga pasar wisata . candi ini bisa juga readers gunakan sebagai alat edukasi pada anak ya readers , candi ini terletak di Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu .

38. Kaliwatu Rafting

Kaliwatu rafting terletak di Jalan Raya Bung Tomo no 19, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu, Jawa Timur Indonesia. Kaliwatu memberikan wisata adventure. Sebagai perusahaan berkonsep wisata adventure, Kaliwatu menyediakan beberapa pilihan jasa dan wisata, seperti wisata Arung Jeram (Rafting), Gathering, dan Outbound Activity seperti: Motivator Training, High Impact Outbound Program, Student Outbond, Hypnomotivation, Team Building, Leadership, Managerial Succes, dll.Selain ada pilihan kegiataan seperti: Paint Ball, Tubing atau Donut Boat, Wisata Petik Apel, Gowes (Mountain Bike), Motor Trail, Paralayang, Mountain Climbing, dan wisata yang berbasis adventure lainnya. Sampai saat ini Kaliwatu bisa berkembang pesat dengan metode pendekatan outdoor activity.

39. Sumber Air Torong Park Batu

Adalah mata air yang di gunakan sebagai Pemandian bagi masyarakat sekitar . sumber air torong park ini menyimpan potensi besar tak kalah dari ikon wisata lainnya di Kota Batu . Pemandangan di sekitar Sumber Torong Park cukup asri karena terletak di sekitar areal persawahan hijau. Sudah ada pula bangunan untuk pemandian yang dibuat oleh warga secara swadaya yang berlokasi di Jl. Welirang, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu. Salah satu bagian dinding pemandian itu juga dihiasi lukisan indah, meskipun tampaknya kurang terawat, sehingga tertutup lumut. Mau mencoba kesini readers ?

40. Masjid Agung An Nuur Batu

Kota Malang memang banyak terdapat beberapa tempat wisata religi ya readers , dan masjid agung an nuur juga salah satunya . Masjid Agung An-Nur ini berada di kawasan wisata Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Masjid megah ini ternyata sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda dulu loh dan masjid inipun dipuji oleh para wisatawan karena fasilitasnya yang dinilai ramah wisatawan. Masjid Agung An-Nur dibangun pada tahun 1920 di atas tanah wakaf dan telah beberapa kali mengalami renovasi.Beberapa fasilitasnya yang cukup mendapat appresiasi dari wisatawan diantaranya adalah Rest Area yang sengaja dibangun terpisah dari bangunan utama masjid sehingga mereka yang sedang beristirahat disana tidak mengganggu aktivitas peribadatan di ruangan utama masjid.

41. Sumber Sirah

Nah sesuai namanya nih , sumber sirah memang memiliki mata air yang sangat bersih dan jernih bahkan sumber sirah ini bisa digunakan untuk snorkling nih readers , mantap kan . berlokasi di Jalan Sunan Gunung Jati, RT.05 / RW.02, Putukrejo, Gondanglegi, Malang sumber sirah ini selalu ramai di kunjungi ketika akhir pekan , bagi yang tidak bisa bereang bisa menyewa ban dengan harga Rp 5000/ jam ya .

42. Sumber Maron

Sumber maron sedikit berdekatan dengan sumber sirah nih readers . Nah yang menariknya disni, readers pun tidak hanya bermain air tetapi juga bisa bermain wahana lain seperti terapi ikan ,flying fox dan tentu sudah ada area fotografi yang sangat cantik untuk di jadikan background foto readers nih . jadi nih reader kalo ingin main ke sumber maron,langsung aja ke Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Wahana ini buka dari jam 07:00 sampai dengan pukul 18:00 wib ya reader. Harga tiketnya pun sangat terjangkau ni cukup Rp 8.000.000 aja kalian bisa menikmati wahan sumber maron.

43. Sumber Wendit

Sumber wendit juga salah satu dari banyaknya wisata di provinsi malang ya reader, menariknya dari wisata ini bahwa masyarakat malang mempercayai kalau sumber air bisa menyembuhkan penyakit,memudahkan jodoh, rezeki dan awet muda ni readers, tuh kan jadi serasa pengen kesana ni readers. Wahana sumber wendit ini punya beberapa kolam alami ataupun buatan. Ada kolam alami, kolam spa, kolam buatan, wahana waterpark, arena bermain anak, dll ya readers .

44. Wisata Air Krabyakan

Terletak di Desa Sumber Ngepoh, Sumber Ngepoh, Lawang, Malang . ini cocok banget untuk di kunjungi seluruh keluarga yareaders , pasalnya wisata air ini memberikan fasilitas bagi segala umur. Selain kolamnya yang jernih, seluruh keluarga bisa menikmati terapi ikan, mandi bola, dan wahana sepeda air. Nahbagi yang belum paham , Terapi ikan terkenal banyak manfaatnya, antara lain memperlancar aliran darah di kaki melalui hisapan ikan-ikan kecil, serta menghilangkan sel-sel kulit mati. Dan unutk tiket tidak perlu khawatir nih readers soalnya hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 8.000 saja loh .

45. Hawai Water Park

Cieee hawaii , eiittt ini bukan hawaii yang berada di luar negeri kok . hawaii waterpark ini berada di Jl. Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari, Malang. Ada 10 wahana yang terdapat di Hawai Waterpark Malang, yaitu Hawai Water House, Waikiki Beach, Waimea Stream River, Mavi Island, Rainbow Fall, Akaolu pool, Ekolu slide, Hula-hula slide, Wailele Slide. Dari sembilan wahana yang ada, ada dua wahana yang menjadi unggulan di Hawai Waterpark Malang yaitu Hawai Water House dan Tsunami pool (Waikiki Beach) yang pastinya wahana yang di siapkan tentulah wahana yang bertaraf internasional ya readers .

46. Sumber Buntung

Sumber buntung berlokasi di Urek Urek, Gondanglegi, Malang . wisata air ini dibuat sebagai lahan Wisata pemandian dan juga beberapa sawah di Desa Urek-urek yang mengalirkan airnya ke Desa Putat Lor.selain diperuntukkan untuk pemandian ,ternyata Sumber Buntung juga dipakai untuk memancing oleh anak-anak sekitar Desa Urek-urek. Sumber Buntung juga juga semakin di percantik oleh adanya eceng gondok di atasnya .

47. Sumber Pitu Tumpang

Sumber Pitu Tumpang ini sedikit unik nih readers karena memiliki tujuh aliran meski bersumber dari mata air yang sama. Dengan debit air yang mencapai 1600 liter /detik, air di sini sangat deras terjunnya dan menerobos tebing yang berselimutkan rimbun kehijauan.Semua komposisi alam tersebut disempurnakan oleh permukaan air terjunnya. Sebuah kolam alam pun tercipta sebagai penampungan sementara sebelum air melanjutkan perjalanan. Bebatuan basah beraneka ukuran itu tertata sedemikian rupa sebagai petunjuk jalan agar air mengalir ke tujuan. Untuk yang tertarik ke sini readers bisa mengunjungi Duwet Krajan, Tumpang, Malang ya readers .

48. Sumber Taman

readers akan melihat keindahan dan keasrian rerimbunan pepohonan yang konon berusia ratusan tahun jika telah sampai di sumber taman . Bagi readers yang sangat menjaga kelembaban kulit dan takut untuk terkena sinar matahari langsung, nah readers tidak perlu khawatir ya karena pepohonan di sini sangat lebat sehingga dedaunan yang berada di atas kolam akan menjadi sebuah payung alami sehingga readers bisa dengan nyaman berenang di kawasan ini. Sumber taman terletak di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

49. Coban Pelangi

Terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Benjor, Tumpang, Malang wajar saja coban ini masih terlihat asri dan cantik . nah Saat terbaik untuk datang ke Air Terjun Coban Pelangi yaitu pada pukul 10.00 -14.00 siang ya readers karena pada waktu tersebut posisi matahari yang sudah mulai meninggi membuat percikan air di sekitar air terjun nampak berwarna warni layaknya sebuah pelangi. Dan hal inilah yang melatar-belakangi nama air terjun tersebut.Dan ketika datang pada sore hari, fenomena percikan air yang nampak berwarna warni akan mulai menghilang, hal ini disebabkan oleh kabut di sekitar air terjun yang perlahan turun dan menghalangi sorotan sinar matahari.

50. Coban Kembar

Meski disebut sebagai Coban Kembar, tapi sebenarnya ada perbedaan nih di antara keduanya readers . Perbedaan itu akan terlihat jelas saat readers berada di dekat coban. Coban yang berada di ketinggian 1.200 mdpl ini memiliki ketinggian yang berbeda diantara ke duanya yaitu terpaut sekitar 5 meter. Coban pertama di samping kanan ketinggiannya mencapai 40 meter, sedangkan coban kedua yang berada di sebelah kiri memiliki ketinggian 35 meter.Selain perbedaan ketinggian,coban kembar yang berada di Sukomulyo, Pujon, Malang ini ternyata sumber air Coban Kembar ini juga tidak sama. Yang satu berasal dari sumber mata air langsung sehingga aliran cobannya jernih. Sedangkan satunya berasal dari aliran sungai yang menyebabkan aliran airnya agak keruh pada saat musim penghujan. 

51. Coban Kethak

Coban yang terletak di Desa Pait, Kasembon, Pait, Malang ini memiliki tinggi coban mencapai 25 meter, walaupun ketinggian nya masih kalah bila dibandingkan air terjun Sipiso Piso Medan, namun keindahan yang dimiliki tak kalah keren kok readers, terlihat dari pantulan dari air terjun di tanah hingga jauh. Itulah salah satu alasan mengapa pengunjung suka seru-seruan bermain air hingga berendam lama disana. Agar menambah kenyamanan wisatawan, pihak pengelola benar-benar mengutamakan kepuasan pengunjung nih , terlihat dari waktu ke waktu fasilitas disana mengalami perkembangan yang cukup pesat. Fasilitas wisata dibangun demi membuat pengunjung merasa lebih senang dan nyaman. Nggak mau pulang deh .

52. Coban Supit Urang

Masih tentang coban , dan kali ini coban yang berasal dari Wiyurejo, Pujon, Malang ini sangat cantik nih readers . Air Terjun Supit Urang ini tergolong salah satu air terjun tersembunyi di Malang loh readers .Air terjun inipun masih sangat alami, sehingga tidak ada tempat parkir atau fasilitas penunjang pariwisata lainnya.

53. Coban Manten

Disebut Coban Manten karena di sini terdapat dua coban yang saling berjajar dalam satu tebing seperti sepasang pengantin loh , oleh karena itu disebut ‘manten’ yaitu bahasa jawa dari menikah nih readers . coban ini berlokasi di Pandesari, Pujon, Malang ya readers .

55. Coban Sewu

Coban Sewu adalah air terjun berketinggian sekira 120 m yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang nih readers , Provinsi Jawa Timur. coban Sewu merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia loh . cobanSewu memiliki formasi unik yakni memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered. Lokasinya ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 mdpl . Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

56. Coban Jahe

Coban yang terletak di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Bendosari, Pujon, Malang ini memiliki ketinggian air terjun yang mencapai 45 meter, Coban Jahe menyuguhkan sensasi guyuran air yang sangat kencang. Terlebih di sekitar terdapat berbagai jenis batu cadas yang kian menambah kegagahan Coban Jahe nih .nah Selain menikmati pemandangan air terjun, pengunjung dapat beraktivitas tubing di aliran sungai di bawah Coban Jahe. Tak hanya itu, biasanya juga digunakan sebagai lahan untuk perkemahan nih .

57. Coban Tundo

Berlokasi di Tambakasri, Sumbermanjing, Malang. coban tundo berarti air terjun yang bertingkat .Penamaan tersebut lebih populer di kalangan wisatawan. Adapun warga setempat lebih suka menyebutnya secara spesifik yakni “Coban Tundo 3” untuk menggambarkan ke tiga tingkatan air terjun ini. Tentu saja coban ini sangat cantik nan eksotis nih readers .

58. Coban Gintung

Coban Gintung yang menawarkan kesan purba. Kunjungi onjek wisata ini di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sama halnya dengan wisata air terjun lain nih , Coban Gintung tetaplah mengusung karakter khas “coban” di Malang. Memadukan tembok tebing berbalut hijau tetumbuhan lumut dengan putihnya air yang jatuh untuk kemudian membiru kehijau-hijauan membentuk sebuah kolam yang indah .

59. Coban Watu Ondo

Sebenarnya Nama lengkap coban ini adalah Coban Kembar Watu Ondo, dinamakan begitu karena ada dua air terjun yang saling berhadapan tuh . Sama-sama indah dan mengalirkan kesegaran di antara belantara Taman Hutan Raya Raden Soeryo. Yang sebelah kanan memiliki ketinggian 15 meter sedangkan kembarannya mencapai 69 meter. Nama Watu Ondo sendiri merujuk pada anak tangga yang tertata rapi menuju lokasi. Lokasi coban ini terletak di Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu .

60. Coban Nirwana

sebenarnya nama air terjun ini adalah Coban Mbok Karimah loh readers. Nama tersebut berkaitan dengan nama sesepuh yang tinggal di sekitar air terjun dahulu .namun Seiring banyak yang terpikat oleh keindahannya, namanya pun diganti menjadi Coban Nirwana.coban ini terletak di Gedangan, Malang . jangan lupa mampir ya readers .

61. Coban Kedung Malang

Coban Kedung Malang merupakan kolaborasi alam antara air terjun dan kedung (aliran sungai). Sehingga orang-orang sering menyebutnya dengan air terjun Kedung Malang. Lokasi air terjun ini berada di desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang . Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dan lebar 25 meter, letak kedungnya ada tepat di bawah air terjun. Meskipun indah dan menyegarkan, namun pengunjung tetap harus waspada ya karena dasar sungainya dalam sekali.

62. Coban Glotak

Coban Glotak, air terjun cantik yang berasal dari lereng Gunung Kawi. Tepatnya berada di desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Air yang terjun dari ketinggian sekitar 100 m bisa mendarat bersama dengan batu-batu kecil sehingga menimbulkan bunyi yang khas “glotak-glotak”. Kekhasan itu pula yang menjadi awal penamaannya. “Coban” mewakili air terjun, sementara “Glotak” berasal dari bunyi bebatuan yang jatuh.wah unik ya readers .

63. Coban Parang Tejo

Coban yang berlokasi di Princi, Gading Kulon, Kucur, Malang ini di gadang – gadang masih memiliki pesona yang sangat asli loh readers , meskipun begitu pihak pengelola tak lupa memberikan fasilitas spot foto untuk para pengunjung yang datang .adapun beberapa fasilitas nya seperti : ayunan maut , rumah akar , sayap burung , taman love dan masih banyak lagi nih readers . untuk harga tiketnya sendiri readers cukup membayar Rp 15.000/ org .

64. Coban Telaga Warna

Pergilah ke Sidorenggo, Ampelgading, Malang maka readers akan menemukan coban telaga warna atau coban pancawarna ini . Coban Telaga Warna Malang memiliki medan yang cukup merepotkan nih, akses jalan dan fasilitas seadanya tidak akan mengurangi kegigihan untuk menemukan kesejukan suasana Coban ya. Meskipun tidak dipungut biaya masuk alias gratis, readers hanya perlu merogoh kantong 2000 rupiah untuk biaya parkir kendaraan.

65. Coban Ciblungan

Diawali dengan Percikan airnya terasa begitu menyegarkan . Sungainya yang masih jernih, karena masyarakat sekitar juga sangat apik dalam merawat keaslian lokasi tirta wisata ini. Lestarinya Coban Ciblungan juga tak lepas dari fakta bahwa air terjun ini masih belum banyak diketahui wisatawan. Karena itu risiko kerusakan yang dihadapinya juga masih minim. Berlokasi di Jalan Raya Dampit – Lumajang, Purwoharjo, Ampelgading, Sidorenggo, Malang menjadikannya salan satu coban terasri di malang karena nyaris tidak memiliki fasilitas sama sekali .

66. Coban Trisula

Ada yang tau dengan trisula ? ituloh senjata kebanggaan dewa posaidon sang penguasa lautan , tapi kok digunakan untuk nama coban ya ? coban ini Menggunakan Istilah Trisula karena air terjun ini terpecah menjadi 3 cabang ya layaknya seperti trisula nih readers . coban ini berada di Ngadas, Poncokusumo, Malang nih readers , jangan lupa mampir ya .

68. Coban Siuk

Nama Siuk sendiri diambil dari seseorang wanita yang bernama Mbok Siyok, yang sebelumnya pernah mengelola dan memelihara Tanah dan Hutan di sekitar Coban Siuk ini. Air terjun dengan ketinggian yang mencapai 90 m ini bahkan bisa mengeluarkan debit air yang cukup besar nih readers . Selain menikmati wisata alam air terjun yang indah, disini readers juga bisa menikmati segarnya air dengan cara bermain main air yang ada di tepian kolam bawah air terjun. Berlokasi di Taji, Jabung, Malang ketika di tengah perjalanan menuju air terjun ini , readers juga bisa menemukan coban lain setinggi 12 meter sebagai pemanasan.

69. Coban Banyu Anjlok

 banyu anjlok berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk bisa sampai dipantai ini perlu waktu kurang lebih 3-4jam perjalanan dari pusat kota Malang. Pantai banyu anjlok adalah salah satu Destinasi wisata terfavorit di Malang Selatan loh , pasalnya banyu anjlok memiliki keindahan yang unik serta ada yang menjadi daya tarik wisatawan, yaitu air terjun berpadu dengan ombak pantai. Sejarah pantai banyu anjlok artinya dalam bahasa Indonesia adalah Air jatuh, karena disana ada fenomena air tawar yang membentuk air terjun langsung jatuh ke bibir pantai, ada juga Goa Sarang Dompet yang terletak didekat pantai banyu anjlok.
Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Anjlok
Biaya Tiket Masuk Pantai Banyu Anjlok : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2: Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4: Rp. 5.000,-
Tarif Ojek : Rp. 25.000,- (ojek dari Pantai Lenggoksono menuju Pantai Banyu Anjlok)
Tarif Perahu : Rp 400.000,- PP dengan kapasitas maksimal 8 penumpang, Rp. 50.000,- perorang dan nikmatilah 3 Pantai jika menggunakan akomodasi perahu, yaitu Pantai Banyu Anjlok, Pantai Bolu Bolu, Pantai Teluk Kletakan.

70. Coban Putri

Coban putri memiliki keindahan sendiri ya readers karena lokasinya yang berada di antara lembah dan di bawah perbukitan jadi tidak di ragukan lagi dong bgaimana keindahannya . disinipun disediakan hanmock bagi readers yang ingin bersantai ria , coban putri ini berlokasi di Perhutani Oro oro Ombo, Coban Putri, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu . untuk tiket ih cukup murah yakni hanya Rp 8.000 saja per orang ya readers .

71. Coban Kedung Jembar

Air Terjun Kedung Jembar, berada di Desa Sumber Roto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang ini menambah daftar keindahan Alam wisata malang yang terus dikembangkan dan dipublikasikan . Surga yang tersembunyi dari bumi Donomulyo, Air terjun dengan bentuk berundak, diguyur dengan air jernih sebening mata air dengan keunikan yang indah dipandang mata serta lokasi luas dan lega sehingga mampu menampung banyak wisatawan hadir disini menikmati keindahan alam. Lekukan-lekukan sungai banyak membentuk kolam alami sehingga bisa dibuat tempat beristirahat sembari bermain air. 

72. Coban Cinde

Berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Benjor, Tumpang, Malang,Tantangan yang paling berat untuk mencapai Coban Cinde adalah readers dipaksa untuk menyusuri sungai ke arah hulu kurang lebih 1 kilometer agar dapat menikmati keindahannya. Sebelum itu, readers pun sudah harus bersusah payah menuruni lereng curam dari batas hutan pinus untuk mencapai sungai. Di beberapa bagian jalan setapak yang nampak jarang dilewati, telah siap rumpun rotan merintangi yang duri-durinya siap merobek kulit. Sungguh kombinasi medan yang sangat menantang sekaligus mengancam. Mungkin karena itulah Coban Cinde jarang dikunjungi, sekaligus juga menjaganya dari kerusakan yang disebabkan ulah tangan manusia.Namun Selama menyusuri sungai readers akan disuguhi pemandangan luar biasa. Hutan lebat, kicau burung, air sungai yang jernih dan dingin, terbingkai oleh tebing sungai setinggi puluhan meter di kanan kiri. 

73. Air Terjun Sumber Pitu

Seperti namanya nih readers yakni sumber pitu. air terjun sumber pitu malang ini memang memiliki 7 titik airterjun dalam satu tebing yang cukup tinggi loh . Uniknya  lagi walaupun musim kemarau air terjun sumber pitu akan tetap ada airnya, hanya saja debit air di air terjunsumber pitu ini akan sedikit berkurang. Air terjun yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Benjor, Tumpang, Malang memang baru hits beberapa waktu terskhir ini namun readers tetap harus berhati – hati ya karena jalan menuju sumber pitu ini sangat licin tuh .

74. Coban Jidor

Masih mau yang “ eksotis “ nih ? nih silahkan pergi ke coban jidor , coban ini terletak di Ngadirejo, Jabung, Malang ya readers .  ada alasan loh readers dibalik penamaan Coban Jidor ini. Dalam bahasa Jawa Timuran sendiri , Jidor adalah Bedug Masjid. Nah karena memiliki ketinggian 10 meter, aliran air terjun ini mengalir cukup deras. Suara aliran yang terdengar begitu keras dan jelas inilah layaknya jidor yang sedang ditabuh. maka, dari situlah muncul penamaan Coban Jidor ini. Sama seperti coban yang lain , coban ini masih sangat asri nan menawan karna masih banyak yang belum di campurtangai oleh manusia . tertarik ?

75. Coban Kedung Sengingi

Ampelgading , kab.malang sendiri spertinya adalah surga para coban ya readers , adasatu lagi coba yang berasal dari daerah ini yakni coban kedung sengingi . Keunikan air terjun ini dibandingkan dengan air terjun lain yaitu bentuk alirannya yang melebar. Debit airnya pun tidak terlalu deras nih . Seakan-akan airnya merambat di tebing. Selain itu air terjun ini dikelilingi oleh beberapa air terjun kecil dan terdapat formasi bebatuan yang mirip seperti di dalam goa di sebelah barat air terjunnya. Namun dasar coban ini sangat dalam ya readers , be careful saat disini .coban kedung sengingi sendiri nampaknya belum dikelola secara profesional, masih dikelola mandiri oleh masyarakat sekitar areal kedung Bantur. Oleh karena itu, pengunjung hanya ditarik retribusi tiket parkir kendaraan sebesar Rp3.000 saja, selebihnya bisa dinikmati secara gratis.

76. Coban thombu

Desa Sidoasri Sumbermanjing Malang bisa kalian datangi jika ingin melihat coban yang satu ini ya readers , coban thombu sendiri masih sangat asri dan mungkin namanya masih sangat asing di telinga para wisatawan , namun jangan khawatir sebab coban ini pun mampu memberikan sensasi yang luar biasa ketika readers sudah mencapai coban ini .

77. Pantai Balekambang

Nah puas dengan coban , yuk kita bergeser ke arah yang lebih luas , yakni pantai .  di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang terdapat pantai yang bernama pantai balekambang . Pantai Balekambang sendiri memiliki julukan “Tanah Lot-nya Jawa Timur” nih readers karena pantai ini memiliki lanskap dan topografi yang disebut-sebut menyerupai Pantai Tanah Lot loh yang sangat terkenal yang ada di Bali tersebut. hal inilah yang membuat Pantai ini salah satu tujuan wisata favorit baik bagi wisatawan .Untuk masuk kawasan Pantai dan menikmati segala keindahan dan fasilitas yang ada, wisatawan hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000,-  Rp 15.000/orang. Harga tiket masuk itu tentu sangat murah ya untuk objek wisata terpopuler di kota Malang. Namun bagi para wisatawan yang iingin menginap kawasan Pantai Balekambang menyediakan berbagai macam fasilitas. Yang pertama adalah hotel dan penginapan yang bertarif Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per malam.

78. Pantai Goa Cina

Bukan di cina loh ya, masih di area malang kok , namun namanya yang cukup unik membuat goa ini menjadi sangat populer . pantai yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang ini sebenarnya memiliki nama Pantai Rowo Indah. Namun kedatangan seorang biksu China di Pantai ini menjadikannya menjadi Pantai Goa Cina, tepatnya pada tahun 1903. Kata goa cina berasal dari pertapaan biksu cina tersebut di sebuah goa yang ada di pinggir Pantai. Biksu tersebut tidak pernah keluar dan kemudian diketahui telah meninggal dan menyisakan tulang belulang . panai ini pun menyuguhkan suara deburan ombak , tak lupa Pasir Pantai Goa Cina berwarna putih berkilau dan di sepanjang bibir Pantai berbaris pohon cembirit dan ketapang. Selain itu juga ada pemandangan deretan tebing di pinggir Pantai.

79. Pantai Clungup

Pantai Clungup sndiri adalah surga yang tersembunyi dan merupakan salah satu Pantai yang sangat indah dan masih baru di Kabupaten Malang Jawa Timur. Disebut Pantai tersembunyi karena masih belum banyak orang yang tahu potensi wisatanya. Banyak wisatawan yang pernah berkunjung ke sini merasa kalau keindahan Pantai ini pantas diapresiasi dengan julukan “Raja Ampat ala Malang” loh readers . 

80. Pantai Tamban

Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang pun memiliki pantai yang indah nih readers , Sepanjang kurang lebih 1.500 meter,terhamparlah pasir putih bersih di bibir indah pantai ini. Tebaran batu-batuan di sepanjang tepinya menjadi gambaran noktah dalam hamparan halus pasir yang turut melengkapi komposisi pesonanya. Pesisir ini benar-benar membiarkan pengunjung memandang jauh ke laut lepas. Hal inilah yang menjadikan pantai tamban sangat di ungguli oleh masyarakat sekitar .

81. Pantai Nganteb

Pernah berlibur kepantai ini? Pantai Nganteb adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang berada di Dusun Sukorejo, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur atau sekitar 72 km dari Kota Malang nih readers . pantai ini pun bahkan bisa di gunakan untuk berselancar nih readers , wah pasti ombaknya sangat cantik ya .

82. Pantai Licin

Lokasi nya di Desa Lebakharjo, Kecamatan Apelgading, Kabupaten Malang. Namanya licin bukan karena alasan nih readers , kata licin sendiri merujuk pada lumut hijau yang berada di area sekitar pantai rute menuju panjai inipun sangat sempit dan menantang nih readers . sama seperti tiket yang lainnya readers hanya perlu membayar parkiran saja dan gratis untuk masuk ke pantai ini .

83. Pantai Wonogoro

Selanjutnya , pantai wonogoro ya bukan wonogiri hehehe .  pantai ini berada di Dusun Sukorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. walaupun tidak sepopuler Pantai Balekambang yang ada di sebelah baratnya nih, namun Pantai Wonogoro dirasa cukup menjanjikan dalam suasana dan panorama pantai yang menawan. Dibumbui dengan Garis pantai ini memanjang hingga lebih dari satu kilometer dengan dibatasi bukit kecil di kedua tepinya. Pasir putih yang terhampar bercampur dengan pasir besi, sehingga tampak berkilauan ketika terkena sinar matahari. Bersantai dengan berteduh di antara pepohonan, sobat bisa menikmati birunya laut selatan. Ihh cantik banget kan .

84. Pantai Watu Leter

nama Watu Leter sendiri diberikan karena ada sebuah tebing di sekitar Pantai yang memiliki bagian datar di ujungnya tebingnya . Tebing yang terletak di tengah laut itu menjadi kian mencolok berkat bentuk datarnya itu. Hal ini lah yang kemudian membuat warga menamai Pantai ini dengan nama Watu Leter. Selain Watu Leter, warga juga menyebut Pantai ini dengan nama Pantai Ngleter. Nah disinipun readers bisa melihat para penyu yangsedang bertelur nih. Nah jika ingin kesini readers bisa mengunjungi  Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

85. Pantai Jonggring Saloko

Pantai yang memiliki nama yang sama dengan nama kawah di Gunung Semeru ini kerap sepi dari pengunjung. Karena belum terjamah oleh tangan manusia ,dengan Keunikan alam nan eksotis, gelombang besar khas Pantai Selatan, angin sejuk dan bersih begitu menghipnotis mata . Alamat pantai Jonggring Saloko adalah di Desa Mentaraman, kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Setelah tiba di Pantai Jonggring Saloko di kecamatan Donomulyo, readers bisa loh memilih keindahan tiga fenomena alam sembari menikmati Cantiknya Pantai Jonggring Saloko Malang yang akan membuat readers terpukau yakni : Watu Nggebros, Cob Belut,dan pasir hitam .

86. Pantai Bantol

Beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh pantai yang berada di Dusun Sumber Celeng, Desa Banjar Rejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang ini adalah gelombang yang tenang, hutan jati dan mangrove, danau, goa, dan udang lobster yang melimpah dan itupun masih belum semuanya.Banyaknya potensi yang bisa jajakan membuat Pantai Bantol iniipun seolah-olah adalah harta karun berisi keindahan alam yang berada di Indonesia. Hal ini membuat banyak orang yang tertarik untuk berkunjung dan melakukan berbagai aktivitas menarik seperti memancing dan berkemah. Nah untuk menikmati karya tuhan ini readers hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 5.000 dan uang parkir sebesar Rp 5.000 , cukup murahkan readers .

87. Pantai Sendiki

Pantai Sendiki memiliki keindahan yang sangat menakjubkan mata, dan yang paling penting adalah pantai sendiki ini masih sangat asri, bersih dan SEPI. Pantai dengan hamparan luas pasir putih halus , ombak yang deras dan pantai berbatu di beberapa bagian menjadikan pantai ini tempat yang nyaman untuk menghilangkan segala kepenatan dari hiruk pikuk kota . Pantai Sendiki terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Biaya masuknya adalah Rp 5.000 dan parkir juga Rp 5.000 nih readers , terjangkau kan .

88. Pantai Watu Lepek

Karena memang belum terlalu populer , pantai ini jadi semakin menenangkan ketika derasnya deru ombak menyapa nih . disini readers pun bisa bermain pasir tanpa hambatan yang berarti , karena sangat sepi pantai ini pun bisa dijadikan tempat camping nih readers , mau kesini , pantai ini beralamatkan di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.nikmati sensasi menenangkan disini ya readers .

89. Pantai Wedi Awu

Nah bagi selancar lovers bisa coba pantai yang satu ini ya , pantai ini terkenal dengan kemolekan ombaknya . bahkan ombaknya pun bisa mencapai 3m loh readers . Wedi Awu ideal untuk surfer profesional nih karena dasarnya adalah bebatuan karang .namun tidak disarankan untuk pemula ya . Sebuah pantai bersih terlindung oleh rimbun kehijauan yang mengelilinginya. Komposisi warna alam begitu apik, sementara semilir angin dan sepinya suasana turut menghadirkan ketenangan. Pantai ini terletak di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Jangan lupa mampir ya .

90. Pantai Wedi Putih

Bertempatkan di  Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang menjadikan pantai ini masih tetap asri di rawat oleh masyarakat sekitar . Wedi dalam Bahasa Jawa artinya pasir, Putih adalah warna putih. Jadi, arti nama pantai ini adalah pantai pasir putih. Objek wisata ini bisa memikat siapapun yang mengunjunginya nah disini readers bisa snorkling loh , camping , melihat bukit karang dan masih banyak lagi nih aktifitas yang bisa readers lakukan disini , untuk tiket sama seperti pantai lain yakni Rp 5000 untuk memasuki panti dan Rp 5000 untuk biaya parkir .

91. Pantai Lenggoksono

Masih tentang hobi berselancar nih , pantai yang menyuguhkan ombak sempurna Salah satunya adalah Pantai Lenggoksono. Pantai yang berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo ini memiliki ombak yang menarik perhatian peselancar lokal hingga luar negeri. Jika tidak ingin berselancar readers juga bisa snorkling loh disini , menaiki pershu wisata dan bermain di air terjun yang langsung jatuh ke laut , wihhh jadi nggak kebayang gimana cantiknya pantai ini .

92. Pantai Banyu Anjlok

Jika ada coban banyu anjlok , berbeda lagi dengan pantai banyu anjlok nih readers . Berada disini memang sangat menyenangkan bahkan sampai  lupa waktu. Nah Disini, memang sudah banyak penginapan sih . tapi, menikmati nikmatnya keindahan seutuhkan pantai banyu anjlok ini . dan Salah satunya dengan camping di camp area.Bintang-bintang malam memang menjadi pesona luar biasa. Apalagi, deburan ombak seakan menjadi melodi yang sangat merdu.tertarik mencoba ? readers bisa datang langsung ke Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten malang, Jawa Timur.

93. Pantai Bolu Bolu

Pantai Bolu Bolu tidak kalah dari Pantai-Pantai tersohor lainnya di Malang. selain menawarkan keindahan Pantai, di sini juga bisa loh menyelam untuk menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai biota yang ada di bawah laut. Lalu ada pula air terjun Dampit yang membuat suasana menjadi lebih segar. Masih dengan daerah yang sama ,pantai ini berlokasi di Dusun Lenggoksono, di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. 

94. Pantai Klatakan

Jika tadi pantai untuk pecinta selancar nah sekarang pantai untuk pecinta terumbu karang , seperti yang di ketahui bahwasanya pantai klatakan menjadi salah satu pantai pengembang terumbu karang yang memiliki luas sekitar 2 hektar di dasar laut . nah disediakan juga wahana flying fox nih untk readers yang nggak hobi menyelam . pantai ini berlokasikan di  Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang . dont miss it .

95. Pantai Pancer

Pantai Pancer, ya walaupun berada tersembunyi di bagian Samudra Indonesia yang selalu bergemuruh dengan ombaknya, pantai ini sangat cocok bagi readers yang menginginkan keheningan hati . Suasana pantainya tenang, damai, jauh dari keramaian. Letaknya Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang menjadikan Pagi di Pantai Pancer sangat menarik karena suara air laut yang menabrak karang dan gundukan pemecah ombak dan warna langit yang elok.Tak hanya pagi, Pancer juga menawarkan pemandangan Sunset yang indah. Dengan aktivitas nelayan dan eksotisme muara di ujungnya. Pantai Pancer memiliki spot memancing favorit .

96. Pantai Kaliapus

Seindah apa sih pantai ini ? Pantai kaliapus menawarkan pemandangan yang eksotis dan belum banyak dicampur tangan oleh manusia. Pantainya masih sangat bersih degan hamparan kebiruan laut dan warna kecoklatan pasir yang mengelilingnya menambah nilai keindahan pantai ini. Ditambah dengan banyaknya perbukitan yang berada di sekeliling pantai ini juga sangat mendukung keelokan pantai ini. Selain bisa bersantai-santai menikmati sunset, juga bisa loh bercamping di pantai ini maupun di Pantai Sendiki. Pantai ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

97. Pantai Bangsong

Pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini, readers akan disuguhi dengan hamparan padang ilalang yang luas. Gradasi warna putih dari bunga, dan warna hijau dari daunnya sangat cantik untuk dipandang. pantainya yang baru diresmikan ini membuat belum banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini. Walaupun demikian, soal keindahan pantai ini, tak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya yang berada di Kabupaten Malang lainnya . silahkan datang ke Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang jika ingin bermain ke sini ya .

98. Pantai Sendang Biru

Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis. Pantai yang terletak di Selatan kota Malang ini menghadap samudera Indonesia yang sudah pasti dengan ombak yang besar. Namun siapa yang duga kalau Pantai yang satu ini ternyata tidak memiliki ombak yang besar, malahan relatif sangat tenang. Ini dikarenakan oleh adanya pulau Sempu yang menghalangi dan memecah ombak besar yang datang ke arah Pantai.Pulau Sempu juga merupakan bagian dari keindahan wisata Pantai Sendang Biru. Memiliki air laut yang jernih dan tenang, di tambah lagi dengan adanya pulau Sempu membuat Pantai Sendang Biru menjadi salah satu destinasi wisata favorit dalam dan luar negeri.

99. Pantai Tiga Warna

Nah dari namanya saja sudah jelas sangat menarikkan readers , pantai ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Sendang Biru, Kabupaten Malang.mengapa disebut 3 warna ? karena jelas pantai ini memiliki 3 warna yang berbeda berdasarkan kedalaman pantai tersebut . disini readers di perbolehkan untuk berenang , tracking , berkemah dan berburu ubur – ubur loh , wah menyenangkan bukan .

100. Pantai Watu Pecah

Area menuju pantai ini sangatlah sulit , jadi tidak heran jika pantai ini masih alami nan bersih tanpa ada sampah yang mengotori . Kemolekan panorama pantai ini terutama didominasi oleh bebatuan karang yang menjulang di sekitar pantai. Sangat eksotis, sehingga sangat ideal bagi traveler yang doyan fotografi. Pantai ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

101. Pantai Savana

Seperti terdengar familiar ya namanya . Hamparan pasir putih nan lembut, gradasi warna lautnya semakin jauh semakin membiru. Sementara bebatuan karang terlihat jelas di permukaan airnya yang jernih. Namun bukan berarti readers bisa berenang di pantai ini ya , karena ombak di pantai savana ini terbilang besar dan kuat . nah untuk Biaya masuk pantai sebesar Rp 6.000 dan parkir Rp 3.000, menyewa pemandu wisata sangat di anjurkan nih . sementara sewa pemandu wisata sekitar Rp 75.000 untuk kuota 10 orang.pantai ini berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

102. Pantai Gatra

Meskipun namanya belum terlalu populer namun masyarakat setempat telah menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata . pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang ini memiliki ombak yang tidak besar karena ada gugusan karang yang memecah ombak ini .Dengan ombak yang tidak besar, banyak hal yang seru dan menarik yang bisa dilakukan di pantai ini. Pantai ini juga masih sangat alami. Pasir putih, air laut biru terang yang tenang, dan pepohonan hijau yang membuat sejuk adalah kombinasi yang sangat menggiurkan. Disini readers bisa melihat pulau-pulau yang nampak indah dari kejauhan , menikmati terumbu karang , hutan mangrove dan masih banyak yang lainnya nih readers . 

103. Pantai Teluk Asmoro

Masih setia di Malang nih readers , teluk asmoro ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang ini Memiliki pasir putih dengan perpaduan laut biru beserta pulau-pulau kecil dan pepohonan hijau membuat Teluk Asmoro layak untuk dikunjungi oleh wisatawan.  Bahkan gugusan pulau kecil ini sering disamakan dengan pulau Raja Ampat nih readers , disini readers bisa melihat gugusan pulau , snorkling , dan berkemah nih .

104. Pantai Tomen

Nuansa tenang lebih mendominasi sebab lokasinya yang tersembunyi. Lautnya yang membiru berhias hijau bukit-bukit karang sehingga ombak yang menepi pun sangat indah ya readers . Bersantai di hamparan pasir putih, berteduh dibawah rindangnya pepohonan. Datang dan realisasikan kedamaian itu, bersama yang terkasih atau sahabat. Dengan tetap penuh etika, bolehlah menganggap pantai ini milik sendiri. Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang menjadi tempat persembunyian pantai elok ini readers .

105. Pantai Ungapan

Sudah tentu sunset adalah salah satu fenomena alam yang paling dicari para pencinta Pantai. Pantai Ungapan menyajikan sebuah sunset indah. Karena di Pantai ini banyak yang berkemah, menikmati sunset terasa istimewa.  Belum lagi ada banyak perahu yang berlabuh di Pantai ini. Jadi jika beruntung, readers bisa menikmati sunset dengan langit senja yang indah dengan siluet tenda-tenda perkemahan dan perahu.ditemani oleh hamparan pasir putih dan ombak yang cantik uhhhh menggugah selera .

106. Pantai Bajul Mati

Namanya rada seram ya readers , tapi tenang kok pantai bajul mati ini tidak seseram itu ya . memiliki pasir yang putih, bersih dari sampah, dan dikelilingi oleh karang. Keasrian pantai ini terjaga karena memang sangat sepi pengunjung. Pantai ini berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Disinipun banyak spot selfie yang cantik loh readers salah satunya jembatan bajul mati ,muara sungai dll nih readers .

107. Pantai Jolangkung

Nama pantai ini memang unik dan mendengarnya pun penasaran. Nama Pantai Jelangkung kesannya memang cukup seram , mirip nama makhluk halus ya . Padahal sebenarnya nama asli pantai ini adalah Jolangkung yang artinya ojo liwat kalau diartikan ke bahasa indonesia (jangan melintasi). Sebab, dahulu di pantai ini ombaknya terkenal sangat besar hingga meluber ke jalan raya. Siapapun yang lewat di jalan raya saat ada ombak besar, kemungkinan tergulung ombak. Sehingga ketika ada ombak besar, tidak diperbolehkan lewat, harus menunggu sebentar agar ombak reda. Karena itu disebut dengan Jolangkung (jangan melewatinya) yang kemudian masyarakat sekitar menyebut dengan Jelangkung. Pantai itu memang masih berbahaya jika ada ombak besar.pantai ini terletak di  Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

108. Pantai Parang Dowo

Pantai parang dowo yang katanya sih mempunyai potensi melebihi eksotisme dan kecantikan beberapa deret pantai yang ada di Bali loh readers , wah beneran nih ? fasilitas penunjang masih sangat jarang di temukan mengingat kemunculannya yang terbilang masih baru. Belum banyak para petualang atau setidaknya masyarakat sekitar di sana yang menyadari keindahan alam yang ada di Pantai Parang Dowo. Padahal sebenarnya pantai ini mampu menghipnotis readers sampai tak ingin pulang loh , nggak percaya silahkan saja datang ke Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

109. Pantai Telok

Haha jangan sampai salah sebut ya ini telok bukan telor . Pantai yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang itu masih sepi pengunjung nih readers karena berada di balik area ladang penduduk desa.  Pantai yang memiliki nama lain Pantai Ngelengguk itu memiliki pasir putih dan airnya cukup bening dan jernih . Malah terkadang warna pasir bisa tampak berubah-ubah yaitu pink. Di pantai ini readers bisa bermain air dan menikmati ombak. Tapi tetap harus hati-hati karena terkadang ombaknya bisa menjadi ganas khas Pantai Selatan. Disarankan hanya bermain di bibir pantai saja .

110. Pantai Kajaran

Meskipun tidak seterkenal pantai lain di Jawa, namun jangan pernah menganggap enteng pantai ini ya readers. Sebab Panorama yang mengesankan akan membuat readers tercengang . Alamnya masih bersih dan pure karena memang belum begitu ramai dikunjungi. Bentuk pantai ini seperti teluk dan unik karena posisinya di belakang ladang milik warga. Di sisi kanan kirinya terdapat tebing yang tinggi dan menghijau. Lokasi pantai inipun berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.buruan datang ke sini ya .